Banner Promo

Menu Pilihan

Buku Perdana Komunitas Lagerunal: Membongkar Rahasia Menulis Ala Guru Blogger



Buku ini merupakan karya perdana yang lahir dari Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal). Kehadrian buku ini tidak terlepas dari salah satu kegiatan lagerunal yaitu selasa berbagi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait dunia kepenulisan. Sesuai namanya, kegiatan ini berlangsung setiap Selasa melalui grup whatsapp lagerunal.

Setelah kegiatan Selasa Berbagi berjalan beberapa bulan, saya menyadari bahwa materi yang dibawakan oleh para narasumber sangat bernilai. Sayang jika materi tersebut langsung menghilang karena tertimbun postingan chat terbaru grup WA. Maka dibuatlah buku ini sebagai jalan untuk mengabadikan materi selasa berbagi, sehingga dapat bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Terutama materi Pak Sudomo yang terdapat dalam Bab 6 buku ini. Disitu dijelaskan secara detail mengenai konsep dan tahap-tahap menulis cerita fiksi mulai dari nol. Bahkan dilengkapi kolom latihan yang bisa diisi. Saya sendiri merasa buta mengenai menulis cerita fiksi. Saya bersyukur sekali dapat menikmati materi menulis cerita fiksi pada buku ini. 

Saya bersyukur para narasumber bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya dengan tulus dan tanpa pamrih. Hingga akhirnya materi-materi tersebut boleh diabadikan menjadi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat luas. Saya juga senang karena anggota lagerunal aktif berpartisipasi dan mendukung kegiatan komunitas, terutama Selasa Berbagi.

Saya sendiri juga ikut menulis di buku ini, ada pada Bab 3. Saya menulis tentang mindset yang perlu ditanam oleh penulis pemula agar percaya diri dan terus semangat menulis. Bagi saya, ini merupakan karya buku perdana di tahun 2021. Namun, secara total ini merupakan buku antologi saya yang ke-13



Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi siapapun yang ingin menekuni dan memperdalam dunia menulis, khususnya bagi guru di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan akan tumbuh semangat dalam diri guru Indonesia untuk menghasilkan karya tulis, sehingga muncul banyak guru penulis yang berkontribusi dalam memajukan gerakan literasi di Indonesia.


Judul: Membongkar Rahasia Menulis Ala Guru Blogger
Penerbit: Gemala 
Tahun Terbit: Juli 2021
Jumlah halaman: x + 132
ISBN: 978-623-6104-43-9
Daftar Nama Penulis:

  1. Bai Ruindra 
  2. Sucipto Ardi 
  3. Raimundus Brian Prasetyawan 
  4. Rita Wati 
  5. Susanto 
  6. Sudomo 
  7. Noralia Purwa Yunita 
  8. Aam  Nurhasanah
Harga: Rp 65.000
Pemesanan buku ini hubungi: 08159071313 (Brian)









Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

11 Komentar untuk "Buku Perdana Komunitas Lagerunal: Membongkar Rahasia Menulis Ala Guru Blogger"

  1. Luar biasa... isi bukunya, emak bertambah wawasan ttg blogger 👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  2. Membaca ini jadi dingatkan belum kirim foto selfi dengan si buku. Terima kasih buku sudah sampai di tangan.

    BalasHapus
  3. Agar tidak terlewatkan intisari atau ilmu dari para master guru blogger, maka buku ini cocok untuk menghimpunnya.

    BalasHapus
  4. Buku yang keren buat para blogger ataupun guru yang mau jadi blogger. layak dimiliki nih mudah-mudahan kalau ada buku tentang blogger saya bisa ikut.

    BalasHapus
  5. Buku yang menetas dari komunitas Lagerunal.
    Sukses selalu Pak Brian

    BalasHapus
  6. Ada rasa haru dan bangga berawal dari diskusi di grup Lagerunal maka terciptalah buku ini, sangat bermanfaat terutama bagi saya pribadi yg baru mengenal dunia Blogger. Teruslah berkarya Lagerunal, ditunggu buku- buku berikutnya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, saya sudah punya bukunya. Luar biasa. Sudah digunakan sebagai referensi mengedit tulisan saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Keren Pak.Brian, Saya juga masih aktif menulis Blog. Semangat menulis harus tetap kita galakkan.

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Terima kasih sudah berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel