Buku Perdana

Menu Pilihan

Mengembalikan Eksistensi Komunitas Sejuta Guru Ngeblog


Ketika blog berada pada masa kejayaannya, banyak sekali bermunculan komunitas blogger. Salah satunya adalah Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) yang didirikan oleh Wijaya Kusumah (Om Jay). Beliau merupakan guru TIK di Labschool Rawamangun yang memang dikenal sebagai Guru Blogger. Komunitas ini berdiri pada 9 Februari 2014. Pada awalnya komunitas ini muncul sebagai grup di Facebook. Kemudian berlanjut dengan program pelatihan blog ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Maka, ketika itu KSGN memiliki pengurus dan tim fasilitator yang solid. Hingga acara terbesar yang pernah diselenggarakan yaitu Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut masih bisa kita baca artikelnya di blog sejutaguru.wordpress.com. Sayangnya blog itu sudah tidak pernah update lagi. Artikel terbarunya dipublikasikan pada 31 Maret 2015. 


Blog KSGN sejutaguru.wordpress.com


Grup Facebook KSGN masih ada sampai sekarang. Ketika postingan ini dibuat, jumlah anggotanya mencapai 20.000. Sayangnya hegemoni KSGN tidak sebesar dahulu lagi. Padahal KSGN sudah memiliki nama yang cukup kuat dikalangan guru blogger. Akan sayang jika KSGN dibiarkan begitu saja tanpa kejelasan. Maka ketika ikut menjadi relawan pengurus pelatihan belajar menulis, saya berniat mengangkat kembali nama KSGN. 

Langkah pertama adalah melakukan "bersih-bersih" isi grup facebook KSGN. Ketika pertama kali saya menemukan grup facebook KSGN, memang  postingannya masih  aktif diisi oleh para anggota grup. Namun sebagian besar isinya diluar hal tentang blog. Bahkan banyak postingan tentang jualan.


Grup Facebook KSGN mencapai 20.000 anggota


Memang tak bisa dipungkiri, sekarang ini masanya sudah beda. Apalagi di masa pandemi, video pembelajaran di youtube yang lebih populer. Namun saya ingin mengembalikan grup KSGN sesuai namanya, Komunitas sejuta guru ngeblog. 

Puji Tuhan saya diizinkan oleh Omjay untuk mejadi admin di grup facebook KSGN. Dengan demikian, saya bisa ikut menyaring postingan-postingan yang masuk. Saya hanya menyetujui postingan yang terkait tentang blog, buku, dan menulis. Video youtube juga saya setujui asalkan terkait tiga hal tersebut. Maka, mari rekan-rekan guru blogger untuk aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN. Kemudian saling memberi like dan komentar.

Saya juga menngenalkan KSGN ke peserta pelatihan belajar menulis. Memang secara formal, pelatihan tersebut dibawah IG TIK PGRI. Namun identitas yang paling terlihat dalam kepengurusan maupun peserta pelatihan adalah para guru blogger. Maka bisa dibilang pelatihan tersebut didukung oleh KSGN. Saya punya pandangan bahwa seluruh peserta belajar menulis otomatis menjadi bagian dari KSGN.

Maka saya mengajak para peserta pelatihan untuk bergabung ke grup facebook KSGN. Selain itu juga mengajak memasang logo KSGN di blognya. Logo KSGN juga saya pasang di poster dan blog pelatihan belajar menulis. Baru-baru ini saya memasang logo KSGN di sertifikat pelatihan belajar menulis.

Belum lama ini saya juga mengganti nama grup beberapa komunitas guru blogger. 

  • Komunitas Guru Ngeblog diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 
  • Komunitas Guru Blogger (Ex Lomba Blog PGRI) diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 2
  • Semnas Guru Blogger PGRI diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 3
UPDATE: Saya berterima kasih kepada Om Jay yang sudah mendukung dengan mengubah beberapa nama grup lain menjadi Sejuta Guru Ngeblog. Dengan demikian jumlah grup WA KSGN sekarang ada 6
  • Konferensi Blogger PGRI diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 4
  • Guru Blogger Indonesia diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 5
  • Grup Narasumber Semnas Guru Blogger PGRI diganti menjadi Sejuta Guru Ngeblog 6
Dengan demikian, KSGN sudah memiliki 6 grup WA. Bapak/ibu yang minat untuk bergabung cukup masuk di salah satu grup saja. Sejauh ini aktivitas 6 grup KSGN tersebut masih sebatas share link postingan grup atau share info/kegiatan terkait guru. 

Itulah sekilas cerita tentang KSGN dan usaha-usaha saya mengembalikan keberadaannya. Semoga kedepannya KSGN makin eksis sebagai komunitas guru blogger di Indonesia

Grup Facebook KSGN: https://www.facebook.com/groups/gurublogger

Cara memasang banner logo KSGN: https://pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com/2021/01/ayo-memasang-banner-ksgn-di-blog-kita.html

20 Komentar untuk "Mengembalikan Eksistensi Komunitas Sejuta Guru Ngeblog"

  1. Sangat Setuju Ide yg Cemerlang Pak ..lanjuuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Usman. Bantu dukung ya dengan aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN

      Hapus
  2. Tetap semangat menjaga komunitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu Ai. Supaya tidak tenggelam terlalu dalam hehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Bu Suyati. Bantu dukung ya dengan aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN

      Hapus
  4. Ayo kita aktifkan kembali ksgn di dubia maya maupun duni nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Omjay semoga pandemi covid 19 segera berakhir dan KSGN bisa aktif seperti dahulu. Terima kasih Omjay sudah berkomentar

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terima kasih Pak Indra. Bantu dukung ya dengan aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terima kasih Bu Tini. . Bantu dukung ya dengan aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN

      Hapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih Maz Mo. Bantu dukung ya dengan aktif share postingan blog ke grup facebook KSGN

      Hapus
  8. Balasan
    1. Terima kasih Mr Bams sudah membuat postingan tanggapan. Saya senang respon tersebut

      Hapus
  9. Terima kasih Bu. Silakan mendukung dengan share postingan blog ke grup facebook KSGN.

    BalasHapus
  10. Meskipun saya newbie di dunia blog dan tulis menulis, saya siap mendukung para master. semangat berkarya, semangat menginspirasi

    BalasHapus
  11. Sy masih newbie didunia blog dan tulis menulis,tp sy mendukung sepenuhnya jaya KSGN

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel