21 Juni 2013

Kenali Passionmu

Tentu menyenangkan jika kita melakukan sesuatu yang memang menjadi passion kita. Maka, sebaiknya kita mengenali apa passion kita sedini mungkin, karena passion yang kita miliki tidak akan direalisasikan sekedar menjadi hobby saja tapi akan lebih berguna lagi. Saya merasakan passion berguna untuk 3 hal yaitu menentukan jurusan kuliah, meraih prestasi dan mendapatkan penghasilan.

Saya baru menyadari pentingnya passion baru saat di masa kuliah ini. Sewaktu masa SMP sampai SMA saya belum benar-benar mendeteksi apa yang menjadi passion saya. Namun ada satu hal yang menjadi kesukaan saya. Saya suka membuat semacam buletin atau booklet yang isinya berupa informasi kompetisi olah raga. Saya pernah berniat membuat booklet mengenai Euro 2008. Mungkin bisa dibilang kesukaan saya ini dibidang jurnalistik. Namun saat itu saya belum menyadarinya

Hingga mau lulus SMA saya tetap belum menyadari passion saya. Makanya, saya jadi bingung pas milih jurusan karena saya belum menyadari minat saya di bidang apa. Nah saat menjelang masa akhir kuliah, saya baru menyadari bahwa passion saya adalah di bidang menulis khususnya jurnalistik. Saya menyadarinya bukan berawal karena saya sering ngeblog. Titik awal saya menyadari passion saya adalah saat saya mulai rutin mengirim tulisan ke media cetak. Saya benar-benar mendapatkan kepuasan saat tulisan saya dimuat di media cetak.

Namun saya sudah terlanjur masuk jurusan PGSD. Jika saya menyadari passion saya sebelumnya, ada kemungkinan saya memilih jurusan jurnalistik. Namun, saya juga gak merasa salah jurusan. Saya enjoy aja kuliah di PGSD.

Setelah saya menyadari passion saya, saya jadi punya banyak impian. Saya ingin menang lomba blog, menulis buku, dan melihat tulisan saya dimuat di media cetak. Berbagai lomba dan kontes menulis di blog sudah saya ikuti namun belum membuahkan hasil. Akhirnya impian itu terwujud juga. Saya Meraih juara ke- 2 lomba blog yang diadakan di kampus saya. Tentu prestasi yang saya dambakan. Kemudian saya mecoba mengirim tulisan ke media cetak. Akhirnya ada tulisan saya yang di muat. Buat saya adalah sebuah kebanggaan tersendiri melihat nama saya ada di artikel media cetak. Ya dua hal itu menjadi pencapaian tertinggi saya berkat passion yang saya miliki.

Masih ada satu impian, yaitu membuat buku. Namun saya masih merasa sulit merealisasikannya. Butuh waktu banyak. Jika saja itu terwujud, tentu itu dapat menghasilkan pendapatan. Manfaat Passion juga dirasakan teman saya. Dia memiliki passion di bidang film editing & desain. Dia benar-benar menekuni passionnya hingga dia berhasil meraih juara 2 kompetisi film pendek yang diadakan di Bina Nusantara. Dan sekarang ia kuliah di jurusan yang diminatinya.

Ya jadi jangan sampai terlambat menyadari passion karena banyak manfaat yang bisa didapat berkat passion yang kita miliki.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger