Banner Promo

Menu Pilihan

Ratusan Orang Mengikuti Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 & 26

Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 & 26 sudah berjalan 5 pertemuan. Senin 30 Mei 2022 akan dilakukan pertemuan ke 6. Kegiatan yang diadakan Ikatan Guru TIK PGRI ini kembali "diserbu" oleh guru-guru se-Indonesia yang memiliki minat menulis. Terbukti dengan dibuat sampai 2 gelombang sekaligus yaitu gelombang 25 & 26. Artinya 1 grup WA berkapasitas 256 orang masih belum cukup menampung peserta. Maka dibuat grup lagi (gelombang 26) yang saat ini sudah dihuni oleh 162 orang. Sekarang ini grup gel 25 dihuni 248 orang. Ya sudah berkurang, karena hukum seleksi alam berlaku. Beberapa peserta keluar grup karena tidak sanggup melanjutkan pelatihan ini. Iya tidak apa-apa. Mudah-mudahan bisa ikut di gelombang selanjutnya dan sudah lebih siap.

Sejak gelombang 19, pelatihan ini selalu membuka 2 gelombang sekaligus di setiap periodenya. Sungguh luar biasa minat/keinginan menulis guru-guru di Indonesia. Walaupun awalnya pelatihan ini untuk guru-guru, kenyataanya ada juga peserta yang bukan dari guru atau bidang pendidikan. Ya pada akhirnya pelatihan ini menerima siapa saja yang memang berminat menulis. 

Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 & 26 direncanakan berlangsung  kurang lebih 2,5 bulan yaitu tanggal 18 Mei - 25 Juli 2022. Pada 14 Mei 2022, dilakukan opening ceremony melalui zoom dan live streaming youtube. Pada intinya, opening ceremony dilakukan untuk memberitahu peserta tentang aturan dan ketentuan pelatihan. Pelatihan ini berlangsung cukup lama dan ada syarat untuk peserta jika ingin lulus dan mendapat sertifikat peserta. Maka, dengan sosialisasi aturan dan ketentuan pelatihan, diharapkan peserta dapat mengikuti pelatihan sampai lulus.

Secara garis besar berikut ini susunan acara opening ceremony Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 & 26:

  1. Sambutan dari PB PGRI oleh Drs. Djoko Adi Walujo, S.T., M.M., DBA
  2. Sambutan dari Ketua Pelatihan Belajar Menulis PGRI, Wijaya Kusumah, M.Pd. atau sering disapa Omjay
  3. Sambutan perwakilan narasumber oleh Ibu Sri Sugiastuti dari Solo dan Bapak Dail Ma'ruf dari Serang.
  4. Perkenalan Tim Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI
  5. Testimoni alumni Pelatihan Belajar Menulis PGRI 
  6. Sosialisasi Aturan dan ketentuan Pelatihan Belajar Menulis PGRI oleh Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
  7. Tanya-jawab

Berikut ini rekaman acara opening ceremony tersebut.


Saya dibantu Bu Aam dan Pak Dail, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Saya senang banyak peserta bertanya, artinya mereka antusias ingin ikut pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Peserta bertanya menunjukkan ingin memahami teknis pelatihan ini agar bisa mengikuti sampai lulus.

Grup WA gelombang 25 dibuat oleh saya pada tanggal 11 April 2022. Biasanya Omjay yang membuat, namun menjelang mau pembukaan gelombang baru, masih belum ada grup gelombang 25. Maka atas seizin Omjay, saya membuat grup gelombang 25. Grup gelombang 26 juga saya yang membuat. Melihat grup 25 sudah penuh (256 orang), dan sebagian narasumber masih belum masuk grup, maka dibuatlah grup gelombang 26 agar narasumber yang belum masuk grup, bisa masuk di gel 26.

Syarat kelulusan pelatihan ini cukup menantang yaitu peserta wajib membuat 20 resume di blog dan membuat buku solo. Agar bisa mencapai target tersebut, saya sudah menyiapkan sistemnya. 

Untuk syarat 20 resume, saya membuat form pengumpulan resume. Setiap selesai membuat resume, peserta mengisi form tersebut. Saya juga menampilkan hasil pengumpulan resume di blog www.pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com. Jika saya urutkan nama peserta sesuai abjad maka akan terlihat setiap peserta sudah mengumpulkan berapa resume. Maka peserta bisa mengecek sendiri berapa resume yang sudah dikumpulkan. 

Banyak peserta yang belum tahu sama sekali apa itu blog, sebagian lainnya baru bisa membuat tapi belum bisa menggunakannya. Maka saya membuat kelas dasar blogspot. Puji Tuhan terlaksana 3 kali di sepanjang April-Mei 2022 yaitu angkatan 4, 5, dan 6. 

Baca juga: Geliat Literasi: Membuat Pelatihan Blog

Untuk syarat buku solo, saya membuat form bukti buku terbit. Peserta yang sudah membuat buku solo, mengisi form tersebut. Saya memberikan sertifikat pelatihan berdasarkan isian form tersebut. 

Sistem yang jelas seperti itu diharapkan bisa menjadi patokan peserta untuk memenuhi syarat dan terhindar dari kebingungan dalam mengikuti pelatihan ini

   



Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

8 Komentar untuk "Ratusan Orang Mengikuti Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 & 26"

  1. Alhamdulillah, terimakasih banyak pak...sebagai peserta saya sangat bersyukur sekali sudah tergabung di grup ini, dan sampai saat ini berkat Belajar berlatih menulis di grup ini bersama PGRI Omjay, dan tim Solitnya yang luar biasa saya sudah belajar menulis. Dan sudah bisa pula mempublikasikan tulisan tersebut di media online compasiana dan jg di grub -grup WA serta medsos lainnya. Sekali lagi Saya aturkan terimakasih banyak untuk semua nya pak...

    BalasHapus
  2. Hehe, dua bulan ini maraton menyiapkan lokakarya 7 PGP sampai-sampai g bisa ikut acara pembukaan. Makasih Om Ian dah berbagi ttg opening Ceremony angkatan 25-26.

    BalasHapus
  3. Sekali lagi makasih banyak Om...

    BalasHapus
  4. Terimakasih pak Brian utk penjelasannya... Gusti Mberkahi...

    BalasHapus
  5. Mantapzz om.
    Biar ada kenang2nya untuk tiap moment PGRI

    BalasHapus
  6. Senang rasanya bs mengetahui dan mengikuti kegiatan ini. Sukses selalu untuk acaranya...

    BalasHapus
  7. BM PGRI adalah suatu wadah yang banyak peminat untuk belajar menulis karena lebih paham alur dalam proses pembelajaran dan peserta akan muda membuat buku solo dengan bahan resume yang di buat oleh peserta ,tentu paktor pendukung agar terbiasa mental menulis buku antologi juga harus ikut ,tanpa ikut ini mentalnya kurang percaya diri .terima kasih BM PGRI.

    BalasHapus
  8. Belajar Menulis PGRI Semakin cetar

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel