Banner Promo

Menu Pilihan

Twitter Sebagai Media Untuk Belajar

Sekarang ini berbagai kalangan masyarakat sudah tidak asing dengan media sosial, salah satunya twitter. Terlebih lagi, dari kalangan pelajar sangat banyak yang menggunakan twitter. Mereka antusias dan sering mengakses twitter untuk menjalin komunikasi dengan teman dan mencari informasi. Melihat potensi itu, maka twitter dapat dimaksimalkan oleh para guru sebagai media untuk menyajikan pengetahuan seputar materi pelajaran yang dipelajari oleh para siswa. Penyajian dapat dilakukan dengan menyampaikan tweet-tweet yang membahas suatu materi atau memberikan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya diberikan jawabannya. Pelajar juga akan mendapat pengalaman baru dan menarik untuk mempelajari suatu pengetahuan.

Namun, twitter sepertinya memang belum bisa menjadi media yang wajib diakses bagi siswa hingga mempengaruhi/menentukan hasil belajar siswa. Twitter juga terbatas pada 140 karakter sehingga materi kurang tersampaikan secara lebih mendalam seperti yang terdapat pada buku-buku. Tapi setidaknya guru dapat berkontribusi di dunia pendidikan dengan menyampaikan ilmu pengetahuan lebih luas dan tidak sebatas di ruang kelas saja tapi juga di dunia maya melalui media sosial yang banyak digunakan siswa. Tweet-tweet mengenai ilmu pengetahuan tersebut juga dapat bermanfaat menambah wawasan bagi banyak orang tidak hanya pelajar saja. Tentu melihat hal tersebut, guru tidak ada salahnya untuk menggunakan twitter sebagai media untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Guru pun akan dianggap inovatif dan kreatif.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

1 Komentar untuk "Twitter Sebagai Media Untuk Belajar"

  1. bagus juga dipakai buat belajar, jangan cuma buat curhat doank

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel