25 Juli 2013

Masalah Mental dan Stamina Timnas (Dimuat di Tabloid Soccer)




Indonesia mengalami kekalahan saat menjamu Arsenal akhir pekan kemarin. Ya sesuai dugaan, Indonesia tidak mampu mengimbangi The Gunners dan akhirnya kalah. Namun yang tak diduga adalah kekalahannya 0-7 yang sungguh telak. Banyak hal yang menjadi PR bagi pelatih Jacksen F Tiago untuk memperbaiki performa timnas. Apalagi selanjutnya Indonesia akan menjamu Liverpool dan kemudian Chelsea. Tentu Indonesia jangan sampai kalah telak lagi melawan dua klub Inggris tersebut.

Melihat pertandingan melawan Arsenal, dapat disimpulkan ada dua hal utama yang menjadi masalah pada skuad timnas yaitu mental dan stamina. Masalah mental ini mungkin terjadi karena para pemain kurang percaya diri melawan tim elit sekelas Arsenal. Mental mereka yang kurang siap membuat mereka tidak bisa bermain lepas. Namun, jika melawan tim yang sudah biasa dihadapi atau selevel, mental mungkin tidak menjadi masalah. Mungkin untuk para pemain debutan yang perlu lebih siap mentalnya.

 Kemudian, masalah stamina. Masalah tersebut memang menjadi persoalan lama bagi timnas dan sampai sekarang belum ada solusinya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa stamina para pemain timnas selalu drop saat pertengahan babak kedua. Hal tersebut berakibat pada konsentrasi bertanding yang juga menurun sehingga rawan kebobolan. Jacksen F Tiago diharapkan menemukan solusi terkait masalah stamina pemain tersebut. Jika ia berhasil memperbaiki stamina pemain dan performa timnas meningkat, ia akan diingat sebagai salah satu pelatih timnas yang sukses.

NB: Tulisan ini dimuat di Tabloid  Soccer Edisi 25 Juli 2013. Namun tulisan ini agak kurang pas dimuat setelah pertandingan Liverpool karena saya membahas tentang pertandingan Indonesia melawan Arsenal yang berlangsung sebelum pertandingan melawan Liverpool.

2 comments:

  1. sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan stamina pemain, namun melatihnya harus sedini mungkin....
    dan para pemain hendaknya memahami pola hidup sebagai atlit...

    saya pernah baca bagaimna bastian menempa dirinya sehingga Munich merekrutnya dan mempercayakan lini tengahnya pada orang ini....

    BalasHapus
  2. sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan stamina pemain, namun melatihnya harus sedini mungkin....
    dan para pemain hendaknya memahami pola hidup sebagai atlit...

    saya pernah baca bagaimna bastian menempa dirinya sehingga Munich merekrutnya dan mempercayakan lini tengahnya pada orang ini....

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger