Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

23 Juni 2019

Perubahan Tampilan Blog 10 Tahun


Postingan ini bagian dari Seri Tulisan memperingati 10th Blog Anniversary Brian Prasetyawan's Blog (2009-2019). Setelah 10 tahun, saya ingin melihat perubahan tampilan blog ini dari masa ke masa. Setiap tampilan punya kenangan tersendiri.

Berawal dari ajakan teman yang merupakan pemilik blog davidprasetyo.com, saya pun ikut-ikutan membuat blog. Ketika itu saya tidak tahu mau posting apa di blog. Akhirnya saya mulai dengan hal yang tidak patut ditiru, yaitu copas artikel dari web lain . Namun akhirnya saya bertekad untuk tidak lagi copas

Baca juga: Tidak Lagi Copy Paste

Sepuluh tahun lalu saya adalah siswa kelas 3 SMA. Masa dimana pelajar fokus menyambut UN. Namun saya justru makin fokus ngeblog . Saat itu saya benar-benar sedang semangat ngeblog. Terbukti dari postingan Desember 2009 sebanyak 40 Postingan. Saya senang sekali blogwalking, membalas pesan shoutbox,  tukar link, dan melihat jumlah pengunjung blog, dan memantau rank Alexa & page rank. Memasang berbagai widget juga menjadi keasyikan tersendiri.

Saya bisa melihat tampilan-tampilan blog yang sudah lama melalui web.archive.org.

Februari 2010
Web archieve tidak bisa mendeteksi tampilan blog selama 2009. Tampilan yang bisa terlihat mulai dari Februari 2010. Banyak widget, banner, dan iklan di tampilan blog ini.






November 2010
Web archieve tidak bisa memuat tampilan blog dengan sempurna. Keramaian widget masih nampak pada tampilan blog masa ini.



November 2011




Januari 2012
Mei 2012
Makin bertambah usia blog, tampilan blog semakin simpel dan minimalis. Tidak banyak lagi widget yang dipasang. Saya menyadari bahwa yang utama adalah konten. Terlalu banyak widget bisa membuat pengunjung kurang nyaman dalam membaca artikel. Loading blog juga menjadi berat.



Maret 2013
Template ini cukup bertahan lama karena saya merasa template ini cukup SEO Friendly. Pada 2014 background header blog dimasukkan gambar nuansa piala dunia 2014.


Desember 2015

Pada tahun ini saya akhirnya menggunakan top level domain dengan biaya 120ribu per tahun. Maka alamat blog saya menjadi www.praszetyawan.com. Tagline blog ingin mengedepankan bahwa blog ini milik guru SD. Saya merencanakan konten blog ini akan lebih banyak tentang pendidikan.

Juli 2016
Template ini terdeteksi dipakai sampai Juli 2017.  Judul blog sedikit berubah. Praszetyawan menjadi Prasetyawan, huruf "Z" hilang. Saya benar-benar ingin nama blog ini sesuai dengan nama saya. Tagline blog berubah karena saya merasa sulit untuk konsisten memposting artikel pendidikan. Maka saya kembali ke konsep lama yaitu blog personal/blog gado-gado.

2019
Selanjutnya dari 2017 sampai sekarang, web archieve tidak bisa mendeteksi. Maka berikut ini tampilan blog yang digunakan sekarang.


 Template yang digunakan saat ini sudah didukung dengan mobile version.

***

Itulah perubahan tampilan blog ini dari tahun ke tahun. Bisa dikatakan saya cukup sering ganti template pada masa awal ngeblog karena hal tersebut menjadi salah satu kesenangan saya. Namun semakin lama saya menyadari ganti template terlalu sering tidak bagus. 

Setiap tampilan dapat membawa ingatan kembali pada tren ngeblog yang terjadi pada masa itu. Saya juga bisa melihat bagiamana perkembangan ngeblog yang terjadi. 

3 komentar:

  1. kalau dari umur domain udah 4 tahunan juga ya mas, meskipun judul blog z nya dihilangkan, tapi di domain z nya masih ada, karena domain lama jangan diganti juga deh, whehehhe...

    kalau saya sendiri mulai ngeblog itu 2011, pas zaman SMA, memang ingat banget dulu modelnya banyak pernak-pernik di blog, shoutbox, cursor warna warni, bahkan masukin musik ke dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya pengen domainnya prasetyawan.com, tanpa Z. Tapi udah ada yg pakai.

      Wah termasuk angkatan lama ya hehe. Iya tahun segitu tampilan blog ramai dengan widget2

      Hapus
  2. Mantap hu Evolusinya! hehehe.

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id