Banner Promo

Menu Pilihan

Kegiatan Menggerakkan Literasi Oleh Raimundus Brian Prasetyawan (2016-2020)

Ketertarikkan pada dunia literasi membuat saya ingin menggerakkan kegiatan literasi juga di lingkungan sekitar. Profesi saya sebagai guru maka saya ingin menggerakkan literasi di kalangan siswa dan rekan-rekan sesama guru. Puji Tuhan, hingga tahun 2020 terdapat berbagai kegiatan literasi yang sudah diwujudkan. Kemudian dalam rangka mengikuti Parasamya Suratma Nugraha 2021 Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, saya membuat berkas bukti fisik mengenai kegiatan literasi yang sudah saya lakukan sampai tahun 2020. 

Berikut ini daftar kegiatan literasi yang sudah saya lakukan:

1. Membuat Pojok Baca dan Melaksanakan kegiatan membaca 15 menit sebelum KBM dimulai (sejak 2016) 



 

2 . Menginisiasi dan menjadi penanggung jawab pelaksanaan kegiatan pembiasaan Selasa Literasi. (sejak 2018) 

Setiap hari sebelum masuk ke kelas, seluruh siswa berkumpul di lapangan untuk melakukan pembiasaan. Setiap hari ada tema pembiasaa, kecuali di hari selasa. Maka, saya berinisiatif untuk mengisi kekosongan pembiasaan hari selasa dengan kegiatan literasi. Kepala sekolah menyetujui kegiatan itu. Saya setiap selasa pagi memimpin jalannya kegiatan Selasa Literasi. Seluruh siswa duduk di lapangan dan membaca buku dalam hati.


Salah satu siswa maju ke depan, menceritakan kembali buku yang dibaca

 Kemudian saya tunjuk beberapa siswa secara bergantian untuk menceritakan kembali buku yang dibaca. Kegiatan ini berjalan 30 menit. Jika masih ada waktu, saya beri kesempatan siswa yang mau maju tampil di didepan. Penampilannya bebas boleh apa saja seperti bercerita pengalaman, membaca puisi, berpantun, menyanyi, dan lain-lain. 

3. Membuat tantangan membaca di kelas (2019)  

Saya memberi tantangan kepada siswa. Siapa yang paling sering membaca buku dalam satu semester, akan mendapat hadiah. Indikatornya adalah jurnal literasi yang diisi setiap selesai membaca. Akhirnya terpilih tiga orang yang mengisi jurnal literasi terbanyak.


4. Mengajak siswa berkunjung ke Perpustakaan RPTRA (Tahun 2019) 



 

5. Pendamping Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) Tingkat Kecamatan Kemayoran (Tahun 2020)

 Saya sebagai koordinator pendamping tim lomba FL2N sekolah saya. Tiga dari empat siswa yang ikut lomba merupakan siswa kelas saya. Saya memang menawarkan dan mendorong siswa kelas saya untuk ikut lomba mewakili sekolah. Lomba yang diikuti adalah cipta pantun, menulis cerpen, membaca puisi, dan mendongeng. Puji Tuhan siswa kelas saya, Elang, meraih juara harapan 3 cipta pantun. 



 

6. Mengajak Siswa satu kelas membuat buku antologi (Terbit April 2020)  

Buku ini berisi tulisan saya dan 31 siswa saya, kelas V Tahun Pelajaran 2019/2020. Saya meminta siswa mengirim tulisannya ke WA atau email saya. Lalu saya yang menyatukan,  menyusun, dan mengirim naskahnya ke penerbit.

 

7. Membentuk Komunitas Blogger Guru (November 2020). 

Saya bersama beberapa guru dari berbagai daerah, membentuk komunitas blogger guru pada November 2020 dengan nama cakrawala blogger guru nasional (Lagerunal). Kegiatan komunitas ini terpusat di grup WA yang kami buat. Anggotanya berjumlah 171 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Info lengkap tentang komunitas ini dapat dilihat di www.lagerunal.blogspot.com 

Salah satu kegiatan di Komunitas Lagerunal, Kamis Menulis


 

8. Narasumber pelatihan belajar menulis PGRI 

  • Gelombang 12
Saya membahas tentang membukukan tulisan-tulisan yang ada di blog

 

  • Gelombang 15  

 

  • Gelombang 16.

  Saya sharing tentang cara dan ketentuan menerbitkan buku di penerbit indie  

 

 

 

 9. Narasumber Kelas Menulis Buku Inspirasi (MBI) Gelombang 2 

Saya diminta pendiri kelas menulis ini, Bunda Lilis, untuk menjadi salah satu narasumber. Kelas menulis ini menggunakan grup WA.


 

10. Mengajak Guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia untuk membuat buku antologi. Sampai saat ini sudah tiga kali saya melakukan program pembuatan buku antologi untuk rekan-rekan guru di seluruh Indonesia. Dalam pembuatan buku ini saya berperan sebagai kurator. Saya mengajak guru-guru peserta pelatihan belajar menulis PGRI untuk ikut menulis buku antologi

  
  • Buku Ukir Prestasi dan Tebar Inspirasi terbit bulan September 2020. Terdapat 36 guru dari berbagai daerah yang ikut menulis di buku ini 
 


  •  Buku Pahlawan Dalam Hidupku terbit bulan Desember 2020. Terdapat 37 guru dari berbagai daerah yang ikut menulis di buku ini

 

Demikian kegiatan-kegiatan literasi yang saya lakukan hingga tahun 2020. Sebenarnya masih ada 1-2 kegiatan literasi lainnya di tahun 2020. Kemudian masih lebih banyak lagi kegiatan literasi di tahun 2021. Lumayan bisa menjadi stok portofolio bukti untuk ikut Parasamya Suratma Nugraha 2022 nanti hehe. 

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

26 Komentar untuk "Kegiatan Menggerakkan Literasi Oleh Raimundus Brian Prasetyawan (2016-2020)"

  1. Gerakan yang luar biasa menginspirasi.

    BalasHapus
  2. wah ada hadiahnya juga, dan amplopnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya betul Omjay. Saya suruh habiskan untuk beli buku. Nggak boleh untuk beli yang lain. Sebagai bukti, struk belanjanya harus dikasih ke saya wkwk

      Hapus
  3. Luar biasa kiprah Mas Brian dlm literasi. Semoga menjadi berkah dalam kehidupaan Mas dan keluarga

    BalasHapus
  4. Mantaaapp Pak Brian..
    Saya tertarik dengan kegiatan no 3, mungkin bisa dituliskan secara detail teknisnya..

    Sehat selalu Pak Brian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di buku saya Pak hehe. Aksi Literasi Guru Masa Kini

      Hapus
  5. Luar biasa...patut ditiru perpustakaannya sangat mengispirasi kita, Sukses...

    BalasHapus
  6. Amazing .. benar2 guru penggerak yang nampu bergerak dan menggerakkan orang lain. Sukses sll Pak brian .salam literasi

    BalasHapus
  7. Mantap Pak
    Semoga bisa mengikuti jejaknya Pak...

    BalasHapus
  8. Mantap pak Brian, sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  9. Wah mantap Pak Brian, sangat cocok sekali sebagai guru penggerak, bisa mengembangkan dan menggerakkan sesama, pokoknya kereeennn 👍

    BalasHapus
  10. Keren Pak Brian. Guru inspiratif dengan segudang prestasi. 👍👍👍

    BalasHapus
  11. sangat menginspirasi pak brian, semangat terus pak, mencetak generasi bangsa yang cerdas dan berahlak mulia

    BalasHapus
  12. Saya baca beberapa kali. egiatan Pak Bryan sungguh menginspirasi. Saya pun baca komentar Pak Indra sebelum ini bahwa perlu ada yang didetailkanpada tulisan berikutnya sebagai praktik baik.

    BalasHapus
  13. Mantap.gerakan literasinya. Saya suda.bacs bukunya Mas Brian. Siip. Salam.literasi

    BalasHapus
  14. Kereeen acara2 yang dibuat mas 👍. Terutama aku suka dengan kebiasaan2 yang dibangun untuk anak2 agar suka membaca. Mungkin bisa aku contoh buat diterapin ke anak2 ku. Sebenernya mereka udah aku biasain untuk rutin membaca, Krn aku sendiri hobi banget. Tadinya anak2 mau aku minta untuk ikut reading challange kayak yg aku lakuin, tapi rasanya ntr dulu. Mereka mau membaca dan jadi terbiasa aja aku udah seneng. Ga perlu hobi seperti aku, tapi setidaknya bisa membaca dengan benar dan fokus.

    Boleh juga tuh cara yg di atas, aku minta mereka membaca dulu, lalu diceritain apa isinya dengan bahasa mereka sendiri.. 👍

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel