Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

BUKU TERBARU

Buku Aksi Literasi Guru Masa Kini

Judul: Aksi Literasi Guru Masa Kini Penulis: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd  Penerbit: Gemala  Tebal: viii + 94 halaman Tahun Terbit: M...

15 Juni 2020

Menjaga Konsistensi Ngeblog 11 Tahun

Saya ceritakan  bagaimana awalnya saya ngeblog. Pertengahan tahun 2009, saya menginjak masa akhir SMA. Teman saya mengajak saya untuk membuat blog. Saya diperkenalkan blog blogspot (blogger.com). Awalnya saya tidak tahu apa gunanya blog. Apakah fungsinya sama seperti facebook ? Lama kelamaan saya mulai tahu bahwa blog sebagai media publikasi online. Bisa berupa tulisan, gambar, atau video. 


Namun dahulu saya masih bingung mau memposting apa. Saya sendiri belum merasa memiliki passion menulis. Maka yang saya lakukan adalah menulis ulang artikel-artikel unik yang terdapat pada koran/tabloid.  Bahkan saya juga melakukan dosa besar yaitu mengcopy paste artikel dari web/blog. Tentu hal itu tidak untuk dicontoh. Ketika itu saya belum teredukasi mengenai haramnya copy paste artikel blog orang lain. Masih untung, blog saya tidak di banned oleh google.


Jadi jelas saya membuat blog karena diajak teman, bukan karena keinginan sendiri. Maka pertanyaan selanjutnya adalah mengapa tetap mau ngeblog sampai sekarang ?  Mengenai hal itu, kata kuncinya adalah motivasi.


Saya memiliki motivasi berbeda-beda dari masa ke masa yang membuat saya tetap mau ngeblog. Di awal masa ngeblog, motivasi saya adalah statistik blog. Saya merasa senang jika blog saya punya banyak pengunjung. Selain itu saya juga senang jika banyak halaman saya yang berhasil tembus halaman pertama google. Komentar pengunjung juga menambah semangat ngeblog. Bisa dilihat bahwa motivasi tersebut berorientasi pada hasil yang dicapai dari ngeblog.


Berbeda dengan motivasi ngeblog sekarang ini. Orientasinya adalah target. Dunia blog mengalami tren yang menurun dan digantikan dengan tren vlog dan youtuber. Banyak blogger yang meninggalkan blog dan beralih menjadi youtuber. Hasil-hasil yang dicapai dari ngeblog pun mulai pudar. Maka motivasi saya sekarang ini adalah untuk memenuhi target. Jadi jika tidak mendapat hasil yang memuaskan, setidaknya kita memenuhi target-target sederhana yang kita tetapkan sendiri. Dengan terpenuhinya target tersebut, semangat kita untuk ngeblog masih terjaga.


Dahulu  saya menargetkan untuk memposting minimal seminggu sekali. Namun jujur saja bahwa tidak mudah mempertahankan konsistensi menulis di blog, apalagi sampai tahun ke-11  di tengah tren yang sudah berubah. Ditambah lagi sebelum bergabung dengan grup menulis Om Jay, saya tidak punya grup/komunitas blogger. Tidak ada orang lain yang memberi dukungan dan semangat untuk menulis.  Dengan kondisi seperti itu maka saya turunkan target saya setidaknya ada postingan setiap bulan. Walaupun  tidak sesering saat awal-awal ngeblog, setidaknya konsistensi untuk tetap menulis di blog masih terjaga.  


27 komentar:

  1. Wow..berarti a bram mengalami hal seperti pemula lain nya..mantap karena selalu punya motivasi😊

    BalasHapus
  2. sangat memotivasi narasumber muda kita

    BalasHapus
  3. Mari kita menjaga konsistensi dalam menulis di blog.

    BalasHapus
  4. Meotivasi untuk terus menulis di blog

    BalasHapus
  5. Motivasi yang terpenting....

    BalasHapus
  6. Hampir sama blog saya dibuat 2011 baru aktif lagi 2020 sampai terpikir mungkin blog sudah terhapus ... mantap... motivasi kuncinya

    BalasHapus
  7. Memotivasi untuk terus menulis di blog

    BalasHapus
  8. Konsistensi memang butuh perjuangan

    BalasHapus
  9. Menjadikan inspirasi untuk tetap semangat belajar menulis dan menhasilkan karya..slm sukses Pak Brian ...

    BalasHapus
  10. Menjadikan inspirasi untuk tetap semangat belajar menulis dan menghasilkan karya ..salam sukses Pak Brian

    BalasHapus
  11. Kisah yang menginspirasi dan memotivasi agar tetap konsisten menulis ....

    BalasHapus
  12. Cukup memotivasi...perlu konsentrasi & konsistensi tentunya...semangat...

    BalasHapus
  13. Kisah yang menginspirasi dan memotivasi agar tetap konsisten menulis ....

    BalasHapus
  14. Smangatnya patut di contoh mas Brian..👍

    BalasHapus
  15. mantul, kajian untuk motivasi sy ngeblog

    BalasHapus
  16. Motivasi yang menginspirasi karena tetap konsisten menulis di blog. Terima kasih ilmunya Pak Brian.

    BalasHapus
  17. Sangat inspiratif dan berbagi pengalaman yg yes ok...saluttt

    BalasHapus
  18. Hampir2 sama ya umur ngeblognya...
    Motivasi saya adalah eksis, ketika nama saya diketik dimesin pencari, langsung merujuk pada saya.

    Kemudian blog bagi saya adalah 'rumah' untuk ingatan yang tak semuanya bisa disimpan di kepala. Itu motivasi saya sampai saat ini bertahan blog tetap lebih baik. Kebetulan sy gak terlalu suka dengan video editing dll. Media blogging yang bisa saya akses dengan mudah, bahkan sambil pup pun bisa. I like blogging 😎

    BalasHapus
  19. Kuncinya tetap motivasi diri yaa kak brian...

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id


Instagram @brianprasetyawan

Facebook Raimundus Brian Prasetyawan