Buku Perdana

Menu Pilihan

Keuntungan menggunakan domain .com (Top Level Domain - TLD)

freepik.com


Hadirnya blog membuat semua orang dapat dengan mudah memiliki platform online. Bahkan blog tidak saja digunakan untuk kepentingan pribadi, tapi mulai digunakan untuk bisnis, organisasi, dan korporasi. Kemudahan pembuatan dan penggunaan blog menjadi keunggulan dibanding web. Satu lagi yang paling penting yaitu Gratis ! Ya... membuat blog tidak membutuhkan biaya. Mudah dan Gratis tentu menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk menggunakannya.

Namun seiring berjalannya waktu, ketika seseorang sudah lama ngeblog, ia merasa perlu meningkatkan (mengupgrade) blognya. Hal tersebut banyak dirasakan blogger, termasuk saya. Salah satu hal yang dapat ditingkatkan adalah penggunaan top level domain. Mungkin bagi sebagian orang istilah itu agak asing. Anda tahu domain .com, .id, .co.id, .org, .net ? Itulah contoh-contoh top level domain.
Memang untuk menggunakan top level domain (TLD) pada blog, harus membayar sewa per tahun. Namun biaya tersebut akan sebanding dengan manfaat yang akan didapat. Apa saja manfaat menggunakan top level domain ?

1. Alamat blog lebih pendek
Tentu hal ini sangat terlihat begitu menggunakan TLD. Misalnya blog saya ini. Dahulu alamat blognya cukup panjang yaitu www.praszetyawan.blogspot.com.  Sekarang menjadi www.praszetyawan.com. "blogspot" akan hilang dari alamat blog. Dengan alamat blog yang lebih pendek, orang lain akan lebih mudah mengingat blog kita.

2. Lebih profesional 
Inilah manfaat utama dari menggunakan TLD. Manfaat ini akan terasa bagi yang menggunakan blog untuk keperluan bisnis atau meningkatkan citra/branding. Dengan TLD, orang akan lebih percaya bahwa situs itu dimiliki dan dikelola oleh lembaga/sosok yang profesional. Maka trust klien/konsumen terhadap kita akan meningkat.

3. Lebih cepat terindeks google
Ketika memiliki blog, tentu kita ingin blog dapat masuk halaman pencarian google. Kalau bisa masuk halaman pertama. Jika blog eksis di google, maka besar kemungkinan banyak orang yang mengunjungi blog kita. Penggunaan TLD berpengaruh membuat postingan blog kita cepat terindeks google. blog dengan domain TLD juga akan lebih kuat bersaing untuk menempati halaman pertama google

4. Mudah diterima adsense
Ini salah satu keuntungan yang turut ikut kita rasakan jika menggunakan TLD. Kita tahu bahwa blog bisa dipasang iklan dari google adsense sehingga blog kita dapat memberi penghasilan. Namun blog tidak serta merta bisa langsung dipasang iklan. Ada ketentuan yang harus dipenuhi. Pengajuan blog agar bisa memasang adsense merupakan tantangan tersendiri. Banyak blogger yang berulang kali mendaftarkan blognya namun ditolak google.

Penggunaan TLD termasuk salah satu faktor yang dapat memperkuat blog kita agar diterima oleh google adsense. Namun penggunaan TLD bukan satu-satunya faktor penentu yang membuat blog diterima adsense.  Setidaknya TLD membuat peluang blog ditolak semakin kecil.

5 Komentar untuk "Keuntungan menggunakan domain .com (Top Level Domain - TLD) "

  1. kereeenn. Untung sy udah pakai .com hehehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... Pak Brian sudah ajarin Bunda lebih professional, dan kereen tentunya. Supaya sepadan dengan nama yang di sandang ibu guru cantik secantiknya yang sudah berbayar.
    Mari lirik sedikit blog nya ibu guru cantik yaa... www.guruinspirasintt.com

    Salam Sehat dari Kupang - NTT

    BalasHapus
  3. Pakai TLD emang lebih keren sih dan ada kebanggaan tersendiri gitu hehe

    BalasHapus
  4. Aku masih pake blogspot dan udah ada adsensenya.. Tapi traffic masih sepi.. Pengen ganti ke tld biar ada job job kayak blogger gitu.. Hehehe

    Matre banget kan gueee.. Hahahaha

    BalasHapus
  5. bener juga, pake TLD agak lebih keren aja

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel