Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

07 Juni 2018

Baru Pasang Google Adsense Setelah Ngeblog 8,5 Tahun !


Bagaimana reaksi kalian setelah baca judul postingan ini ? Heran ? ingin "mencaci maki" ? Tunggu...... Sabar duluuuu 😅.

Iya saya sendiri juga bingung. Kenapa saya baru sadar pasang adsense. Kalau blogger yang ngeblog sudah selama itu mungkin sudah jadi full time blogger dan rutin mendapat penghasilan bulanan dari adsense. Sedangkan saya baru memulai mengais receh dari adsense.


sumber: oketekno.com

Setelah dipikir-pikir mungkin ini penyebabnya:

Pertama mungkin karena motivasi ngeblog. Ya saya ngeblog memang karena suka saja. Suka karya tulisan saya dibaca/diapresiasi orang-orang atau bahkan bisa membantu orang lain. Jadi ngeblog memang untuk menyalurkan kepuasan saja. Puas kalau sudah posting 1 tulisan, senang kalau ada yang mengomentari. Sampai situ saja buat saya sudah cukup, tidak perlu sampai harus mendapat penghasilan.

Namun apakah saya benar-benar buta dengan adsense ? Eits.... jangan salah. Dulu saya pernah memasang iklan dari berbagai situs penyedia iklan PPC seperti adsensecamp dan kumpulblogger. Dulu dua situs itu yang memang lagi hits. Google adsense pun saya tahu namun hanya sekilas saja. Saya belum pasang google adsense karena saya kira akan ribet syaratnya, seperti harus pakai paypall. Setelah memasang iklan PPC saya sempat semangat memonetize. Namun setelah beberapa lama, saya jenuh karena nggak sampai-sampai ke batas minimal payout. Hasil klik bergerak lambat. Akhirnya saya copot semua iklan PPC itu.

sumber: binelteam.blogspot.com 

Kalau saja motivasi ngeblog saya untuk dapat penghasilan, mungkin waktu itu saya berhenti ngeblog. Namun saya kembali ke motivasi awal ngeblog, untuk menyalurkan kepuasan. Maka sampai sekarang pun saya masih tetap ngeblog.

Kemudian pada 2016 saya tergoda untuk kembali mencoba pasang iklan. Kali ini barulah saya daftar google adsense. Saya lupa motivasi dari mana mau coba pasang adsense. Pastinya sih, waktu itu saya tergiur dengan tampilan iklannya yang dinamis. Seakan-akan sebuah blog terlihat profesional kalau ada iklan google adsense hehehe. Namun setelah pasang script iklannya, tampilan iklan tidak muncul. Saya diamkan beberapa hari juga tidak muncul. Akhirnya saya menyerah dan menghapus kode iklannya.

Nah barulah pada awal 2018 ini, saya benar-benar memonetize blog saya dengan google adsense. Motivasinya karena saya ikut grup facebook BLOGGER INDONESIA. Disana kerap kali membahas adsense, jadi saya terdorong untuk  coba lagi. Berhubung dulu sudah pernah daftar dan blog saya sudah berumur, maka tidak ada kendala untuk diterima google adsense. Bisa diterima adsense merupakan pencapaian tahap pertama yang memberi kesenangan tersendiri hehe. Setelah pasang script iklan pun tidak menunggu lama untuk melihat tampilan iklannya.

Bagaimana hasilnya ?

Adsense saya terhitung dari 8 Januari 2018. Hingga tulisan ini terbit berarti sudah masuk bulan keenam. Saya menargetkan seenggaknya bisa dapet rata-rata Rp 1000 per hari. Iya benar, cuma SERIBU RUPIAH hahaha. Saya memang belum mematok target tinggi. Itu saja belum konsisten untuk bisa mencapai target tersebut. Bahkan pernah dalam sebulan rata-tatanya cuma Rp 500 (GOPEK) per hari. Tapi secara keseluruhan dari awal sampai sekarang, puji Tuhan rata-rata per hari masih di atas Rp 1000 per hari. Seribu Seratus tepatnya hahaha.

dashboard google adsense saya


Sudah dikirimin pin belum ?

Saat penghasilan mencapai $10 biasanya google akan mengirimkan surat pin verifikasi ke rumah kita. Verifikasi diperlukan agar kita bisa mengakses kolom pengisian nomor rekening bank kita. Mendapat surat pin verifikasi bisa dikatakan sebagai pencapaian tahap selanjutnya yang memberikan kesenangan bagi blogger hehe. Saya mendapat notifikasi bahwa pin sudah dikirim pada 20 Mei. Pin sampai di rumah saya tanggal 3 Juni 2018. Berarti kurang lebih menunggu sekitar 2 minggu. Setelah mendapat pin, apa pencapaian selanjutnya ? tentu saja mencapai minimum payout. Batas minimal untuk bisa pay out yaitu Rp 1,3 juta ! hahaha. Wah butuh berapa tahun ya buat bisa cairin gaji pertama hasil adsense. Mudah-mudahan bisa dalam waktu setahun.

😄


27 komentar:

  1. Saya juga ngeblog dr 2011 tp br 3 bulan lalu pasang adsense euy.. hehehe..
    Karena memang niat awalnya buat fokus ngeblog sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada yang sama juga toh hehe. Iya kalo motivasinya emang pengen ngeblog aja, jadi ga kepikir adsense

      Hapus
  2. Wah,,sudah senior bngat yaa,, 8 thn LBH.. semoga adsanse lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh nggak sesenior itu 😅. Iya terimakasih. Sukses juga untuk mas Idris

      Hapus
  3. saya juga awalnya gak punya motivasi untuk pasang GA, karena niat awal buat blog buat sharing doang. tapi ada yg kasih saran buat pasang GA untuk iseng-iseng. mau tidak mau saya asal coba saja dan ternyata diterima juli tahun lalu:)

    awal-awal emang pahit ya, GA cuma dapat 1000an (saya juga gitu dulu, 500an doang malahan -_-). semoga sukses GAnya mas. btw.. saya bulan depan PO pertama kali, mohon doanya agar tidak terjadi kendala, apalagi sampai di blokir haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama. saya pasang GA juga iseng-iseng saja hehe. Iya itu saya juga ga selalu pasti dapet seribu. Gopek doang juga sering.

      Iya trimakasih mas. Weh selamatnya sebentar lagi mau PO. Iya semoga lancar jadi makin semangat ngeblognya. Semoga saya tahun depan juga bisa payout hihi

      Hapus
  4. kayaknya se angkatan kita om main blog heeeee

    salam kenal salam karungan ia , semangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh mantab. Berarti blogger 2009 ? Saya senang masih ada blogger angkatan lama yang masih konsisten :)
      Salam kenal

      Hapus
  5. Wah mending mas seribu.saya malah cun seratus kadang sehari. Ngenes banget. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga pernah dapet seratus perak hihi. Memang harus disabarin hehe. Tetep semangat ngeblognya mbak

      Hapus
  6. Wah udah lama banget ya ngeblognya. Semoga saya juga bisa istiqomah nih ngeblognya. Soalnya masih 1 tahun 4 bulan ngeblognya. Oh ya ngomong-ngomong kok saya ga dapet PIN yang dikirimkan k rumah adsense ya? Padahal saya ktrima adesense

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga tahun kedua, ketiga, dst... lanjut terus ngeblognya. Apakah sudah mencapai $10 dan sudah ada pemberitahuan kalau pin sudah dikirim ? alamatnya sudah benar ?

      Hapus
  7. Selamat bergabung di Adsense :-) semoga cepat kaya dari adsense, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih :) waduh kalo kaya dari adsense masih dibawa mimpi dulu haha

      Hapus
  8. Alhamdulillah udah di approve dan dapat pin ya Mas. Semoga lancar terus adsense nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Puji Tuhan banget. Trimakasih... sukses juga buat mbak Armita

      Hapus
  9. Biasanya klo udah punya kode adsense..trus pada "ternak" blog ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya gitu. Karena pada ketagihan hehe. Kalo saya mah sebelum punya akun adsense, udah ternak blog haha.

      Hapus
  10. kalo 2009 berarti minimal kita pernah saling sapa dalam kotak komentar... :D

    2009 itu jamannya siapa ya? ah, tutorial omagus..

    saya pernah ikut adsense, tapi nggak ada hasilnya, gpp, ngeblog buat seneng2 aja sudah cukup.. hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh... dari angkatan lama juga ya hehe. Iya harusnya pernah saling komen diblog ya. Hmm... ada ga ya hehe.

      Oh iyaa om agus yang punya o-om.com kan. Hampir lupa saya. Dulu Salah satu kiblat tutorial blog juga itu. haha

      Hapus
  11. Saya juga sudah pernah dapet PIN, Yan. Seneng banget waktu itu ngerasa mimpi kalau bisa kaya dari blog. Ini kalau nggak salah pas tahun 2014. Blog saya juga masih blogspot. Sayangnya, pas angka menyentuh di angka $13 malah diblokir karena ada klik tidak valid. Buahaha. Sempet bikin lagi akun lain dua kali di tahun 2015. Gagal semuanya juga. Yowes, lama-lama bodo amat sama adsense. Syukurnya, rezeki ada aja dari paid post. :)

    Semangat, semoga bisa cair di angka minimalnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh udah jauh lebih duluan lu ya yog. Waduhh paling ngeri dah kena blokir. Repot urusannya. Semoga gw nggak kena. Bisa ngedown gw kalo kena blokir hehe.

      Iya paid post bisa jadi alternatif. Tapi gw sekarang lagi jarang-jarang dapet paid post haha

      Hapus
  12. selamat iya, saya juga baru daftar adsense setelah tiga tahun ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga tahun belum telat-telat banget hehe. Semangat !

      Hapus
  13. setelah baca ini, mungkin saya akan pasang adsense untuk pertama kali di blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh belum pasang adsense juga toh. Iya yaudah coba saja dulu pasang adsense hehe

      Hapus
  14. Salam kenal dari saya blogger pemula buat mas Brian yang ternyata blogger senior.
    Mantaap, udah 8 tahun aktif ngeblog ...

    Semoga adsensenya makin bersinar pundi-pundinya ya ☺

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts