Banner Promo

Menu Pilihan

Hey... Calon Mahasiswa, Mau Tahu tentang PGSD Atma Jaya ?

Prolog:
Pembuatan postingan ini terinspirasi dari blog tetangga yang menceritakan tentang jurusannya. Jadi buat blog tetangga yang merasa tulisan saya alur/konsepnya seperti salah satu tulisan anda, Banggalah karena anda menjadi inspirator bagi saya hehehehe. *apa sih*

oke skip 

Sekarang sih udah pada tahu ya apa itu PGSD. Secara, jurusan ini sedang naik daun dan cukup jadi jurusan favorit pilihan calon mahasiswa. Sebelumnya, di blog ini saya sudah membuat postingan tentang PGSD secara umum. Kalau mau tahu apa saja yang dipelajari di PGSD lihat saja postingan tersebut. Nah kali ini saya mau bahas secara khusus tentang PGSD Atma Jaya.  

Susana di dalam area Unika Atma Jaya
(Gedung Perkuliahan PGSD di sebelah Kanan)

Saya sendiri merupakan lulusan PGSD Atma Jaya. Saya Masuk Tahun 2010 lulus 2014. Jadi informasi yang saya berikan ini berdasarkan apa yang saya alami, saya ketahui, dan saya rasakan selama kuliah disana (ditambah referensi dari beberapa situs hehe).

Ada stigma kalo di Atma itu gampang masuk susah keluar. Artinya lulus tes masuknya gampang tapi lulus kuliahnya susah. Itu juga nggak berlaku di jurusan PGSD. Justru buat mahasiswa PGSD, lulus 3,5 tahun adalah hal biasa dan tanpa harus pake semester pendek/padat. Tapi kabarnya sekarang sudah tidak bisa lulus 3,5 tahun tapi minimal harus 4 tahun. 

Nah, jadi soal biaya dan jangka waktu lulusnya nggak usah dipikirin lagi. Sekarang mari kita ketahui informasi lebih banyak tentang PGSD Atma Jaya

PGSD Atma Jaya berdiri 5 Juli 2002 dan merupakan PGSD pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan S1 (Lihat Sumbernya). Ketika itu rata-rata PGSD di Indonesia baru menyelenggarakan sampai tingkat D-II.

Status akreditasinya Unggul (A) dan masih berlaku sampai saat ini. PGSD Atma juga dipercaya menjadi salah satu dari 24 PGSD se-Indonesia yang menjalankan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) berbasis ICT. Hasilnya sebanyak 239 mahasiswa asal Sorong, Papua yang menjalankan program tersebut lulus (Lihat Beritanya).


Kampus tidak terpisah dengan kampus pusat

Banyak jurusan PGSD di Indonesia yang kampusnya terpisah dengan kampus pusat. Contoh yang terdekat adalah PGSD UNJ. Kampus pusat UNJ ada di Rawamangun, sedangkan kampus PGSD-nya ada di Setia Budi. Berbeda dengan PGSD Atma yang kegiatan perkuliahannya ada di kampus pusat (Semanggi). Jadi mahasiswa PGSD Atma tentu bisa ikut kegiatan-kegiatan dan menikmati fasilitas di kampus pusat , tidak ketinggalan informasi, serta bisa menjalin pertemanan dengan mahasiswa fakultas lain.

Apalagi lokasi Kampus Atma yang semua orang tahu sangat strategis. Plaza Semanggi Persis di sebelahnya. Tinggal ngesot aja bisa nyampe hehehe. Selain itu Plaza FX Sudirman, Senayan City, Plaza Senayan, GBK juga nggak jauh. Makanya beberapa UKM Olahraga di Atma cukup beragam karena bisa nyewa lapangan di Komplek GBK.

Kampus Atma juga dikenal memiliki area yang kurang luas, hanya 2,6 hektar. Justru ada untungnya, kita bisa keliling kampus dengan jalan kaki tanpa kecapekan dan tanpa kehujanan karena seluruh gedung terhubung dengan jalur pejalan kaki yang beratap.

Gedung Perkuliahan

PGSD Atma Jaya menempati Gedung G bersama tiga jurusan lainnya (Teologi, BK. Pend. B. Inggris) yang ada di Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB). Jumlah ruang kuliah ada 11 dan tersebar di lantai 3 dan 4. Karena pemakaian kelasnya bergantian dengan jurusan lain, jadi perkuliahan PGSD sebagian besar berlangsung siang sampai malam hari. Makanya mahasiswa PGSD terbiasa begadang dan bisa bangun siang hehe. Tak jarang juga perkuliahan berlangsung di gedung lain. Tapi kalau mata kuliah umum biasanya kelasnya di Gedung BKS atau Gedung D. Kalau mata kuliah yang memerlukan komputer biasanya menggunakan lab komputer gedung Yustinus.

Gedung G / Gedung Van Lith

1. Gedung C (Fakultas Psikologi & Hukum)
2. Gedung G (Fakultas Pendidikan dan Bahasa)
3. Gedung B (Fakultas Ekonomi & Rektorat

    Tampak dari belakang
1. Gedung G
2. Gedung B
3. Gedung C
4. Gedung E (Perpustakaan)

Fasilitas
Kalau fasilitas kampus nggak usah dibahas ya. Kalian bisa lihat di website Unika Atma Jaya. Fasilitas yang mau saya bahas adalah khusus yang dimiliki PGSD saja. Berikut ini fasilitasnya:
1. Ruang kuliah ber-AC dilengkapi dengan komputer terakses internet & Proyektor.
2. Laboratorium Pendidikan SD
3. Laboratorium IPA (Ada di Gedung K Fakultas Teknik)
4. Ruang Himpunan Mahasiswa
5. Micro Teaching Lab
6. Ruang Dosen

Selain itu di Gedung G ada Laboratorium Komputer milik FPB dan Ruang Pertemuan Arinze milik Universitas. Sekretariat FPB ada di lantai 2.


Apa ada senioritas ?
Sama sekali tidak. Mahasiswa PGSD kekeluargaannya akrab. Mahasiswa angkatan lama tidak pernah membully angkatan dibawahnya. Mahasiswa antar angkatan menjalin pertemanan dengan baik (bahkan ada yang sampai saling jatuh cinta hehehe). Saya tidak merasa ada gap yang jauh antar angkatan. Biasanya satu angkatan mahasiswa PGSD kurang dari 100. Angkatan saya saja cuma 48 orang. Jadi pasti bisa mengenal semua mahasiswa satu angkatan. Bahkan saya bisa mengenal mahasiswa angkatan 2008-2011 (walaupun tidak semua/kadang ada yang lupa hehe). Itu juga bukan karena dipaksa, tapi memang terjadi begitu saja secara natural karena antar angkatan menjalin pertemanan dengan baik. Dan itu adalah hal wajar bagi mahasiswa PGSD Atma Jaya jika bisa mengenal banyak mahasiswa dari berbagai angkatan.

Bagaimana dengan dosennya ?

Sebelumnya, saya kasih tau dulu kalo dosen itu ada dua macam, dosen tetap dan dosen honorer. Disini yang saya bahas adalah dosen tetap PGSD. Trus... dosen-dosennya asik ga sih ? atau malah killer ? Saya bisa katakan dosen PGSD Atma nggak ada yang killer. Dosennya asik dan menyenangkan, di dalam kelas maupun di luar kelas. Mereka enak dan seru di ajak bercanda, ramah dan ada juga yang memang humoris. Beberapa diantaranya memiliki metode mengajar dan penugasan yang variatif. Jadi perkuliahan pun jadi nggak ngebosenin.

Dosen disini juga disiplin. Disiplin disini bukan dalam arti banyak aturan yang ketat dan mengerikan. Maksudnya dosen PGSD menerapkan disiplin yang sederhana sehingga kita kuliahnya juga bener. Saya kasih contoh deh biar ga bingung. Di kalangan mahasiswa sudah sering terdengar fenomena titip absen dan dosen tiba-tiba ga dateng sehingga kelas perkuliahan ditiadakan. Nah kalo di PGSD fenomena tersebut 99% tidak ada. Ah yang bener ? Ya jadi untuk urusan absensi, absen tidak diedarkan ke mahasiswa untuk ditandatangani secara bergiliran, tapi dosen memanggil nama mahasiswa satu-satu. Nah kalo kayak gitu mana bisa titip absen. Trus dosennya kalo suatu waktu bakal nggak bisa ngajar, beberapa hari sebelumnya sudah memberitahu kepada mahasiswa. Walaupun kadang tidak ada pemberitahuan, kelas tetap ada karena dosen menitip tugas yang harus mahasiswa kerjakan (Ya walaupun kadang mahasiswa ngerjainnya ga serius-serius amat hehe).

Dosen Tetap PGSD
(Masih ada beberapa yang tidak ikut dalam foto ini)


Kegiatan Kemahasiswaan
Ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti atau bergabung dalam kepanitiaanya seperti:

BIRAMA.
 Merupakan acara semacam study tour dan pembinaan karakter yang diadakan tiap tahun. Acara ini dibuat untuk mahasiswa baru saja. Kalau jaman saya dahulu untuk semua angkatan. Tapi kalo sekarang pesertanya terlalu banyak kalau semua angkatan ikut. Biasanya keluar kota dan menginap. Malah tahun ini ke Jogja ! Arrrghhhh bikin envy ! Dulu saya paling jauh cuma Bandung -_-"




PGSD mengajar
Ini program baru. Ketika saya masih menjadi mahasiswa aktif, belum ada. Jadi beberapa mahasiswa diutus untuk bermain dan belajar dengan anak-anak yang ada di rumah singgah, panti asuhan. Ya pokoknya mengabdi kepada anak-anak yang kurang beruntung selama satu hari. Saya kurang tahu persis karena ini kegiatan baru dan belum pernah ada selama saya kuliah.

Baksos
Saya tidak tahu apakah kegiatan ini masih ada atau sudah termasuk dalam PGSD Mengajar.

Padude & Ruciragati
Padude merupakan kelompok paduan suara. Ruciragati merupakan kelompok tari tradisional. Mahasiswa PGSD bisa bergabung dengan salah satu kelompok tersebut. Kedua kelompok tersebut menjadi kebanggaan PGSD karena suka menjadi andalan untuk pengisi acara yang diselenggarakan PGSD maupun FPB.


 
Tiga penari dari Ruciragati


Futsal
Kalau belum berubah, setiap rabu jam 19.00 di sport hall  mahasiswa PGSD bisa bergabung bermain futsal dengan mahasiswa jurusan lain yang ada di FPB. Mahasiswa Ekonomi Pembangunan juga suka ikut main bareng juga.


LAGA
Singkatan dari Lomba Aktivitas Guru dan Siswa. Ini merupakan kegiatan lomba antar siswa SD dan Guru SD Se Jakarta, Tangerang, Bekasi.

Ziarek (Ziarah dan Rekreasi)
Mendengar kata Ziarek tentu sudah tidak asing bagi kalian yang beragama katolik. Ya jadi ziarek ini kegiatan pergi ke suatu tempat rohani seperti Gua Maria atau tempat jalan salib. Ini merupakan kegiatan baru.

OKE.. demikianlah pembahasan saya tentang PGSD Atma Jaya (yang sepertinya berbau promosi juga hehe). Semoga bermanfaat buat kalian yang lagi nyari referensi jurusan kuliah.



 sumber gambar: google maps, pgsdfkipuaj.com, google.com, facebook.com

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

6 Komentar untuk "Hey... Calon Mahasiswa, Mau Tahu tentang PGSD Atma Jaya ?"

  1. Rencananya lulus SMA nanti, aku mau masuk PGSD Atmajaya kak hehe... makasi banyak ya infonya, berguna banget buat aku yg emng mau masuk PGSD Atmajaya

    BalasHapus
  2. Kak mau tanya kuliah di jurusan atmajaya pgsd tuh masuk jam kuliahnya paling pagi jam berapa ya?

    BalasHapus
  3. Ka emang iya pgsd sampe 8 semester berarti 8 thn dong, kata kk aku 4 semester aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar 8 semester. 8 semester itu = 4 tahun. 1 tahun = 2 semester

      Hapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel