Banner Promo

Menu Pilihan

Review Ngeblog 2016



Banyak blogger menyambut awal tahun baru dengan menulis review ngeblog di 2016 dan resolusi di 2017. Oke saya juga ikut-ikutan ah... hahaha, Namun saya mau nulis review ngeblog 2016 aja. Kenapa resolusinya nggak ? Berdasarkan pengalaman, pas lagi nulis resolusi sih semangat 45. Nah tapi pas menjalani hidup selama setahun, pasti ada aja kesibukkan yang nggak diduga yang bikin resolusi itu jadi sekedar wacana aja. Yaudah.... jadi saya nggak usah bikin resolusi hehe.

Oke... langsung aja saya review. Tahun 2016 menjadi tahun ke 7 saya ngeblog. Ada kemajuan dan kemunduran dalam pencapaian ngeblog saya. Dimulai dari kemajuannya, saya beberapa kali ditawarkan kerja sama dalam bentuk content placement atau lainnya. Bagi saya itu sudah sebuah kehormatan hehe. Akhirnya saya mulai mendapat pemasukan content placement walau baru 1 kali dengan jumlah yang minim hehe. Seharusnya udah 2 kali. Tapi ternyata klien saya bohong. Saya sudah posting tapi setelah berbulan-bulan nggak ada info udah transfer honornya atau belum -_-.

Oke maap jadi sedikit curcol 😅.

Setelah bertahun-tahun, saya akhirnya bisa juga  ngerasain dapet hadiah lagi dari ngeblog. Itu ketika saya menang giveaway berhadiah paket buku :)

Itu kemajuannya, sekarang kemundurannya. Jumlah postingan selama 2016 merupakan yang paling minim sepanjang sejarah blog ini. Cuma 38 postingan 😞 #menyedihkan. Jadi rata-rata posting per bulannya hanya 3,2, dibawah standar rata-rata yang saya tetapkan yaitu 4 posting per bulan. Kenapa bisa begitu ? Pertama, karena saya pegang dua blog. Blog saya yang satunya lagi (Brian's Book Collection) justru mencapai jumlah postingan terbanyak dalam setahun sejak blog itu dibuat. Kedua, alasan klasik. Banyaknya tugas dan kesibukkan yang harus saya kerjakan hingga menyita waktu weekend juga

Kita lanjut review statistik yang lain. Statistik ini saya ambil dari penghitungan pageview oleh blogger.com. Selama 2016, jumlah pageview paling banyak terjadi pada bulan Desember dengan 35.648 pageview. Jumlah pageview Desember itu belum mengalahkan rekor sepanjang sejarah blog ini yaitu 56.670 pada Agustus 2014. Lalu yang paling sedikit pada bulan Juni dengan 27.572.

Untuk pageview pada sebuah postingan, paling banyak yaitu Chord Geisha - Lagu Cinta dengan 1109 pageview. Itu juga satu-satunya postingan yang diatas 1000 pageview. Lalu postingan dengan jumlah komentar paling banyak berjudul Bagaimana Cara Supaya Konsisten Ngeblog ? dengan 14 komentar (termasuk komentar balasan dari saya hehe)

Saya rasa itu saja review ngeblog saya di 2016. Semoga di 2017 ini ada pencapaian baru dan konsistensi ngeblog lebih baik dibanding tahun lalu


Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

18 Komentar untuk "Review Ngeblog 2016"

  1. Balasan
    1. Makasih bro... masnya juga semoga sukses juga ngeblognya

      Hapus
  2. Wah ada suhu blogger ternyata disini. Sama saya juga gak pernah bikin resolusi. Soalnya ujung-ujungnya bikin doang, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh suhu apaan... saya mah apa atuh 😅.

      Nah iya bener kan.. resolusi jadinya cuma bikinan doang realisasinya liat ntar dulu haha

      Hapus
  3. Ngeblog ada nai dan turunnya, kalau aku tergantung kuota internet, jika full bisa sehari 4 postingan jika lagi miskin sebulan cuma satu.
    Ngeblog hanya untuk hiburan ,tidak perlu ngoyo.
    Pembaca blogku sehari sudah lebih 2o ribu diluar dari target.
    Yang paling disuakai umumnya hal-hal atau judul yang hot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((20 ribu per hari))) busett suhu blogger nih. Bagi2 bang viewersnya haha. saya perlu 3 minggu kayaknya buat sampe 20ribu.

      Hapus
  4. setelah di rocek emang beneran banget kalau Chord Geisha - Lagu Cinta yang paling makjleb pengunjungnya...saya mah malahan baru kesinih nih, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena saya kurang sering blogwalking hihi

      Tapi terima kasih mang, udah kemari hehe

      Hapus
  5. Gokil udah 7 tahun. Apalah saya ini baru 4 tahun. Ehehe. Sesepuh banget ya ini. :D

    Mantep tuh pageview-nya. Saya sebulan aja gak sampe 20k wqwq. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha haduh banyak yg lebih sesepuh 😆.

      Tapi blog & pencapaian ngeblognya Yoga lebih keren.

      Hapus
  6. Aku sudah karena bukan termasuk "Banyak blogger" yang menulis review ihik ihik
    Tapi ya sudah semoga 2017 ini banyak menbawa keberkahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disatu sisi saya masih sangat hijau di dunia posting review. Kontras sekali hihihi

      Hapus
  7. Wuih, mantap perjalanan ngeblognya selama 2016. Apalagi bisa ngaktifin 2 blog sekaligus. Baca postingan ini jadi pengen bikin review ngeblog 2016 juga, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe mantab... ayo bikin posting review ngeblognya :D

      Hapus
  8. Semoga makin berkah ngeblognya di 2017 ini ya Mas

    BalasHapus
  9. semoga sukses ngeblognya ... keren udah tahun ke 7 di tahun 2017 ini, aku baru tahun pertama di tahun 2017 ini

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel