17 November 2015

Modul Penggunaan Blog (Blogspot) Sebagai Media Pembelajaran


Pada era saat ini, perkembangan teknologi telah berkembang pesat. Beredarnya aneka ragam teknologi ini harus bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna, salah satunya untuk bidang pendidikan.

Maka, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengharapkan guru-guru di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Dengan penggunaan teknologi diharapkan pembelajaran dapat berlangsung menarik dan siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran.

Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah blog. Blog untuk media pembelajaran ? bagaimana caranya ? silakan download saja modulnya untuk lebih jelasnya.

Dalam modul ini tidak hanya dijelaskan tutorial penggunaan blog tapi dijelaskan juga bagaimana hubungannya dengan dunia pendidikan sekolah.
Selain untuk media pembelajaran, guru juga dapat sharing segala hal tentang pendidikan. Itu akan menjadi nilai inspiratif tersendiri bagi orang yang membacanya  Saya sendiri memang memiliki ketertarikan pada pemanfaatan blog bagi guru. Apalagi saat ini sudah mulai banyak guru di Indonesia yang memiliki blog. Namun saya masih jarang menemukan blog milik guru SD.

Maka, pada kesempatan ini saya ingin berbagi modul penggunaan blog sebagai media pembelajaran yang sudah lama saya buat. Pembuatan modul ini tak lepas dari skripsi S1 saya yang memang tentang pengembangan blog sebagai media pembelajaran. Saya berharap semakin banyak guru, khususnya guru SD yang memiliki blog.

 Semoga bermanfaat bagi anda khususnya guru-guru yang ingin membuat dan mengelola blog.


Klik:

2 comments:

  1. Wah bagus modulnya tetapi setelah saya cek ternyata ada kutipan yang bulat-bulat ditulis dari buku saya yang di terbitkan leutikaprio berjudul mengelola blog sebagai media pembelajaran online di akhir tahun 2012 yang lalu pada bagian judul manfaat blog bagi guru, atau dapat dilihat link aslinya di blog saya 10 manfaat blog bagi guru Indonesia lengkap dengan titik koma dan huruf nya..semoga di kutipan modul tersebut ditulis daftar referensinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh... iya maaf dan terimakasih pak atas koreksinya. Akan segera dibuat revisinya

      Hapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger