Banner Promo

Menu Pilihan

12 Buku Antologi Terbit Di Masa Pandemi 2020

 


Tahun 2020 memang dikenang sebagai masa pandemi. Banyak aktivitas penting yang harus dilakukan di rumah saja. Kita diminta untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah. Kegiatan sakral seperti beribadah pun dilakukan dari rumah. Saya sebagai guru juga harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak Maret 2020. Belum pernah satu kalipun dilaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Memang tahun 2020 dilewati dengan suasana prihatin. Namun bukan berarti kita harus merasa terpuruk, 

Di sisi lain, saya justru bersyukur. Selama melaksanakan  Working From Home (WFH), saya hanya di rumah saja. Banyak waktu di rumah membuat saya  mencoba ha-hal baru dan berkarya. Bahkan impian-impian saya malah terwujud. Salah satunya adalah impian untuk memiliki buku karangan sendiri. Bagi orang yang suka menulis, tentu salah satu impiannya adalah bisa menulis buku hingga diterbitkan. Buku pertama sepanjang sejarah hidup saya terbit bulan Januari 2020. Memang sih itu sebelum masa pandemi. Namun ketika masa pandemi, saya makin ngebut menulis buku, baik buku solo maupun antologi. Hingga akhirnya selama 2020 saya menulis 3 buku solo dan 12 buku antologi. 

Pada postingan ini, saya membuat list buku-buku antologi saya yang sudah terbit. Sebenarnya masih ada satu lagi, sehingga seharusnya menjadi 13 buku. Namun sampai sekarang buku tersebut belum terbit.

Sebagian besar buku antologi ini terbit karena saya ikutan event nulis buku antologi yang diadakan berbagai penerbit indie.


Buku Antologi:

  1. Senandung Rasa - Antologi Puisi (April 2020)
  2. Bersajak di Kala Pandemi - Antologi Puisi (Mei 2020)
  3. Rona Rasa #dirumahaja - Antologi True Story (Juni 2020)
  4. Ramadhan Tahun Ini - Antologi Puisi (Juni 2020)
  5. Semangatmu Inspirasiku - Antologi True Story (Juni 2020)
  6. Inisialmu dalam Buku Ini - Antologi Puisi (Juli 2020)
  7. Jejak Keberhasilan - Antologi True Story (Agustus 2020)
  8. Kembara Bakti - Antologi True Story (September 2020)


Selain menjadi peserta menulis buku antologi, saya mendapat kesempatan menjadi PJ (Penanggung jawab)  pembuatan buku antologi. Kesempatan ini saya dapat ketika bergabung di Pelatihan Belajar Menulis bersama Om Jay. Saya dipertemukan oleh Bu Kanjeng (Sri Sugiastuti). Beliau merupakan salah satu narasumber di pelatihan itu. Beliau menawarkan saya untuk menjadi PJ buku antologi. Saya pun menerima tantangan tersebut. 


Kurator/Penangggung Jawab  Buku Antologi:

  1. Ini Cerita Seru Hobiku (April 2020)
  2. Pena Digital Guru Milenial (Juli 2020)
  3. Ukir Prestasi Tebar Inspirasi (September 2020) 
  4. Pahlawan Dalam Hidupku (Desember 2020)

Buku Ini Cerita seru hobiku merupakan buku antologi yang berisi kumpulan tulisan saya bersama 31 siswa kelas saya. Maka dibuku itu saya juga bisa dikatakan sebagai PJ, atau menjadi editor lebih tepatnya. 

Saya bersyukur sekali karena bisa "berkarir" dibidang yang menjadi passion saya. Saya katakan berkarir karena saya tidak hanya mejadi penulis, tapi juga bisa merasakan "jabatan" PJ buku antologi.

Saya berharap bisa terus menekuni passion saya ini, walaupun sekarang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Harus pintar-pintar bagi waktu.

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

11 Komentar untuk "12 Buku Antologi Terbit Di Masa Pandemi 2020"

  1. Wuiiih... edan ini... 😁

    Saya mah gak kepikiran mau ambil opsi kek gini

    BalasHapus
  2. Wahh terima kasih atas rekomendasinya mas.. wajib baca nih..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, kegiatan positif di masa pandemi :) Semoga murid-murid Mas Pras juga jadi senang menulis. Titip pesan untuk untuk jauh-jauh dari memplagiat karya orang lain ya, Mas (aku beberapa kali menulis tentang ini di blog. Kalau sedang senggang, mungkin berkenan mampir dan membacanya. Ada di label Literasi dan Menulis)

    BalasHapus
  4. Mantaap sekali, two thumbs for you... keren...

    BalasHapus
  5. Mengispirasi sekali....betul2 kurator dan inspirator...bahagia banget jika bisa mnjadi kontributor @(PJ Brian)..

    BalasHapus
  6. Inspiratif sekali pak Brian, muda banyak karya, sukses selalu pak

    BalasHapus
  7. Keren... Master Brian, trimks sdh share tulisan yg sangat luar biasa

    BalasHapus
  8. Keren ya mas udah bisa buat buku. Saya masih belajar membuat buku nih

    BalasHapus
  9. selalu ditunggu berbagi ilmunya...
    sukses buat pak Brian

    BalasHapus
  10. Wah keren banget ini setiap bulan pasti ada terbit baru ya kak ini?

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Terima kasih sudah berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel