Buku Perdana

Menu Pilihan

Memahami Persepakbolaan di Tangerang

Belum lama ini terdapat klub baru asal Tangerang yang akan bertarung di Liga 2. Klub tersebut adalah Dewa United. Berdirinya klub tersebut cukup menarik perhatian karena beberapa faktor. Mulai dari namanya, logonya, stadionnya, dan partisipasinya yang langsung loncat ke Liga 2. Ya memang sistem sepak bola Indonesia memperbolehkan Dewa United langsung ikut Liga 2, karena klub ini sebelumnya mengakusisi salah satu klub Liga 2 yaitu Martapura FC. Untuk stadion, sempat menjadi perbincangan hangat. Dewa United berencana menggunakan Indomilk Arena, tapi Persita menolaknya.

Bicara Tangerang, sebenarnya tidak merujuk pada satu daerah saja. Ada 3 daerah yang menggunakan kata "Tangerang" yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang. Saya jadi ingin memetakan klub sepak bola dan stadion di tiga daerah tersebut. Termasuk mencari tahu Dewa United itu sebenarnya bermarkas di Tangerang yang mana.

Klub Sepak Bola

Klub paling terkenal adalah Persita yang berasal dari Kabupaten Tangerang. Persita saat ini merupakan kontestan Liga 1. Kemudian ada Persikota yang bermain di Liga 3, berbasis di Kota Tangerang. Pada era 2000-an, kedua klub ini pernah bersama-sama berada di Divisi Utama, kasta tertinggi sepak bola Indonesia saat itu. Lalu Bagaimana dengan Tangerang Selatan ? Apa klub sepak bolanya ? klubnya yaitu Persitangsel. Namun klub tersebut masih berkutat di Liga 3

Nah kalau Dewa United masuk tangerang yang mana ? Katanya sih bermarkas di Tangerang Selatan. Rencananya akan membuat stadion sendiri. Sambil menunggu, untuk sementara akan menggunakan Indomilk arena.

Stadion

Stadion Benteng Taruna/Sport Center Dasana Indah/Indomilk Arena/

sumber gambar: www.football5star.com

Stadion anyar ini terletak di Kabupaten Tangerang. Persita pun akhirnya punya markas sendiri, sehingga tidak lagi berbagi dengan Persikota di Stadion Benteng. Saya pernah salah sangka terhadap stadion yang dibangun tahun 2014 ini. Dahulu saya mengira bahwa stadion ini merupakan hasil renovasi dari Stadion Benteng, karena namanya sama-sama "Benteng". Saya kira setelah renovasi jadi ditambah kata "Taruna". Ternyata Benteng Taruna merupakan stadion baru yang dibangun dari nol. Lokasinya pun terpisah jauh dengan Stadion Benteng. 

kedua stadion terpisah jarak 14 km


 
Stadion Benteng
Ketika stadion Benteng Taruna berdiri, Stadion Benteng masih terbengkalai.  Namun sekarang Stadion Benteng sudah mengalami perubahan. Stadion itu mengalami renovasi pada 2020. Kini, sudah terlihat tribun barat terpasang kursi single seat dan tidak terkesan kumuh lagi. Persikota bisa memakai stadion ini setelah fatwa larangan penggunaan stadion ini dicabut tahun 2018.




Stadion Mini Ciputat
Kota Tangerang Selatan sendiri belum memiliki stadion yang representatif. Stadion yang ada saat ini masih berupa stadion mini, yaitu stadion mini Ciputat. Stadion tersebut masih bisa digunakan karena Persitangsel masih berkutat di Liga 3.


Belum ada Komentar untuk "Memahami Persepakbolaan di Tangerang"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Terima kasih sudah berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel