05 Februari 2016

Bagaimana Cara Supaya Konsisten Ngeblog ?

Tulisan semacam ini mungkin sudah banyak bertebaran di google. Walau begitu, belum tentu isinya sama. Jadi izinkan saya menulis topik ini menurut versi saya hehe. Jadi silahkan kalian mau setuju atau tidak (mudah-mudahan banyak yang setuju ya hehe).

Tulisan ini dibuat karena saya kadang bertanya-tanya sendiri kenapa saya masih mau ngeblog. Saya ngeblog sejak 2009. Jadi tahun ini adalah tahun ketujuh saya ngeblog. Padahal saya nggak pernah mendapat uang sepeser pun dari hasil ngeblog. Jadi sebenernya tulisan ini lebih kepada sharing pengalaman aja


1. Bikin target
Apa gunanya bikin target ? buat saya, target dibuat agar saya termotivasi untuk mencapai atau melampaui target tersebut. Selain itu saya juga menjadi termotivasi untuk mengulang pencapaian target itu. Dengan mencapai target maka akan mendapat kepuasan. Kepuasan itu yang akan menjawab pertanyaan "Apa yang didapat dari ngeblog?". Target ngeblog mungkin identik dengan target mendapat berapa banyak uang dari blog. Jika memang belum mahir, jangan membuat target yang diukur dengan uang. Jika tidak berhasil, justru malah bisa mematikan semangat ngeblog. Jadi bikin target yang simpel aja dan memungkinkan untuk dicapai. Itulah yang saya terapkan dalam ngeblog. Saya menargetkan minimal bikin 1 postingan setiap bulan. Tapi kalau bisa 1 minggu 1 kali.  Lalu saya menargetkan mendapat 50 pageviews untuk setiap postingan baru. Dan yang terbaru, saya menginginkan minimal mendapat satu komentar untuk setiap postingan baru.

2. Blogwalking 
Ada saat dimana saya buntu nggak punya ide postingan atau malah sedang malas bikin postingan (padahal ide postingan udah numpuk ckck). Nah untuk masalah itu, blogwalking bisa menjadi solusi. Blogwalking juga merupakan aktivitas ngeblog lho. Dengan mengunjungi blog lain, kita bisa saja mendapat ide karena terinspirasi dari postingan blog tersebut. Kalau bagi saya pribadi, blogwalking merupakan cara supaya target mendapat komentar tercapai. Jadi walaupun postingan nggak nambah (karena lagi malas), bisa jadi komentar yang nambah hehe.

3. Nulis Ya Nulis Saja,  Jangan Mikir Macam-Macam
Faktor ini yang cukup sering mengganggu semangat/konsistensi ngeblog saya. Saya suka khawatir dan berpamrih terhadap tulisan saya. Padahal seharusnya kalau ada ide, yaudah bikin aja postingannya. Nggak usah mikir isi tulisannya bagus atau nggak. Pembahasan lebih jauh tentang topik ini pernah saya posting silakan lihat disini.

4. Punya Teman Yang Juga Blogger 
Saya cuma punya satu teman yang juga blogger. Seru rasanya kalau saya lagi ngobrol sama dia tentang blog. Adanya teman bisa menambah semangat ngeblog. Kalau saja punya banyak teman yang blogger, pasti lebih seru. Ngeblog jadi semangat dan konsistensi ngeblog juga tetap terjaga. Kalau nggak punya teman yang juga suka ngeblog dikhawatirkan akan timbul pertanyaan "Ngapain saya ngeblog ? temen-temen saya yang lain nggak ngeblog kok." Supaya punya teman blogger, salah satu caranya adalah bergabung ke komunitas blogger.


sumber gambar: bairuindra.com


14 comments:

  1. Udah lama ngeblog, kenapa ga pasang Google Adsense, bang?

    Salam dari,

    Agenrizal.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu pernah pasang adsensecamp. Udah lama pasang tapi cuma dapet berapa puluh ribu, lupa saya. Masih dibawah batas minimal utk boleh ambil uangnya.

      Kayaknya jmlh viewer blog saya sepertinya blm cukup utk menghasilkan uang. Dan saya masih menganggap seperti itu sampai sekarang

      Hapus
  2. Nomer 3 sih yang cukup berat, takut akan tulisan kita yang ga bagus atau tidak enak dibaca hehe.. temen blog bisa dicari lewat event2 yang diadakan komunitas blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ngerasain juga ya yg no 3 hehe

      Oh iya bener.. ikut event2 blogger juga bisa nambah temen blog. Terimakasih masukkannya

      Hapus
  3. Yang nomer 3 bener banget. Tulislah apa yang kamu pikirkan, jangan pikirkan apa yang akan kamu tulis

    BalasHapus
  4. Salam kenal mas.. Saya baru pertama mengunjungi blog mas pras.. Hehe oh ya mas, kalau saya sering blogwalking apa gk kena banned sama google ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.... Ya selamat datang di blog saya hehe.

      Oh yang saya tau blogwalking tetap aman kalau meninggalkan komentarnya tidak bersifat spam dan relevan dengan artikelnya.

      Hapus
  5. Sepakat mas... Ke-4 tips diatas menjadi poin penting agar tetap semangat ngeblog. Terimakasih sudah berbagi by Anwariz

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger