Banner Promo

Menu Pilihan

UBUR-UBUR KABUR : RUWETNYA CINTA SEGITIGA


Pengarang : Devania Annesya
Tahun terbit : 2011
Tebal buku : 186 halaman
Penerbit : Andi
Harga buku : Rp 28.000,-

Cinta, bagi Aurelia Aurita atau Aurel, adalah sesuatu yang membingungkan. Cinta pertama yang dia curahkan buat orang yang dia sayangi tak bahagia. Karena itulah, Aurel memutuskan tidak jatuh cinta lagi dengan pria mana pun. Dia juga memasang sederet criteria untuk calon pendamping hidupnya kelak. Tujuannya, dia tak terjatuh lagi dalam kehidupan asmaranya.

Namun apa mau dikata. Saat panah cupid menembus hatinya, Aurel pun akhirnya jatuh cinta lagi. Hal itu terjadi ketika dia dan teman-temannya sedang liburan bersama. Saat sedang berjalan-jalan sendirian, Aurel tak sengaja mendapati seorang cewek cantik meronta-ronta di tengah danau.

Cewek itu hampir tenggelam. Serta merta Aurel langsung berteriak-teriak mencari bantuan. Seketika itu juga sesosok cowo tampan berbadan tegap masuk ke dalam danau dan berenang selincah ikan menyelamatkan cewek tadi. Setelah beberapa saat kemudian, Aurel baru tahu bahwa keduanya kakak beradik.

Cowok yang barusan menyelamatkan adiknya itu telah membuat Aurel jatuh hati. Namanya Daniel Radyansyah. Cowok yang dingin, namun dapat membuatnya merasa hangat. Setelah kejadian itu, Aurel dan Daniel menjadi semakin dekat. Daniel pun merasakan perasaan yang sama pada Aurel.

Daniel juga hampir memenuhi semua criteria calon suami yang diidamkan Aurel. Sayang, terkadang Aurel masih suka gengsi mengakui segala kelebihan Daniel. Saat keduanya tengah merajut kisah kasih, tiba-tiba cinta pertama Aurel di masa lalu datang kembali.

Arlodi adalah cowok yang menjadi orang ketiga dalam hubungan Aurel dan Daniel. Cowok usil itu ternyata masih menyimpan perasaan yang buat Aurel. Hal inilah yang membuat Aurel bimbang. Saat bersama Daniel, dia merasa menemukan pilihan yang tepat. Namun saat Arlodi di sisinya, Aurel merasa cinta lamanya yang pupus seakan dapat dimulai lagi.

Di tengah kebimbangan itu, masalah lain terjadi. Ayah Daniel tidak menyetujui hubungan Aurel dan putranya. Semua itu membuat balada cinta Aurel makin berwarna. Aurel pun berharap jadi ubur-ubur yang bisa kabur dari masalah dan memilih satu lelaki terbaik. (cin/c9/kkn)

Cuek cuek tapi Butuh

Novel Ubur ubur Kabur yang menjadi buku utama Bookclub kali ini sukses memancing tawa bookaholic yang tediri atas Ochi, Nicky, Acil, dan Putri. Saat berdiskusi, mereka tak henti-hentinya tergelak menanggapi kisah cinta segi tiga si tokoh utama utama.
“Menurut aku, si Aurel ini sebenarnya juga suka sama Daniel. Hanya dia gengsi. Cuek-cuek butuh gitu deh,“ ujar Ochi mengawali pembicaraan. Aurel yang dimaksud Ochi adalah tokoh utama novel itu. Aurel punya nama panjang Aurelia Aurita (nama ilmiah ubur-ubur). Dia adalah cewek yang tidak pernah pacaran.

Dasarnya, Aurel merupakan gadis yang memiliki prinsip kuat. Dia berprinsip harus mendapatkan pendamping hidup yang pas di hati dan bisa menjaga dirinya. Sayang, selama 22 tahun hidupnya, dia belum pernah bertemu dengan cowok idaman.

Suatu hari, Aurel dipertemukan dengan Daniel Radyansyah. Cowok itu membawa Aurel ke cerita cinta penuh kejutan. Daniel digambarkan sebagai cowok cool, penyabar, ,apa, serta penuh tanggung jawab. Daniel menjadi tokoh favorit para bookaholic cowok.

“Aku suka sama tokoh Daniel. Dia punya karakter yang tegas dan simpatik. Dia beda sama Arlodi yang suka mengganggu,“ ujar Acil. Arlodi adalah cinta pertama Aurel pada masa lalu. Saat Aurel dan Daniel mulai dekat, Arlodi datang dan mengganggu hubungan keduanya.
Pendapat Acil langsung disetujui Dicky. Cowok ramah itu sepakat untuk menolak sikap usil Arlodi. Uniknya, dia juga sebel sama sikap Aurel yang terkesan nggak punya pendirian.
“Si Aurel ini kok kayak masih belum yakin sama perasaannya ya? Habis, dia kadang suka Daniel, kadang suka Arlodi. Kesannya plinplan gitu,” papar Dicky.

Pendapat Dicky disanggah Nicky. Menurut Nicky, Aurel pasti punya alasan yang kuat kenapa bersikap demikian. Selidik punya selidik, ternyata, Nicky pernah lho merasakan cinta segit tiga, seperti yang dialami Aurel. Wah, curhat colongan nih, hihihi…
“Hehehe… sebenarnya sih bukan curhat colongan. Menurut aku, semua orang pasti punya alasan kenapa sampai bisa bersikap bimbang seperti itu. Aku sih lebih milih Daniel daripada Arlodi,” jelas Nicky.

Kalau Acil nggak suka karena nyebelin, kali ini Nicky punya alasan sendiri. “Aku tuh sebel sama Arlodi karena namanya sama sekali nggak menarik. Nama kok kayak jam aja, arloji. Hahaha…” tuturnya. Para bookaholic pun terbahak saat mendengar celoteh Nicky.
Putrid yang sejak tadi diam nggakk mau ketinggalan comment. Dia menanggapi sifat perfeksionis Aurel dengan sudut pandang yang bijak. Terutama dalam memilih pendamping hidup.

“Sayang, cinta nggak melulu bisa dimengerti secara logika dan lebih menuruti kata hati. Jadi, sebaiknya kita menggunakan dua hal itu jika nanti ingin mencari cinta sejati,“ jelas Putri. Jawaban Putri dibalas bookaholic lainnya dengan sahutan, “Cieeeee…“ (cin/c12/kkn)

“Overall, ceritanya nggak mengurangi keasyikan baca novel ini kok. Aku paling suka deskripsi tokohnya yang sangat detail.” (Putri Ayu S., ITS memberi skor 4 dari 5)

“Novel ini bagus dari segi cerita dan gaya bahasa. Meski ceritanya klise, pengarangnya bisa bikin novel jadi nggak boring.“ (Dicky Setiawan, SMAN 20 Sby memberi skor 4 dari 5)

“Ceritanya simpel dan klise. Cinta segitiga kan emang sering terjadi dalam kehidupan kita. Pengarangnya anak muda banget.” (Rossyta Wahyutiar, SMAN 4 Sby memberi skor5 dari 5)

“Meski berserita tentang cinta, novel ini menyelipkan humor-humor segar. Aku suka sama tokoh Daniel. Dia itu cool. (Jarul Maksum, SMAN 15 Sby)

“Judulnya bikin aku tertarik. Pas membaca, aku jadi merasa kayak tokoh utma. Aku juga pernah mengalami kisah seperti si Aurel.” (Nicky Y., SMA Muh 2 Sby)


Diambil dari:
RESENSI JAWA POS SENIN, 31 JANUARI 2011 (BOOK CLUB, HALAMAN 38)
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

7 Komentar untuk "UBUR-UBUR KABUR : RUWETNYA CINTA SEGITIGA"

  1. wqaduh arloji bahaha xDD

    daniel itu karakternya terlalu stereotype novel2 teenlit pada umumnya :)

    BalasHapus
  2. hahhhahaa... kiopas tokh... gw udah mau kasih applaus aja ke lu yang udah repot2 ampe interview buat ngereview sebuah novel. hahaha

    BalasHapus
  3. @[L]ain: ya begitulah hehehe
    @K'nuell: hehehehe ya emang ketentuannya gitu, disuruh copas. Mana mungkin gw wawancara orang2 surabaya hahaha
    @Mbak Fanny: hehe Iy, makasih mbak

    BalasHapus
  4. Wah, ikutan juga ya......
    aku juga ikutan.
    Follow my blog yuk!
    Thanks

    BalasHapus
  5. Iy nih saya ikutan juga. Iseng-iseng berhadiahlah hehehe.. blognya udah saya follow.

    BalasHapus
  6. sedikit komentar tentang nama aurelia aurita. nama ini berasal dr bahasa latin. aurelia = aurum + lia. aurum = emas, -lia = akhiran untuk perempuan. jadi aurelia = perempuan yg berharga seperti emas/perempuan yg paling berharga. lalu aurita = aurora + -ita. aurora = fajar, -ita = akhiran yg mempekecil sesuatu. aurita= fajar kecil, atau anak yg membawa fajar kecil.
    ubur2 mendapatkan nama ilmiah ini karena kebetulan yg menemukannya adalah ibu aurelia aurita, sama seperti bunga bangkai yg mendapatkan nama raflesia arnoldii krn penemunya/yg memberi nama kebetulan bapak arnold rafles

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel