Banner Promo

Menu Pilihan

Buku Pena Digital Guru Milenial: Pengalaman Pertama Menjadi PJ Antologi



 
Pena Digital Guru Milenial. Sebuah buku antologi yang memiliki cerita "behind the book" yang spesial bagi saya. Dalam pembuatan buku ini saya tidak sekadar menjadi salah satu penulisnya tapi juga sebagai Kurator atau Penanggung Jawab (PJ) event program buku antologi ini. Sungguh hal baru yang menambah pengalaman di dunia perbukuan. Sebagai PJ saya bertugas memegang jalannya event ini mulai dari pendaftaran peserta sampai buku terbit dan dikirim buku ke para peserta. 

Buku ini sendiri berisi tentang pengalaman 43 guru se-Indonesia menjalani dunia menulis hingga akhirnya mereka tersebut menjadi Guru Blogger. Sepak terjang mereka di dunia menulis sungguh inspiratif.

Program pembuatan buku antologi ini saya mulai pada Bulan Juni 2020. Saya menyebarkan informasi program ini ke grup-grup WA belajar menulis PGRI. Peserta mendaftar lewat google form. Kemudian pada 21 Juni 2020, saya membuat grup WA program buku antologi ini. Peserta menulis sesuai tema dan mengirimnya ke email saya. Saya yang menyusun naskah seluruh peserta dan merapikannya dalam 1 file word dengan setingan sesuai ketentuan penerbit. Bu Kanjeng (Sri Sugiastuti) bertugas sebagai editor. Akhirnya pada akhir Juli 2020 buku ini terbit.

Saya senang ternyata program buku antologi ini menjadi jalan bagi sebagian bapak/ibu peserta untuk memiliki karya buku perdana. Peserta penulis buku ini juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, dan Papua.

Banyak dari peserta penulis buku ini yang kemudian melahirkan karya-karya buku selanjutnya. Baik buku solo maupun antologi. Ada juga yang sukses "berkarir" dalam dunia menulis, seperti menjadi kurator/PJ antologi, editor, bahkan narasumber.

Judul: Pena Digital Guru Milenial
Kurator/PJ: Raimundus Brian Prasetyawan & Sri Sugiastuti
Penulis: 43 Guru Blogger PGRI Se-Indonesia
Jumlah Halaman: 314
Penerbit: Oase Pustaka
Tahun Terbit: Juli 2020
ISBN: 978-602-457-473-4
 
 
SINOPSIS
 
Pena Digital Guru Milenial sangat cocok untuk menggambarkan kiprah para guru yang memberdayagunakan fasilitas internet untuk mencerdaskan anak bangsa. Blog salah satu wadah yang murah meriah, bermanfaat bisa jadi salah satu solusi pembelajaran jarak jauh yang sedang dijalani saat ini karena adanya Pandemi Covid-19.


Sekelompok guru yang mengikuti Kelas Belajar Menulis via Daring Bersama Om Jay dan PGRI berinisiatif membukukan karyanya sebagai bagian dari meramaikan dunia literasi guru di Indonesia. Dalam buku ini ditulis berdasarkan pengalaman masing-masing bagaimana berproses menjadi guru blogger dan testimoni saat mereka belajar bersama di kelas Belajar Menulis dengan tema Ngeblog.

Bagaimana kisah dan perjuangan para guru mendapatkan link via group untuk mengikuti Pelatihan Belajar Menulis secara gratis via daring dengan nara sumber yang dihadirkan selama 20 kali pertemaan? Bacalah buku ini sampai tuntas, temukan inspirasi, dan ambil manfaatnya.

Selamat Membaca.
 
Daftar Nama Penulis Buku Pena Digital Guru Milenial

1Adi Prastyanto, S.Pd
2AGATHE, S.Pd
3Aidil Fitriani, S.Pd., M.Pd
4Andy Muhtadin
5Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
6BOENGA JENNY HENDRIANTY, S.Pd.
7CICIS WEDIASTRIANA,S.Pd
8Ditta Widya Utami, S.Pd.
9Dra. Anis Wardani
10Dra. Arnita Budi Siswanti, M.Hum
11Dra. Fitran sari. M.Pd
12Dra. Syarifah Rukayah Indra Melina
13Eko Daryono, S.Kom.
14H. Lalu Suwarno, S.Pd, M.Pd, M.M
15Hj. Darmawati,.S.Ag
16Hj. Endah Ekowati, S.Pd
17Ida Ayu Kade Sastrika, S.Pd. M.Pd
18Irwan, M.Pd
19Ismijarti Juni Susanti SH SPd MPd
20Jawahir, S. Pd
21Lusia Wijuatun,S.Pd
22Maryuni Puji Rahayu, S.Pd.SD
23Mukminin, S.Pd.,M.Pd.
24Nanik Yuliani, M.Pd
25Noormasri Karyawan, S.Pt., M.Pd.
26Nurlatifah Alauddin, S.Pd.
27RACHMI HIDAYATI, S.T
28RAHMADI, S.Ag.,M.Pd.I
29Ratna Dhevi Fahmiyati, S.Pd., Gr.
30Ria Indra Maya Sari, S.Pd
31Rita Wati, S.Kom
32Safitri Yuhdiyanti, S.Pd.AUD
33Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.
34Sih Anwar Suryono, S.Pd
35Siti Aisah,S.Pd
36Suheli, M.Pd
37Supriyati, M.Pd
38Suryan, S.Pd.I
39Titin Sumartini, S.Pd.I
40Yuliana Ruru Katindo, S. Pd.
41Yuliati,S.Pd.Sd
42Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
43Sri Sugiastuti, M.Pd.

Sudah 1 tahun buku ini terbit. Ketika mengetik judul buku ini di google, maka akan muncul sejumlah web/blog yang menampilkan sesuai kata kunci tersebut. Namun ada satu web yang menjadi perhatian saya. Tak disangka buku pena digital guru milenial masuk di website katalog perpustakaan kabupaten Banjar http://inlislite.banjarkab.go.id/opac/detail-opac?id=17006. Itu artinya buku ini sudah menjadi buku koleksi perpustakaan kabupaten Banjar. Luar Biasa.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

6 Komentar untuk "Buku Pena Digital Guru Milenial: Pengalaman Pertama Menjadi PJ Antologi"

  1. Buku yg sudah pasti keren nih. Saya setuju dengan kalimat "Diawali dengan buku Antologi maka segera lahir buku-buku solo" itu sangat luar biasa.
    Terimakasih sudah memotivasi saya untuk terus menulis. Saya sadar masih harus banyak belajar.

    BalasHapus
  2. Luar biasa kesibukan Bapak terkait menulis. Tidak hanya menulis, tetapi juga merangkul para penulis lain dalam karya bersama.

    BalasHapus
  3. Terus berkarya dan selamat sudah sukses menjadi PJ, Pak Brian.

    BalasHapus
  4. Luarrr biazzzaaa 👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  5. 314 halaman? Keren. Pasti banyak ilmu di sana. Mantapp

    BalasHapus
  6. Menilis buku secara keroyokan adalah langkah awal bagi penulis pemula untuk mewujudkan impian menulis buku. Itu pengalaman saya banget..

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Terima kasih sudah berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel