Banner Promo

Menu Pilihan

Inspiring Blogger For Me (1)

Ide postingan ini sebenernya udah dari bertahun-tahun yang lalu. Dari jaman kuliah. Tapi nasibnya hanya menjadi penghuni draft blog aja. Yaa mau gimana lagi. Yang punya blog kayak gini sih. Angot-angotan hihihii. Akhirnya, setelah melewati masa kuliah - dua tahun kerja, saya baru niat nerusin postingan ini

Setiap blogger dalam perjalanannya menggeluti dunia blog, pasti secara sadar maupun tidak, pernah terinspirasi atau terpengaruh dari blogger lain. Berkat blogger yang menginspirasi itu, membuat ada yang jadi terpengaruh untuk ikut membuat blog juga, terinspirasi gaya menulisnya, sampai terinspirasi tema konten blognya.

Banyak blogger yang terinspirasi dari blogger ternama seperti raditya dika, benablog, shitlicious, dll. Kalau saya gimana ? Apakah juga terinspirasi dari blogger yang dikenal oleh sejuta umat tersebut ? Nyatanya tidak. Inspirator saya juga ordinary blogger. Kalaupun ada yang terkenal, mereka terkenal pada suatu kelompok pertemanan blogger tertentu saja.

Inspirasi dari blogger lain belum berperan ketika saya pertama kali membuat blog. Saya membuat blog murni karena iseng-iseng cobain bikin blog aja, karena diajakin sama +David Prasetyo. Di perjalanan selanjutnya barulah ada peran blogger lain yang menginspirasi saya.

Sylvia Adi Carlina
Beberapa bulan pertama saya belum nemu feeling asyiknya ngeblog. Barulah di bulan keenam saya mulai ngerasain asyiknya utak-atik widget blog. Itu berkat terdampar di sylviajah.blogspot.com. Saat itu tampilannya menarik saya untuk mempelajari widget blog. Dari situ saya kenal adsensecamp, shoutbox, dan widget lainnya  Namun sayang, kini blog tersebut sudah nggak jelas nasibnya. Pemiliknya sepertinya juga bukan Sylvia lagi.

Kang Rohman

Masa awal ngeblog saya dipenuhi dengan kegemaran utak atik widget, template, dan html blog. Untuk mendapat pengetahuan mengutak-atik tersebut tentu saya banyak googling. Namun lama-kelamaan saya menyadari kalau tutorial yang saya dapatkan kerap kali berasal dari blognya kang rohman, yang beralamat di http://kolom-tutorial.blogspot.co.id/. Kalau kalian blogger sekitar 2009an mungkin juga tahu ya. Saat itu bisa dibilang blognya beliau udah jadi kiblatnya para blogger kalau lagi nyari tutorial blog.

Dari blog kang Rohman tersebut, lama-kelamaan saya terinspirasi juga untuk membuat blog yang berisi tutorial blog. Akhirnya saya membuat Taman Belajar Blog. Saat itu memang sedang tren blog-blog bertema tutorial blog. Tapi tetep aja blognya kang rohman yang no 1 hehe.

Kang Yudiono (Blogodolar)
Setelah gemar utak-atik blog, mata saya mulai terbuka mengenai mendapat penghasilan dari blog. Itu tak lain dan tak bukan berkat blogodolar. Setelah tak sengaja terdampar kesitu, saya mulai tertarik untuk meraih penghasilan dari blog. Bisa dibilang blogodolar kiblatnya blogger untuk belajar bisnis online. Saya pelajari cara-caranya mulai dari pasang iklan PPC, paid to review, penggunaan paypal, dll. Saya mulai terbenam dalam khayalan serunya mendapat penghasilan dari blog. Namun nyatanya saya nggak mampu menekuninya. Kalau nggak salah, penghasilan saya dari adsense camp mentok pada nominal 20rebu. Untuk batas minimal pencairan tunai aja blm cukup -__-".

Bang Nuel
Setelah nyerah dengan penghasilan dari blog. Akhirnya saya lebih membumi. Saya cukup merasa kepuasan ngeblog itu datang dari jalinan relasi dan interaksi dengan sesama blogger. Itu saya rasakan setelah terinspirasi dari blognya Bang Nuel (http://www.immanuel-notes.com/). Ternyata dia kakak angkatan saya di atma tapi beda fakultas. Kenalnya malah justru dari ngeblog. Di setiap postingannya selalu banyak yang berkomentar. Ada beberapa blogger yang rutin mengomentari postingannya. Dan dari komentarnya terlihat bang nuel dengan para blogger itu sudah akrab. Dari relasi itu Bang Nuel berhasil menyelesaikan berbagai project buku berkolaborasi dengan para blogger tersebut.

Saya pun terinspirasi juga untuk menjalin relasi yang lebih intens dengan blogger lain. Saya bolak-balik blogwalking dan berkomentar ke blog-blog lain. Hasilnya saya mulai mendapat feedback. Blogger lain membalas kunjungan saya dan berkomentar di postingan saya. Postingan saya mulai ramai dengan komentar. Dan cukup disitu saya merasa senang. Tapi feedbacknya mentok sampai disitu aja sih. Jalinan relasi saya masih kurang intens sehingga belum mampu ikut andil dalam suatu project bareng blogger lain


Masih ada tiga blogger lagi yang menjadi inspirasi buat saya. Ditunggu ya postingan lanjutannya (yang bikin postingan lagi ngumpulin niat dulu nih hihihi)
Inspiring Blogger For Me (2) >>
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

2 Komentar untuk "Inspiring Blogger For Me (1)"

  1. Thank you apresiasinya ya! Sorry baru baca lagi nih. Banyak kesibukan akhir-akhir ini. Hehe. Btw, sebagai balasannya, aku kasih backlink aja ya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehh iya ya sibuk ya, agenda penulis buku padat hehe. Memang Bang Nuel ini panutan. Dari ngeblog hingga akhirnya jadi penulis profesional. Hal yang masih sekedar impian buat saya hehe

      Hapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel