Banner Promo

Menu Pilihan

Hasil yang Saya Dapatkan dari Menulis

Sejak awal tahun 2013, saya memulai peruntungan dengan mengirim tulisan ke media cetak. Sudah dua puluhan tulisan saya yang dimuat di media cetak. Namun saya masih belum ada apa-apanya dibanding dengan penulis-penulis cerpen dan resensi yang tulisannya tersebar diberbagai koran se-Indonesia. Saya juga belum terlalu berkembang karena sebagian besar tulisan saya kirim hanya seputar sepak bola dan dimuat di media itu-itu saja. Dengan melihat kemampuan dan kualitas menulis saya yang masih amatiran, saya juga tidak terlalu mengharapkan setiap tulisan yang dimuat mendapat hadiah. Namun, tentu saja saya senang jika mendapat hadiah. Bahagianya saya jika mengetahui Pak Pos datang ke rumah saya dan mengantarkan hadiah tersebut hehe.
Dari hasil setahun menulis ke media,  saya mendapat cukup lumayan hadiah baik itu berupa honor maupun merchandise. Ya hadiah tersebut juga menjadi salah satu faktor yang membuat saya semangat untuk terus menulis. Berikut ini hasil yang saya dapat dari kegiatan menulis:

1. Dahulu ketika Tabloid Bola masih terbit 3 kali seminggu, terdapat rubrik Oposan. Jika tulisan kita dimuat disitu, mendapat Rp 250.000. Tulisan saya pernah 1 kali dimuat disitu.

2. Honor Rp 75.000 dari Majalah Hidup, sebuah majalah mingguan katolik.

3. Mendapat Kaos dari Tabloid bola sebanyak 7 kali. 5 berwarna merah & 2 berwarna hitam.

4. Mendapat Jaket dari Kompas Kampus (Halaman khusus mahasiswa, Harian Kompas). Tulisan saya dimuat di rubrik Argumentasi



Saya membuat postingan ini bukan bermaksud buat sombong atau pamer. Namun, saya ingin sharing dan menunjukkan bahwa terdapat manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menekuni dunia tulis-menulis. Selain mendapat materil/hadiah, kegiatan menulis membuat otak kita untuk berpikir, merangkai kata-kata hingga menjadi kalimat dan akhirnya menjadi paragraf yang pas untuk dibaca.
Tentu bagus bukan ? jika kita melatih otak kita berpikir melalui menulis. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengirim tulisan ke media cetak. :)
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Hasil yang Saya Dapatkan dari Menulis"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel