Banner Promo

Menu Pilihan

Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum

Kurikulum itu bersifat dinamis, artinya kurikulum dapat dan perlu diubah sesuai dengan kondisi perkembangan saat kurikulum itu diberlakukan.

Pengembangan kurikulum dapat terjadi kapan saja sesuai dengan kebutuhan perkembangan iptek dan kebutuhan masyarakat. Melalui fase inisiasi (sosialisasi), legitimasi (peraturan), dan kongruensi (penyesuaian).  
Peran Pengembangan Kurikulum 1. Peran Konservatif: mempertahankan kebudayaan yang bernilai baik, supaya diwariskan ke generasi berikutnya. 2. Peran kritis dan evaluatif: menilai dengan kritis dan mengevaluasi keberadaan nilai-nilai kebudayaan saat ini agar dapat diterapkan dan dilestarikan sesuai dengan perkembangan jaman. 3. Peran kreatif: menciptakan kreasi baru berkaitan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat.  

Kelambanan perubahan kurikulum terjadi karena: - belum cukup mempunyai dasar ilmiah - tidak punya petugas khusus yang selalu siap - tak ada insentif bagi guru yang mengadakan perubahan - kebanyakan guru mempertahankan cara lama - kurikulum yang seragam/uniform.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel