Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

16 Juli 2013

Masalah Mental dan Stamina Timnas

Indonesia mengalami kekalahan saat menjamu Arsenal akhir pekan kemarin. Ya sesuai dugaan, Indonesia tidak mampu mengimbangi The Gunners dan akhirnya kalah. Namun yang tak diduga adalah kekalahannya 0-7 yang sungguh telak. Banyak hal yang menjadi PR bagi pelatih Jacksen F Tiago untuk memperbaiki performa timnas. Apalagi selanjutnya Indonesia akan menjamu Liverpool dan kemudian Chelsea. Tentu Indonesia jangan sampai kalah telak lagi melawan dua klub Inggris tersebut.

 Melihat pertandingan melawan Arsenal, dapat disimpulkan ada dua hal utama yang menjadi masalah pada skuad timnas yaitu mental dan stamina. Masalah mental ini mungkin terjadi karena para pemain kurang percaya diri melawan tim elit sekelas Arsenal. Mental mereka yang kurang siap membuat mereka tidak bisa bermain lepas. Namun, jika melawan tim yang sudah biasa dihadapi atau selevel, mental mungkin tidak menjadi masalah. Mungkin untuk para pemain debutan yang perlu lebih siap mentalnya.

Kemudian, masalah stamina. Masalah tersebut memang menjadi persoalan lama bagi timnas dan sampai sekarang belum ada solusinya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa stamina para pemain timnas selalu drop saat pertengahan babak kedua. Hal tersebut berakibat pada konsentrasi bertanding yang juga menurun sehingga rawan kebobolan. Jacksen F Tiago diharapkan menemukan solusi terkait masalah stamina pemain tersebut. Jika ia berhasil memperbaiki stamina pemain dan performa timnas meningkat, ia akan diingat sebagai salah satu pelatih timnas yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts