Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

13 Juli 2018

Pencapaian ini Membuat Semangat Ngeblog Nggak Habis.

Saya ngeblog sudah 9 tahun lebih. Dengan waktu selama itu, blogger lain mungkin sudah sering menang lomba blog, mendapat penghasilan jutaan rupiah secara rutin dari adsense, bahkan bisa pergi kemana-mana berkat ngeblog. Atau ada yang sudah menerbitkan buku. Namun saya belum merasakan semua itu. Maka saya membuat postingan ini bukan buat pamer, tapi lebih bermaksud untuk memotivasi diri saya sendiri agar tetap konsisten  ngeblog. Saya ingin menanamkan konsep ke diri saya bahwa ngeblog selama ini tidak sia-sia. Setidaknya ada hasil yang diraih walaupun tidak "wah". Dengan demikian, semoga semangat ngeblog saya tidak padam,



Pada dasarnya saya adalah blogger yang bukan karena memang sadar punya bakat menulis. Kalau blogger lain kan banyak yang memang udah sadar seneng nulis dari SD.  Saya justru kebalikannya. Saya kenal blog dahulu barulah lama-lama jadi timbul kesenangan  menulis. Jadi kalau bisa digambarkan alur prosesnya, jadi seperti ini:

Orang biasa ⇒ kenal blog  ⇒ jadi suka nulis 

Jadi walaupun udah bertahun-tahun ngeblog, saya masih merasa pada tahap belajar menulis. Maka hasil yang diraih ya nggak se-wah blogger lain. Masalahnya adalah.... saya sering melihat "ke atas". Melihat  blogger-blogger lain yang pencapaian/prestasi jauh lebih banyak atau prestisus dari pada saya. Maka selain untuk motivasi, postingan ini juga agar saya bersyukur telah meraih beberapa pencapaian. Beberapa pencapaian mungkin tak terkait langsung dengan ngeblog. Tapi saya percaya bahwa ngeblog memberi kontribusi secara tidak langsung pada pencapaian itu.

1. Menjalin Relasi dengan Orang lain
Ini merupakan pencapaian saat awal-awal ngeblog. Memang kedengarannya biasa sekali. Namun bagi saya ada rasa spesial ketika ada pengunjung blog, yang entah siapa dan dari mana, menambahkan saya sebagai teman facebooknya, atau menghubungi saya lewat email. 

Salah satu pengunjung blog yang akhirnya temenan dengan saya di facebook 


2. Lomba Blog/Giveaway
Saya termasuk jarang sekali menang lomba blog (karena memang jarang ikut lomba blog 😆) Sebenarnya dahulu cukup sering ikut tapi nggak pernah menang sekalipun. Saya takut jadi desperate dan akhirnya males ngeblog. Maka saya memutuskan mulai menarik diri dari hingar bingar kontes/lomba blog. Namun bukan berarti jadi nggak pernah ikut lomba. Kalau moodnya lagi bagus dan topiknya menarik, saya sesekali coba lagi dan akhirnya ada yang berhasil menang walaupun cuma sekedar giveaway.

-  Juara II Diaryclare Atmajaya

- Salah satu pemenang giveaway 20 Bookish Facts About Me

- Salah satu pemenang giveaway Kisah Foto Instagramku


3. Tulisan dimuat di Media
Dibanding lomba blog, saya lebih sering mengirim tulisan ke media cetak/online. Cerita tentang pengalaman menulis ke media bisa lihat dipostingan berikut:
- Semangat Mengirim Artikel ke Media Massa
- Tulisanku dimuat untuk Pertama kalinya di Media Cetak 
- Tulisanku yang pernah dimuat di media 

Ada satu tulisan saya yang dimuat di selasar.com. Selasar sebenarnya hanya blog bersama seperti kompasiana tapi beda sedikit . Proses tulisan saya diposting di selasar.com cukup spesial jadi saya anggap sebagai satu pencapaian. Saya tidak mendaftar dan memposting sendiri tulisan saya.
Berawal dari pesan facebook dari orang yang tidak dikenal. Dia mengaku dari selasar.com dan tertarik untuk me-repost salah satu tulisan saya. Dia akan membuatkan saya akun selasar.com dan mempostingkan tulisan saya itu. Mengetahui itu, saya merasa senang karena tulisan saya ternyata menarik perhatian dan dianggap inspiratif hihi.
pesan dari orang selasar.com :)

4. Menjadi sumber referensi
Menurut saya, inilah pencapaian paling hakiki dari seorang blogger. Ketika orang lain menjadikan tulisan yang diposting sebagai sumber referensi, ada rasa senang dan bangga karena tulisan itu bermanfaat bahkan berpengaruh bagi mereka.

Saya menemukan ada 4 makalah dan dua skripsi yang menjadikan postingan saya sebagai salah satu sumber referensinya. Wuahhhh ternyata tulisan saya sudah masuk ranah yang lebih tinggi yakni karya ilmiah.

Ada nama saya di deretan daftar pustakanya hihihi


Tentu bangga ketika nama kita masuk daftar pustaka kan ? hehe. Saya kira blog saya cuma jadi sasaran copas blog lain #curcolmodeon haha. Postingan saya yang dipakai bukan dari blog ini saja, tapi ada juga dari postingan saya di kompasiana.


aduhh ini nama saya salah sedikit. Harusnya Prasetyawan. Tidak pakai "z"

Kemudian ada yang lebih "berat lagi".

Sewaktu saya datang di kegiatan orientasi mahasiswa baru jurusan tempat saya kuliah, saya mengobrol dengan dosen. Beliau menceritakan bahwa ada mahasiswa yang memilih jurusan ini karena membaca postingan blog saya ! wuihhhhh sebegitu berpengaruhnya kah ? Ternyata tulisan saya tidak hanya numpang lewat dihadapan pengunjung blog. Ada juga yang menjadikannya sebagai referensi dalam pilihan hidupnya, dalam hal ini memilih jurusan kuliah.

5. Memiliki Karya Ebook
Memang saya belum membuat buku. Namun saya sudah membuat 1 ebook. Isinya mengenai penggunaan blog sebagai media pembelajaran. Ebook ini merupakan pengembangan dari skripsi S1 saya. Sebenernya ada keinginan naskah ebook ini diajukan ke penerbit. Tapi saya tidak pede. Rasanya naskah tersebut kurang layak diterbitkan. Jadi hanya saya share saja dalam bentuk ebook.
Cerita lengkap tentang pembuatan ebook ini bisa lihat dipostinganModul Penggunaan Blog Sebagai Media Pembelajaran

6. Mendapat Uang
Ini adalah hal yang paling menggoda dari ngeblog. Dari dulu sampai sekarang pesona rupiah mampu menjadi sesuatu yang menjanjikan bagi para blogger. Bagaimana dengan saya ? Saya akui sesekali mendapat penghasilan dari blog. Perhatikan ya..... hanya sesekali. Bukan sering ! haha. Istilahnya ya baru sekedar mengais receh saja. Belum bisa menjadikan blog ini sebagai sumber penghasilan rutin dengan jumlah yang cukup besar. Ini beberapa sumber receh yang bisa saya kumpulkan:

- Reward dari Kompasiana
Kompasiana memiliki program reward setiap bulan. Namun kini program tersebut sudah berakhir dan dilebur dengan program lain. Beruntung saya pernah mendapat reward ini. Baca ceritanya dipostingan: Mendapat Uang dari Kompasiana

- Mendapat penawaran kerja sama review produk/content placement 
Ini tentu sering dan biasa didapat oleh blogger. Namun bagi saya mendapat penawaran kerja sama tersebut bukan sekedar mendapat uang tapi saya rasa sebagai kebanggaan tersendiri. Karena artinya blog ini memiliki kualitas yang layak untuk dijadikan partner. Saya tidak punya relasi atau chanel dengan siapapun. Penawaran itu tiba-tiba datang saja di email saya. Kalo udah begitu, senengnya bukan main hehe. Sampai saat ini saya baru ada 10 postingan sponsorship.

- Adsense
Ini juga sudah biasa bagi para blogger. Namun saya baru memulai awal tahun ini. Memang saya baru bisa dapat seribu-dua ribu sehari, tapi itu sudah bisa menjadi penyemangat ngeblog.

Baca juga: Baru Pasang Google Adsense Setelah Ngeblog 8,5 Tahun

7. Menjadi Narasumber
Berkat pengalaman ngeblog bertahun-tahun, beberapa blogger biasanya mulai dilirik untuk diundang menjadi pembicara di seminar atau pelatihan blog/menulis. Puji Tuhan saya akhirnya juga mendapat kesempatan itu meskipun baru dua kali.

Pertama saya diundang jurusan tempat saya kuliah, PGSD Atma Jaya, untuk mengisi sesi sharing alumni pada acara orientasi mahasiswa baru. Saya mengisi sharing dengan tema guru yang memiliki sambilan informal (sebagai blogger). Sebenernya saya tidak merasa ngeblog sebagai pekerjaan sambilan. Tapi ya sudahlah apapun temanya, yang jelas saya diundang karena background saya yang sebagai blogger hehehe.

Bersama Bu Clara, dosen matematika yang tetap awet muda hihi

Kedua, saya ditawarkan untuk menjadi pengajar tamu di ekskul Jurnalistik SMA Swasta di Jakarta. Guru pembimbing ekskul tersebut mengaku tertarik setelah berkunjung ke blog saya dan membaca postingan modul blog buatan saya. Wahhh nggak nyangka banget. Beliau sebegitu percaya pada saya untuk menyampaikan materi tentang blog dihadapan murid ekskulnya. Saya hadir dalam tiga pertemuan. Namun karena baru pertama kali berhadapan dengan murid SMA, saya merasa gaya saya menyampaikan materi sepertinya sedikit kurang "masuk" untuk mereka. Selain itu saya datang ke ekskul tersebut setelah pulang kerja sehingga saya merasa kurang maksimal dalam menyiapkan materinya dan itu terasa saat menyampaikan materi. Walau begitu, tetap disyukuri sebagai salah satu pengalaman hidup 😊

8 Dimuat di Buku




Ketika impian membuat buku belum tercapai, tapi justru malah profil mengenai saya yang masuk dalam buku orang lain. Duh... aku mah apa atuh. Just ordinary man. Kok bisa-bisanya masuk di buku orang lain ? Hal ini dimulai dari pertemanan facebook dengan seseorang yang (saya yakin) dia adalah pengunjung blog saya.
Baca cerita lengkapnya di postingan: Dua Halaman yang Tak Biasa

24 komentar:

  1. pencapaiannya sudah banyak sekali, saya jadi iri haha,,, semoga suatu saat nanti saya bisa mencapai hal yg sama pula.

    sejauh ini ngeblog untuk sharing tetang finansial yg saya jalani, bisa mmberikan motivasi dan inspirasi kepada mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah ya gitu-gitu aja kok hehe. Iya aminn.. yang penting ngeblognya jalan teruss. Nanti pencapaian akan menyertai hehe.

      Nah itu modal semangant ngeblog yang bagus

      Hapus
  2. Aku juga baru tahun ini pasang adsense, padahal udh 6 tahun ngeblog. Pencapain mas udah keren kok itu. Semangat trus buat kita. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada temennya hehe. Iya trimakasih... Tapi kadang-kadang suka tergoda melihat "ke atas" hehe.

      Hapus
  3. Usia blog saya jalan 8 tahun ini, tapi baru bener-bener aktif lagi mungkin sekitar 2 tahun terakhir. Ya, karena saya kurang lebih mirip sama sampeyan mas. Orang yang tidak punya basic di dunia kepenulisan, kemudian kenal blog, bingung blognya mau di isi apa, VACUUM, baru tertarik untuk mengaktifkan blog lagi akhir 2016 lalu.

    Selain materi, blog tentunya bisa mendatangkan keuntungan lain yang jauh lebih besar nilainya. Ya sebut saja relasi pertemanan antar blogger \ pembaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada juga yang sama ky saya hehe. Nah itu dia punya pertemanan dengan para blogger, sesuatu banget ya hehe

      Hapus
  4. Saya juga sudah ngeblog sejak SMA dan itu berarti sudah 10tahunan juga. Dan sama. Saya juga ga pernah menang momba krena ga pernah ikutan hahaha..dan baru bbrapa kali dpat tawaran job review/sponsored post begitu. Tpi memang suka ngeblog dilandasi suka menulis jdi smpe akrng masih rajin mgeblog dgn rubrik yg makin berkembang. Hehehe...semoga selaku semangat ngeblog ya.
    Salam kenal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah ini sama persis kaya saya hahaha. Mantab ngeblog karena memang suka nulis. Kalo kaya gitu 10 tahun ga kerasa ya terlewati hehe

      Hapus
  5. wah keren mas udah malang melintang gitu
    saya masih angin2an kadang apalagi klo ada banyak tugas
    cuma memang ngeblog itu mengasyikkan karena gatau ya ngeganjel ada klo ada di kepala tapi gak ditulis hehe

    tetep semangat ngeblog mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga suka angin2an hehe. Nah bener itu, kadang ngerasain ada keresahan yang ngeganjel yang ingin segera ditumpahkan ke postingan blog

      Hapus
  6. Jadi keinget dulu pas masih pake platform blogspot rame blog. sekarang tergiur make wordpress dan bikin blog baru lagi yang bener2 khas isinya alias nggak bakalan bisa di copy paste (kalau ada yang copy paste jelas ketahuan ini cerita pribadi). Jadi pengen lebih meningkatkan lagi. Sama sih dulu juga jarang menang give away dapet job bahkan sampe dibayar pun cuma sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada aja postingan saya yang berupa cerita pribadi, eh muncul di blog lain juga. Keliatan dah copas tuh -_-
      dulu jarang menang, Sekarang sering ya mba ? hehe

      Hapus
  7. Ketika tulisan kita bisa menjadi inspirasi atau memberikan manfaat bagi orang lain itu memang keren banget ya, mas. Lebih keren ketimbang dapat job review. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya... kalo orang lain sampe merasa terbantu berkat blog kita. Rasanya lebih bernilai hehe

      Hapus
  8. Mas Brian tetap semangat, terima kasih juga sudah berbagi ilmunya di SMA Kanaan Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh dikomen sama guru pembina ekskulnya haha. Iya trimakasih juga pak Martin sudah memberi kesempatan saya untuk sharing blog di Kanaan :)

      Hapus
  9. Mantap 9 tahun ngeblog tetap konsisten. Aku mau tiru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Puji Tuhan 9 tahun dan masih lanjut terus.

      Hapus
  10. Poin ketujuh butir kedua "saya ditawarkan untuk menjadi pengajar tamu di ekskul Jurnalistik SMA Swasta di Jakarta. Guru pembimbing ekskul tersebut mengaku tertarik setelah berkunjung ke blog saya dan membaca postingan modul blog buatan saya. Wahhh nggak nyangka banget". Modulnya saya dapat dari web guraru dan memang isinya kece kok mas, Salut. Saat ini saya sudah tidak di SMA Kanaan lagi. Jika di sekolah baru nanti saya dipercaya mengampu eskul Jurnalistik. Semoga kita bisa berbagi lagi mas. Kagum...

    BalasHapus
  11. Point nomor 4 : menjadi sumber referensi.
    Itu betul banget,mas.
    Aku juga ngerasain hal yang sama, rasanya sangat senang info artikel yang kutulis direspon banyak teman dan jadi panduan mereka saat akan berlibur.

    Dari point-point diatas dari pengalaman pencapaian mas Brian, aku baru ngerasain senangnya point nomor 4
    Selebihnya belum, karena aku belum pernah ikut lomba juga tergolong masih newby, belum pernah nyicipin bonusnya adsense 😁

    BalasHapus
  12. wah keren blogger yang satu ini, semangat terus mas dalam berkarya, semoga ke depannya semakin sukses

    BalasHapus
  13. Salam kenal mas Brian. Prestasinya sudah banyak banget, apalagi sampe ada mahasiswa yang termotivasi kuliah setelah baca blog keren ini. Udah gitu, meski belum nerbitin buku, tapi namanya malah sudah melanglang buana di buku orang lain..

    BalasHapus
  14. diemail sama blogger terkenal juga..
    diundang ke event launching ini itu bareng selebriti juga

    huahahhahaha

    #pernah

    BalasHapus
  15. Wuihh postingan ini menginspirasi sekali gan dengan prestasi2 yg udah dicapai 😁 tulisan di atas juga menambah motivasi saya untuk jadi seorang influenzer bloger yg bisa memberikan tulisan bermanfaat, informatif, dan menghibur 😁

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts