Banner Promo

Menu Pilihan

Ranking FIFA Terbaik dan Terburuk Indonesia

Akhir-akhir ini publik sepak bola Indonesia kembali bergairah untuk mendukung Timnas. Ya setelah terakhir kali bertanding pada Juni 2021 dalam kualifikasi piala dunia 2022, akhirnya timnas kembali berlaga. Kali ini dalam ajang play off kualifikasi Piala Asia 2023. Seperti yang kita tahu, Timnas babak belur dan terjerembab di dasar klasemen kualifikasi piala dunia 2022 dengan hanya mengantongi 1 poin. 

Tentu kita berharap pertandingan play off kualifikasi Piala Asia 2023 mendapat hasil positif sehingga dapat mengobati luka melihat kekalahan demi kekalahan saat kualifikasi piala dunia. Puji Tuhan, timnas meraih kemenangan 2-1 atas Taiwan pada leg 1. Hari ini timnas akan melakoni leg kedua. Semoga bisa menang lagi.

Menjelang pertandingan leg kedua, ada hal menarik yang diposting akun instagram @indonesiatillidie



Ya... akun tersebut membuat prediksi ranking FIFA Indonesia setelah menang di leg 1. Diprediksi timnas akan naik ke ranking 169. Melihat hal itu, tentu kita berharap timnas menang lagi di leg kedua, agar bisa bertambah naik lagi ranking FIFAnya.

Setelah melihat akun tersebut yang membahas prediksi ranking FIFA Indonesia, saya jadi ingin tahu tentang ranking FIFA terbaik dan terburuk Indonesia sepanjang sejarah.

Ranking FIFA sendiri pertama kali dibuat tahun 1992. Seperti yang saya lihat disitus fifa.com, pada 31 desember 1992 di tampilkan ranking FIFA perdana. Saat itu Indonesia berada di peringkat 108. Pada ranking FIFA terbaru 16 september 2021, Indonesia berada di peringkat 175. 

Selama rentang hampir 29 tahun tersebut Indonesia pernah mencapai ranking terbaik dan terburuk. Posisi terbaik Indonesia adalah berada di peringkat 76 pada September 1998. Kemudian posisi terburuk adalah berada di peringkat 191 pada Juli-Agustus 2016. 

Indonesia Ranking 76 pada September 1998



Indonesia Ranking 191 pada Juli-Agustus 2016


Indonesia pernah di peringkat 191 karena akibat dari sangsi FIFA. Pada 2015-2016 Indonesia diberi sangsi oleh FIFA tidak boleh ikut pertandingan/kejuaraan internasional apapun. Maka pada periode tersebut Indonesia tidak mendapat tambahan poin sama sekali sehingga posisinya terus tergusur oleh negara lain. Saat itu Indonesia diberi sangsi karena pemerintah melakukan intervensi terhadap PSSI. 


Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

4 Komentar untuk "Ranking FIFA Terbaik dan Terburuk Indonesia"

  1. Mksh pak, senang sekali menemukan blog mengangkat olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya suka juga bahas sepakbola.Dahulu malah lebih sering posting tentang sepak bola

      Hapus
  2. Semoga peringkat Indonesia semakin membaik. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Padil. Aminnn. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel