Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

09 Juni 2019

Mengenang Tren Ngeblog Jaman Dahulu



Tulisan ini bagian dari Seri Tulisan memperingati 10th Blog Anniversary Brian Prasetyawan's Blog (2009-2019). Setelah 10 tahun, saya merasakan perbedaan antara ngeblog jaman dahulu dengan jaman sekarang. Banyak kebiasaan ngeblog atau web pendukung blog  yang sudah tidak ada di masa sekarang. 

Pernah dengar indostats, shoutbox, lintasberita ? mungkin terdengar asing di masa sekarang ini. Namun bagi blogger tahun 2010 ke bawah, nama-nama tersebut menjadi andalan saat ngeblog. Memang saat ini sudah tidak populer . Tren ngeblog sekarang sudah berbeda. Mungkin batasnya ada di tahun 2013 (setuju nggak ?). Ada perbedaan yang cukup terasa saat ngeblog sebelum dan sesudah tahun 2013. Banyak yang hal yang kini tinggal kenangan saja dan diganti dengan hal-hal baru setelah tahun 2013. Apa saja kenangan tren ngeblog jaman dahulu ?

Indostats & Sitemeter




Dahulu blogger.com belum menyediakan fitur statistik. Maka kalau ingin mengetahui statistik blog, harus mendaftar ke web penyedia statistik. Indostats dan Sitemeter merupakan penyedia statistik populer pada saat itu. Indostats merupakan produk asli Indonesia, sedangkan sitemeter berasal dari Amerika kalo nggak salah. Saya senang memakai Indostats. Statistik yang disajikan cukup lengkap dan tampilannya enak dilihat. Namun sayangnya pada tahun 2010, web tersebut tutup. Maka saya beralih menggunakan sitemeter. Namun saya curiga sitemeter kurang valid. Di saat yang sama saya juga memakai Histats. Hasil datanya berbeda ! Sitemeter nampaknya melebih-lebihkan hitungannya. Nggak tahu juga sih bener atau nggak. Itu hanya tebakan saya saja. Sitemeter akhirnya tutup tahun 2015 (bener nggak ?). Dari berbagai penyedia statistik populer jaman dulu, tinggal Histats yang masih ada sampai sekarang.

Shoutbox




Shoutbox pada blog sangat populer pada masanya. Hampir semua blog memasang widget ini. Memang blog sudah memiliki fitur kolom komentar. Namun saya merasa ada perbedaan dalam penggunaannya. shoutbox digunakan untuk sekedar menyapa sang pemilik blog. Mungkin pengunjung tersebut hanya melihat-lihat isi blog itu saja kemudian meninggalkan pesannya di shoutbox. Dengan kata lain, shoutbox digunakan untuk meninggalkan jejak bahwa pengunjung sudah blogwalking ke blog tersebut. Kemudian kalau kolom komentar digunakan untuk meninggalkan komentar terkait postingannya. Jadi pesan yang ditinggalkan lebih berbobot, bukan hanya untuk "say hello".
Beda kan dengan jaman sekarang ? Hampir semua blog tidak lagi memasang shoutbox. Kini kolom komentar menjadi satu-satunya andalan untuk meninggalkan pesan di blog.

Lintas Berita




Setelah memposting artikel, blogger beramai-ramai mensubmit juga artikelnya ke situs social bookmark. Cara tersebut diyakini dapat mempercepat artikel tersebut dapat ditemukan pada mesin pencari google. Diantara berbagai situs social bookmark Indonesia, Lintas Berita yang paling terkenal dan banyak dipakai blogger. Pada 2011 Lintas berita berubah menjadi lintas.me. Lalu lintas.me bergabung dengan beritagar.com hingga lahirlah beritagar.id pada 24 Agustus 2015. Situs tersebut merupakan portal berita. Dengan demikian berakhirlah kiprah lintas berita sebagai situs social bookmark.

page rank & tuker link


Tata cara tuker link :)

Dahulu google page rank menjadi patokan blogger untuk mengetahui seberapa kuat keberadaan blognya di pencarian google. Untuk meningkatkan nilai page rank, blogger berlomba-lomba mengumpulkan backlink salah satunya dengan cara tukar link. Aktivitas tukar link bener-bener bikin nostalgia. mulai dari nulis komen untuk ajak tukar link, pasang link blog dia , lalu mendapat balasan komentar bahwa link blog saya juga sudah dipasang. Betapa senangnya jika link blog saya sudah dicantumkan hihihi. Tuker link tidak hanya berupa teks saja tapi juga ada yang berupa banner. Dahulu blogger berlomba-lomba membuat banner sekreatif mungkin.
Sekarang ini page rank sudah tidak update. Acuan blogger sekarang adalah DA/PA. Tuker link juga sudah tidak jamannya lagi. Tapi beberapa blogger saat ini dengan sukarela mencantumkan link blog lain dengan nama halaman "Blogwalking".


Iklan PPC 

Sekarang ini blogger gencar mengejar rupiah dari google adsense. Dahulu blogger juga memasang iklan tapi bukan dari google. Iklan yang paling sering dipasang adalah model iklan PPC. Jadi blogger dibayar untuk setiap iklan yang diklik pengunjung (pay per click). Saya dahulu pasang iklan PPC dari adsense camp dan kumpul blogger. Iklan PPC tidak berbentuk teks saja tapi ada yang berupa gambar. Hal yang mengenang adalah saat mengecek saldo apakah bertambah, dan memasang iklan sekreatif mungkin sampai belajar memasang iklan melayang.

Iklan melayang nutupin konten, harus diklik close dulu. Siapa tahu ada yang malah klik iklannya hehe


Suatu kebanggaan melihat blog ada iklannya. Namun lama-lama saya berpikir bahwa iklan-iklan itu mengurangi kenyamanan pengunjung. Akhirnya saya mencopot semua iklan.


Pesta Blogger



Kalau ini kenangan seluruh blogger Indonesia. Pesta blogger pertama kali tahun 2007 dan terakhir adalah 2011. Saya sendiri belum pernah berpartisipasi. saya hanya mengikuti perkembangannya lewat cerita-cerita yang ditulis blogger lain tentang event itu. Sangat terasa masa-masa itu blog sedang di puncak kejayaan. Saat itu belum ada serangan youtuber & vlog. Tahun 2011-2013 masih ada kopdar nasional dengan nama Kopdar Blogger Nusantara. Setelah itu saya tidak tahu apakah ada kopdar nasional .
Blogger sekarang lebih asyik ikut event yang diadakan lembaga/produsen produk. Sepertinya itu metode kopdar blogger sekarang.



Komunitas blogger
Dahulu komunitas blogger ada dimana-mana dan aktif. Mulai dari tingkat kota, kampus, sampai ada juga blog kelas di SMA. Saya tinggal di Bekasi maka komunitas yang ada adalah blogger Bekasi (Be-Blog). Namun saya belum bergabung disana. Saya hanya mengikuti berita perkembangannya saja. Eh tapi waktu itu saya pernah pasang banner Be-Blog di blog saya

Dahulu blogger Bekasi termasuk komunitas yang diperhitungkan di kancah nasional. Event besar pernah diadakan seperti amprokan blogger. Namun sekarang komunitas ini sudah tidak aktif. Terlihat dari postingan terakhir di webnya sudah lama sekali.

Website blogger bekasi ketika masih aktif


Berbagai universitas juga punya komunitas blogger. Bahkan kampus tersebut menyediakan platform blog sendiri bagi mahasiswa & dosen. Sayangnya kampus saya tidak ada komunitasnya.

Saya pernah membuat blog kelas dan masih ada sampai sekarang. Saat itu saya lihat cukup banyak blog kelas dari SMA-SMA lain di Indonesia. Saat itu guru-guru TIK sepertinya sedang gencar mengajarkan ngeblog (duh senangnya belajarnya ngeblog) Sayangnya SMA saya tidak ada materi blog bahkan sampai kuliah juga tidak belajar blog. Padahal saya udah ngarep banget.

Itulah beberapa tren ngeblog jaman dahulu yang sekarang sudah jarang terlihat. Mungkin masih ada beberapa tren lain yang belum saya sebutkan. Nah maka, apa tren ngeblog jaman dahulu versi kalian ?

8 komentar:

  1. Tren Liebster Award, Yan. Pesan berantai buat menjalin silaturahmi dengan bertanya.

    Saya baru ngeblog 2012, aktifnya 2014. Baru betul-betul merasa menekuninya 2015. Tujuannya udah mulai beda-beda tiap berganti tahun. Sekarang ngeblog sesempetnya. Temen-temen udah vakum, sebagian yang lain menjadikannya pekerjaan atau tempat penghasilan. Saya entah kenapa berasa asing buat terus ngeblog, bahkan meninggalkan komentar aja udah mulai langka. Kadang cuma pengin membaca. Udah enggak perlu meninggalkan jejak buat memberi tahu kehadiran. Komentar pas betulan lagi mau berpendapat.

    Omong-omong, selamat udah sepuluh tahun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah persis yog. Gw jg mulai ngerasa asing. Akun2/komunitas tempat nge-share postingan banyak nggak update.

      Jadi bingung sendiri gw.

      Iya makasih Yog. Semoga kita tetep bisa ngeblog teruss

      Hapus
  2. baru sadar pengetahuan tentang blogku masih kurang. aku ngeblog dari 2012 dan masih zaman alay-alay cutcol gitu dan yang ku kenal cuma blogspot doank dan masih setia hingga sekarang. nulis hanya sekedar hobi tapi asyik juga kayaknya kalo menghasilkan uang. Saya sendiri suka kesel liat situs tapi banyak iklannya udah ada adblock sekarang ada situs yang pasang matikan donk adblocknya. kebanyakan iklan juga bikin males baca. wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengetahuan blog pasti lama2 akan bertambah selama tetep konsisten ngeblog. Yang penting blognya terus. Hehe

      Iya saya juga ngeblog karena suka nulis. Motivasi seperti itu yang bikin tetep ngeblog terus.

      Saya juga kesel iklan model redirect.

      Hapus
  3. aku baru ngenal statistik ngeblog ya pas ada histats
    jaman 2009-2012 cuma nulis tempel foto publish udah
    itu aja pakai multiply mas
    sekarang udah wassalam
    iklam PPC yang paling berkesan ya adl.fy (eh bener gak sih tulisannya)
    klo cari bahan materi di blog mesti harus ngeklik itu

    komunitas blogger malah baru setaun dua tahun ikut
    tapi emang seru banget ikut komunitas gitu

    btw selamat 10 tahunan mas
    semoga tetep istikomah ya....

    BalasHapus
  4. Kenapa dulu ga ikutan amprokan blogger bekasi? Hihihi.
    Ikutan gathering supaya makin luas networknya. Keep blogging

    BalasHapus
  5. fix sudah, aku blogger baru hahahaha... yg disebut di atas, ga mudeng semua mas :D. aku bikin blog sih 2014 tp baru aktifnya 4 thn laah... Itupun, sampe skr aku ngeblog ya karena suka nulis aja, utk nambah temen2 , belum sampai ke tujuan cari duit :D. boro2 itu mah... nulis 2 minggu sekali aja udh bersyukur, secara kerjaan kantor padat :D. jd blm mau fokus utk monetisasi blog

    BalasHapus
  6. astaga dulu seru2an pas pake shoutbox. Anehnya rame kalo pake shoutbox di blog orang lain. pas pasang di blog sendiri sepiii

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id