24 Januari 2013

Semangat mengirim artikel ke media massa

3 tahun gw nulis di blog tapi belum pernah sekali pun mencoba mengirim tulisan ke media massa.
Gw ada keinginan untuk kirim tulisan tapi belum ada keberanian untuk melakukannya. Gw terlalu lebih banyak mikir apakah gw bisa nulis untuk media masa yang terkenal ketat seleksinya dan banyak saingannya
Hal itu yang selalu menghambat gw dan akhirnya gw tetep nulis di blog aja.

Namun hari ini berbeda. Gw semangat banget buat kirim tulisan ke media massa. Beberapa hari belakangan ini gw memang sudah mulai mikir untuk kirim tulisan. Berbekal inspirasi dari temen gw yang pernah kirim artikel ke majalah dan berhasil dimuat 5 kali. Akhirnya gw wujudkan tulisan gw dan gw kirim ke media massa. Gw ngirim ke tabloid "Bola".

Sebelumnya gw acak-acak segala koran dan tabloid yang ada di rumah gw. Gw baca koran Kompas, namun  rubrik-rubrik yang tersedia untuk pembaca seperti Opini, Cerpen, Puisi, terlalu berat buat gw.  Trus Gw melihat tabloid bola yang memiliki berbagai rubrik yang bisa diisi oleh pembaca. Ada rubrik Olepedia, Suara tifosi, Oposan, Ola-ole, dan forum pembaca. Nah menurut gw, mumgkin salah satu dari rubrik itu cocok buat gw sebagai awal untuk mencoba mengirim tulisan. Yaudah gw  langsung targetin, gw mau nulis ke tabloid olahraga itu.

Gw baca-baca dulu rubrik tersebut untuk mempelajari juga bagaimana tulisan yang bagus untuk dikirim. Gw juga searching di internet tentang pengalaman orang-orang yang pernah mengirim artikel ke media massa. Setelah gw baca  kisah mereka, gw jadi lebih terinspirasi dan makin semangat.

Selanjutnya gw mikir ide artikelnya. Gw punya beberapa ide dan gw catet dulu. Akhirnya gw pilih salah satunya. Gw bikin artikel mengenai profil Emanuel De Poras, pemain asing yang pernah bermain di Indonesia. Gw kirim artikel itu ke rubrik Olepedia. Gw kirim melalui email ditujukan ke redaksi bola

Inilah pengalama pertama gw menulis ke media massa. Sekarang tinggal tunggu aja, apakah tulisan gw itu bakal dimuat atw ga. Gw mencoba untuk nggak terlalu terobsesi supaya tulisan gw dimuat. Sudah berusaha mencoba mengirim tulisan saja sudah bagus hehe

2 comments:

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger