Banner Promo

Menu Pilihan

Tidak hanya JIS dan GBK Saja, Ini 10 Stadion Sepak Bola di Jakarta

Selesainya pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) cukup menjadi sorotan media. Stadion berkapasitas 82.000 ini menjadi kebanggaan baru warga DKI Jakarta, khususnya supporter Persija. Akhirnya Pemprov DKI Jakarta memiliki stadion yang representatif. Lho selama ini kan ada Gelora Bung Karno (GBK) ?. Nah GBK memang terletak di Jakarta, tapi statusnya adalah milik sekretariat negara, bukan milik Pemrpov DKI Jakarta. Sebelum JIS berdiri, stadion terbesar milik DKI Jakarta adalah Stadion Lebak Bulus. Stadion tersebut yang selalu dipakai Persija, sebelum akhirnya stadion tersebut digusur karena dijadikan Depo MRT. Namun stadion Lebak Bulus tidaklah besar, hanya berkapasitas 15.000. Kurang mencerminkan megahnya stadion Ibukota.

Keberadaan JIS saat ini sudah sangat merepresentasikan stadion megah Ibukota. Bahkan menjadi stadion terbesar di Indonesia, mengalahkan GBK yang berkapasitas 77.000.  

Bicara mengenai stadion di Jakarta, mungkin yang sangat terkenal hanya GBK dan yang terbaru JIS. Namun apakah masih ada lagi stadion sepak bola lain di Jakarta ?

1. Jakarta International Stadium



2. Gelora Bung Karno



3. Stadion Madya Senayan

Stadion ini berada di Kompleks olahraga Gelora Bung Karno. Sesungguhnya stadion ini merupakan stadion atletik. Namun karena fasilitasnya sudah mumpuni, maka kerap kali digunakan juga untuk pertandingan sepak bola. Stadion ini berkapasitas 9.000 orang. Stadion ini jauh lebih cantik dan terawat setelah direnovasi dalam rangka Asian Games 2018.



4. Stadion Tugu

Stadion ini dikenal sebagai markasnya klub Persitara.


5. Kamal Muara



6. Stadion Soemantri Brodjonegoro


7. Stadion Bea Cukai, Rawamangun

Berdasarkan situs http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/ stadion ini dinamakan sebagai Stadion Bea Cukai karena memang berada yang dalam kawasan komplek perkantoran instansi Bea Cukai. Stadion yang berdiri sejak 1995  ini sempat terkenal karena menjadi markas klub Divisi Utama, Persijatim. Namun pamor stadion ini terus menurun seiring dengan dijualnya Persijatim ke Palembang dan berganti nama menjadi Sriwijaya FC. Menurut google, stadion ini berkapasitas 10.000. Namun melihat tribun yang kecil seperti itu, mungkin sebenarnya hanya berkapasitas 2.000-3.000 orang. Stadion ini dikelola oleh Pengcab PSSI Jakarta Timur yang masih aktif mengadakan kompetisi  klub-klub internal anggota Pengcab PSSI Jakarta Timur.



8. Stadion Ciracas


9. Stadion PTIK

Stadion ini terletak di Kebatoran Baru, Jakarta selatan. Berdasarkan wikipedia, stadion ini berkapasitas 3.000 orang. Stadion PTIK mulai dikenal masyarakat luas ketika klub Liga 1, Bhayangkara FC, menggunakannya sebagai markas pada tahun 2018. Stadion ini merupakan milik Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.




10. Stadion Cendrawasih

Stadion ini berkapasitas 2.000 orang dan terletak di Cengkareng, Jakarta Barat.



Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

Belum ada Komentar untuk "Tidak hanya JIS dan GBK Saja, Ini 10 Stadion Sepak Bola di Jakarta"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel