22 Juli 2013

Penampilan Memuaskan Indonesia XI (Dimuat di Koran Bola)





Sabtu kemarin, Indonesia XI bertanding melawan Liverpool di Gelora Bung Karno. Setelah kalah telak dari Arsenal, banyak pihak yang menyangka penampilan Indonesia tidak jauh beda saat melawan Arsenal. Gol-gol pun diperkirakan bakal menghujani gawang Kurnia Meiga.

 Namun ingatan buruk akan kekalahan dari Arsenal ternyata tidak berlaku bagi pelatih dan pemain Indonesia. Dalam waktu jeda yang pendek, Pelatih Jacksen F Tiago berhasil mempersiapkan skuad dengan mental dan stamina yang lebih baik untuk melawan Liverpool. Upaya Jacksen merubah komposisi skuad pun berhasil. Indonesia hanya kalah 0-2 dari Liverpool. Persepsi publik pun berbanding terbalik dengan apa yang ditunjukkan skuad Indonesia.

Permainan skuad Indonesia XI jauh lebih baik dibanding saat melawan Arsenal. Tidak terlihat menurunnya Stamina dan mental hingga akhir babak kedua. Pemain lebih percaya diri dan berani berduel dengan pemain The Reds. Bahkan Indonesia dapat beberapa kali menyerang dan cukup membahayakan gawang Liverpool. Dari segi pertahanan pun juga lebih baik. Pertahanan Indonesia lebih rapat dan disiplin.

Keberadaan pemain baru seperti Ahmad Bustomi, Taufik, Ruben Sanadi juga memberi kontribusi besar bagi Indonesia untuk berusaha mengimbangi permainan Liverpool. Penamipilan seperti inilah yang diharapkan dari Indonesia saat melawan tim besar. Walaupun hasilnya kalah, permainan mereka tidak menunjukkan mereka sedang kalah. Para pemain masih terus berusaha menyerang hingga pertandingan selesai.

 Penampilan yang memuaskan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi pemain saat melawan Chelsea nanti. Pelatih dan pemain harus lebih siap saat melawan Chelsea yang diatas kertas lebih kuat dari Liverpool. Pada akhirnya, dengan penampilan seperti itu, Indonesia dapat bermain baik saat melawan China dalam kualifikasi Piala Asia..

NB: tulisan ini dimuat di Rubrik Forum Pembaca Koran Bola 25 Juli 2013

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger