Banner Promo

Menu Pilihan

Masalah Mental dan Stamina Timnas (Dimuat di Tabloid Soccer)




Indonesia mengalami kekalahan saat menjamu Arsenal akhir pekan kemarin. Ya sesuai dugaan, Indonesia tidak mampu mengimbangi The Gunners dan akhirnya kalah. Namun yang tak diduga adalah kekalahannya 0-7 yang sungguh telak. Banyak hal yang menjadi PR bagi pelatih Jacksen F Tiago untuk memperbaiki performa timnas. Apalagi selanjutnya Indonesia akan menjamu Liverpool dan kemudian Chelsea. Tentu Indonesia jangan sampai kalah telak lagi melawan dua klub Inggris tersebut.

Melihat pertandingan melawan Arsenal, dapat disimpulkan ada dua hal utama yang menjadi masalah pada skuad timnas yaitu mental dan stamina. Masalah mental ini mungkin terjadi karena para pemain kurang percaya diri melawan tim elit sekelas Arsenal. Mental mereka yang kurang siap membuat mereka tidak bisa bermain lepas. Namun, jika melawan tim yang sudah biasa dihadapi atau selevel, mental mungkin tidak menjadi masalah. Mungkin untuk para pemain debutan yang perlu lebih siap mentalnya.

 Kemudian, masalah stamina. Masalah tersebut memang menjadi persoalan lama bagi timnas dan sampai sekarang belum ada solusinya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa stamina para pemain timnas selalu drop saat pertengahan babak kedua. Hal tersebut berakibat pada konsentrasi bertanding yang juga menurun sehingga rawan kebobolan. Jacksen F Tiago diharapkan menemukan solusi terkait masalah stamina pemain tersebut. Jika ia berhasil memperbaiki stamina pemain dan performa timnas meningkat, ia akan diingat sebagai salah satu pelatih timnas yang sukses.

NB: Tulisan ini dimuat di Tabloid  Soccer Edisi 25 Juli 2013. Namun tulisan ini agak kurang pas dimuat setelah pertandingan Liverpool karena saya membahas tentang pertandingan Indonesia melawan Arsenal yang berlangsung sebelum pertandingan melawan Liverpool.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

2 Komentar untuk "Masalah Mental dan Stamina Timnas (Dimuat di Tabloid Soccer)"

  1. sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan stamina pemain, namun melatihnya harus sedini mungkin....
    dan para pemain hendaknya memahami pola hidup sebagai atlit...

    saya pernah baca bagaimna bastian menempa dirinya sehingga Munich merekrutnya dan mempercayakan lini tengahnya pada orang ini....

    BalasHapus
  2. sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan stamina pemain, namun melatihnya harus sedini mungkin....
    dan para pemain hendaknya memahami pola hidup sebagai atlit...

    saya pernah baca bagaimna bastian menempa dirinya sehingga Munich merekrutnya dan mempercayakan lini tengahnya pada orang ini....

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel