Banner Promo

Menu Pilihan

Ingin jadi guru SD ? Masuklah ke Jurusan PGSD

Guys, jika kalian mendengar profesi guru SD, apa yang ada di pikiran kalian ? Profesi gak keren ? kesejahteraan terbatas ?. Ya itu sah-sah aja, tapi pandangan itu berlaku untuk guru jaman dahulu aja. Menjadi guru SD di Jaman Sekarang bukan profesi yang dianggap sebelah mata lagi. Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan guru lewat pemberian tunjangan dan sertifikasi. Status ekonomi dan sosial guru pun terangkat. Sudah semakin banyak guru yang mendapat penghasilan yang di atas standar upah minimum. Maka, Guru SD tidak lagi di pandang remeh.

Tugas Guru Hanya Mengajar ?

Bila dilihat sekilas, tugas guru itu mudah, hanya mengajar. Namun, tugas guru gak sekedar mengajar. Setidaknya ada 3 profesi yang dilakukan guru. pengajar, konselor, administrator. Wow.... jadi jangan dianggap sepele pekerjaan guru. Sebagai konselor diperlukan ketika menangani anak yang bermasalah. Di SD tidak ada Guru BK, jadi guru SD juga merangkap sebagai konselor. Guru juga mesti mengerjakan berbagai administrasi layaknya administrator yaitu menyiapkan RPP, Silabus, dan Program, Mengisi daftar nilai dan Raport, mengisi absensi dan lainnya . Ditambah lagi kalau mau naik jabatan/golongan guru akan melakukan penelitian tindakan kelas. Dengan kompleksnya tugas-tugas guru terebut.maka saat ini guru SD pun minimal harus berpendidikan S1. Maka, jurusan PGSD disediakan untuk mencetak guru-guru S1, salah satunya yang ada di Atma Jaya.

Baca juga: Hey.... Calon Mahasiswa, Mau Tahu Tentang PGSD Atma Jaya ?

PGSD singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ya jadi inilah jurusan bagi mahasiswa yang nantinya ingin bekerja sebagai Guru SD. PGSD memang belum sefamiliar dengan jurusan-jurusan terkenal seperti ekonomi, teknik, kedokteran, dan lainnya. Namun akhir-akhir ini jurusan bidang pendidikan tersebut makin diminati. PGSD di beberapa Universitas bahkan diminati ribuan calon pendaftar. Di SNMPTN 2014 pun PGSD menempati peringkat 4 jurusan favorit pilihan calon mahasiswa (Lihat: http://news.okezone.com/read/2015/02/12/65/1104930/prodi-favorit-pilihan-pendaftar-snmptn).
Biaya kuliah yang sangat terjangkau serta peluang kerja yang sangat terbuka menjadi daya tarik dari jurusan ini. Seperti yang diketahui, Indonesia masih membutuhkan banyak guru, termasuk guru SD.

Apa yang dipelajari di PGSD ?

 Secara garis besar, di PGSD kita bukan kembali mempelajari materi pelajaran SD. Namun kita akan  diajarkan bagaimana cara mengajar yang efektif dan menyenangkan bagi anak SD. Maka dari itu berbagai metode mengajar dan media pembelajaran akan dipelajari sehingga pembelajaran yang dilakukan di SD nanti bisa variatif, menyenangkan, dan tentu tidak membosankan. Selain itu, kita juga belajar seputar psikologi anak. Ya mengingat sebagai guru SD juga merangkap sebagai guru konseling, maka diperlukan pengetahuan untuk menganalisa penyebab dan mencari solusi seputar permasalahan yang dialami anak.

 Dalam perkuliahan juga dibiasakan menggunakan teknologi seperti komputer, Proyektor, Internet, email, dan animasi. Sehingga nantinya tidak menjadi guru yang ketinggalan jaman atau gagap teknologi melainkan menjadi guru yang kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Makanya guru-guru sekarang pun mampu membuat software pendidikan. Keren kan..

Untuk lebih lengkap, ini saya beri contoh kurikulum PGSD Atma Jaya. Silakan klik disini

Prospek Lulusan PGSD

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, peluang kerja menjadi guru masih sangat besar. Hal ini berbanding lurus dengan hasil survey bahwa jurusan bidang pendidikan menempati urutan ketiga sebagai jurusan yang memberi prospek peluang kerja besar di jaman sekarang. (lihat: http://kampus.okezone.com/read/2012/11/19/370/720320/10-jurusan-paling-berguna-saat-cari-kerja)
Tentu, kita nggak perlu susah mencari lowongan malah justru kita yang dicari. Bahkan biasanya mahasiswa PGSD sudah diminta kerja ngajar di SD sebelum lulus. Kemudahan mencari kerja setelah lulus juga saya alami. Setelah lulus saya mengirim lamaran ke 8 sekolah. Saya tidak tahu apakah sekolah-sekolah tersebut membuka lowongan. Tapi ternyata saya mendapat panggilan interview dari 6 sekolah. Wew... sampe bingung kan mau milih yang mana hehe.

Selain itu nantinya seorang guru bisa saja tidak hanya bekerja mengajar di SD. Peluang penghasilan sampingan bisa di dapat dengan membuka tempat les atau menyediakan jasa les private. Apalagi sekarang ada ruangguru.com, situs yang menghubungkan antara guru private dengan muridnya. Bisa juga menulis buku SD. Peluang kerja lainnya adalah bisa menjadi staff atau menduduki jabatan di yayasan pendidikan dan juga di dinas pendidikan/kemendikbud.  Bisa menjadi kepala sekolah atau dosen jika meneruskan pendidikan S2. Sebagai info tambahan, untuk CPNS 2014 kemarin DKI Jakarta menyediakan sekitar 300-an formasi untuk jabatan guru SD. Nah, berarti peluang untuk jadi PNS lebih terbuka lebar jika berpendidikan S1 PGSD.

 Bila suatu saat nanti seapes-apesnya nggak tercapai menjadi guru SD, Ilmu-ilmu yang di dapat di PGSD gak bakal menjadi sia-sia kok karena bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari. Misalnya jika hidup berkeluarga nanti dan memiliki anak, pengetahuan yang di dapat PGSD sangat berguna untuk memahami perkembangan anak, sehingga bisa melakukan pendampingan yang tepat di usia tertentu.

Orang sukses tidak lepas dari peran guru SD. Jadi jangan malu atau gengsi jika memilih profesi yang nantinya akan mencetak banyak orang sukses di negeri ini.




NB: Postingan ini sudah mengalami revisi pada 19 Desember 2022 
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

16 Komentar untuk "Ingin jadi guru SD ? Masuklah ke Jurusan PGSD"

  1. Ketika saya ditanya mau masuk jurusan apa pas kuliah oleh ortu temen, atau bahkan temen sendiri banyak yang 'underestimate' ketika saya jawab mau meneruskan di jurusan PGSD. Bahkan menyarankan saya untuk jangan masuk PGSD. :( Tapi hal tersebut tak mengurungkan niat saya besok untuk masuk jurusan PGSD. InsyaAllah aamiin...

    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bagus ! hehe. Kalau sudah yakin, jangan terpengaruh sama yang lain :)

      Hapus
  2. Saya sudah s1 pendidikan, tapi bukan PGSD
    kalau saya mau PGSD apakah saya harus mulai dari awal kuliahnya ???
    Apakah ada yang hanya 1 atau 2 Tahun ??

    BalasHapus
  3. Saya baru mau lulus tahun ini, dan Ingin ambil jurusan pgsd. Setelah saya searching beberapa unv jurusan pgsd memberikan gelar s.pd. Apakah itu bisa menjadi guru sd atau harus s.pd.sd terima kasih, ditunggu ya balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gelar sarjana S.Pd maupun S.PdSD itu sama saja. nggak jadi masalah. Sama2 bisa ngajar SD. Yang penting kuliahnya jurusan PGSD

      Hapus
  4. Hi brian, saya selly.., saya tertarik utk pendidikan guru, tapi saya bukan lulusan baru,saya angkatan 97..,kuliah akuntansi 1th saja, sekrng rasanya mau mengejar impian lama, info dong, soal umur, apa masih bisa ya.. Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya masih bisa kuliah ? setau saya Universitas Terbuka menerima mahasiswa tanpa batasan umur. Namun, jika mau kampus lain silakan hubungi kampus yang ingin anda tuju.

      Hapus
  5. Umur saya skrng 25 thun sblumnya saya kuliah dijurusan akuntansi skrng ingin pindah haluan ingin menjadi guru dan ingin kuliah dijurusan pgsd ,stelah saya lulus, apa masih bisa keterima jadi guru dngn umur saya yg sgtu, mohon dibantu jawab,terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap yayasan sekolah punya kriteria beda2 terkait batasan umur. Saya menemukan beberapa yayasan yang menetapkan batasan umur 30 th. Maka kamu sepertinya masih bisa, dengan asumsi kamu lulus di umur 29

      Hapus
  6. Assallamukum.wr.wb.maaf izin share untuk admin Kami menyediakan perangkat pembelajaran tingkat SD,SMP,SMA. dengan format revisi 2017 yang di sesuaikan dengan PPK, 4C dan HOTS. Perangkat terdiri dari ; Silabus, RPP, KKM, Prota, Promes, Administrasi guru.
    Tekniknya: hubungi CS kami di whatssap 083840194335 Untuk keterangan lebih lanjut.terimakasih wassallamualaikm,wr,wb.

    BalasHapus
  7. Hay kak brian aku bingung nih kak aku kan anak ipa aku bingung ambil jurusan apa buat kukiah.. Orang tua nuaranin buat ambil PGSD aku sihh suka ngajarin anak2, tapi aku suka malu/grogi saat mengajar..


    Hehehe

    BalasHapus
  8. Wah... itu kondisinya hampir sama kayak saya. Saya IPA, diarahkan ortu ke PGSD, dan saya juga tipe yang ga banyak ngomong hehe.

    Tapi tenang aja, lama kelamaan akan terbiasa kok tampil mengajar di depan. Saya ngerasain sendiri hehe

    Udah.. ikutin aja saran orang tua hehe.

    BalasHapus
  9. Jadi guru sd itu pas kuliahnya belajar semua mata pelajaran? Jadi semua materi pelajaran dari kelas sd - sma semuanya dibahas kembali?

    BalasHapus
  10. Nama sy lia.umur 35.apakah masih bisa kuliah PGSD dg umur yg sdh tua.dan berapa lama kuliah PGSD untuk th 2018

    BalasHapus
  11. Haii kak brian..aq mo tnya skrg kn usiaku 29th nahh guru aq dlu wktu sd nyaranin aq srh kuliah ambil jurusan pgsd kira2 msh bisa ga ya d'usiaku yg skrg ini bru mo mulai msk??

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel