29 Desember 2014

Sumber pengunjung blog

Postingan ini sifatnya bukan sebagai tutorial tapi saya mau sharing pengalaman aja (tapi kalau anda menganggap ini tutorial ya nggak papa juga hehe). Ya... saya mau cerita tentang sumber pengunjung blog. Pasti sudah banyak situs yang membahas topik ini. Tapi nggak papa lah, yang ini versi saya kali aja ada bedanya dikit hehe.

Setelah bertahun-tahun ngeblog, saya semakin menyadari kalo pengunjung blog bisa datang dari mana saja, tidak hanya dari search engine. Walaupun, harus diakui pengunjung blog terbesar saya berasal dari search engine.Walaupun sudah menyadari, saya tidak memaksimalkan semua sumber-sumber tersebut. Karena saya cukup kerepotan juga kalau menggunakan semua sumber. Ngupdate blog aja udah makin jarang. Jadi saya nggak cuma cerita sumber pengunjung blog saya, tapi juga sumber pengunjung yang banyak dipakai blog lain dan menurut saya efektif serta gratis. Yak.. langsung saja, inilah sumber-sumber pengunjung blog:


Google

 Bicara sumber pengunjung blog pasti yang langsung terpikirkan adalah google. Memang tak diragukan lagi, google merupakan andalan blog untuk mendatangkan banyak pengunjung blog. Para blogger saling adu jurus SEO supaya blognya dapat berada di halaman paling depan google. Namun disisi lain, pengunjung dari google kadang kurang berkualitas. Pasti ada beberapa pengunjung yang buka blog kita karena nyasar.

Media sosial


Pengunjung Direct
Berdasarkan hasil blogwalking saya selama ini, ada beberapa blog yang mengandalkan sumber pengunjung direct. Menurut saya ini merupakan sumber yang paling berkualitas, karena pengunjung memang sudah niat untuk melihat-lihat, membaca, hingga mengomentari tulisan-tulisan di blog kita. Biasanya blog yang mengandalkan sumber ini sudah menjalin relasi dengan blogger-blogger lain. Bahkan bisa dikatakan sudah seperti membentuk jaringan blogger yang saling blogwalking. Yang bikin makin berkualitas, akhirnya antar blogger ini bisa menjalin pertemanan yang semakin akrab.

forum




 Sudah sering terdengar bahwa forum dapat dimaksimalkan sebagai sumber pengunjung blog. Apalagi yang aktif banget di forum semacam kaskus, pastinya nggak ketinggalan buat promosiin tulisan-tulisan blog ke forum dan mencantumkan link blognya di postingan forum tersebut. Tapi saya tidak mengandalkan forum sebagai sumber pengunjung blog saya karena memang saya tidak aktif dalam forum manapun. Pernah sih daftar ke kaskus. Tapi yaudah daftar doang, nggak pernah saya gunakan karena saya nggak dapet feelnya main di forum. Namun, saya pernah menemukan tulisan blog saya di repost ke kaskus oleh orang lain. Link blog saya pun dicantumkan juga. Wah bangga juga bisa dijadiin referensi buat postingan forum orang lain hehe.

situs bookmarking
 
waktu jamannya saya baru mulai paham sama dunia blogging (tahun 2010), mensubmit blog ke situs bookmarking lagi heboh-hebohnya. Banyak blog berlomba-lomba mensubmit ke berbagai situs bookmarking. Situs bookmarking makin menjamur. Namun sekarang ini saya merasa kejayaan situs bookmarking sudah berakhir. Saya cek, banyak situs bookmarking yang udah nggak ada. Tapi masih ada satu yang masih eksis dan ramai dipake banyak orang yaitu lintas.me. Situs ini bisa dibilang rajanya situs bookmarking. Situs-situs portal berita nasional banyak yang menggunakan jasa lintas.me.

Dari Blog Lain
Para blogger tentu tahu dan pernah melakukan tukar link. Dahulu (tahun 2010) tukar link juga sedang rame-ramenya dilakukan para blogger termasuk saya. Selain untuk mendapat backlink , harapannya ada orang yang melihat link blog kita dan mau membuka blog kita lewat link itu. Selain itu pengunjung dari blog lain bisa datang karena melihat komentar kita di kolom komentar dan chat box. Namun, kini chat box sepertinya sudah habis masa kejayaanya karena sudah banyak situs penyedia chatbox yang tutup dan banyak komentar spam memenuhi chat box yang dipasang diblog. Maka, sekarang ini lebih baik meninggalkan pesan di kolom komentar blog orang lain. Selain kemungkinan dapat backlink, harapannya orang lain melihat komentar kita dan tertarik mengunjungi blog kita lewat link komentar yang kita tinggalkan tersebut.

1 comments:

  1. dari yang diatas itu , cuma dari forum yang belum pernah dicoba dan merasakan.

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger