Banner Promo

Menu Pilihan

Pengalaman Pertama Mengganti Domain Blog


Biasanya jika sudah ngeblog dalam jangka waktu yang cukup lama, para blogger akan mengupgrade blog mereka. Salah satunya dengan mengganti subdomain blogspot.com menjadi domain .com. Penggantian domain tersebut sudah menjadi hal biasa bagi para blogger. Namun, setelah hampir 6 tahun ngeblog, saya belum memikirkan mengganti domain blog saya. Saya malah berpikir untuk tidak akan menggantinya karena mengganti domain akan posisi blog kita di google akan tergusur dan mesti melakukan optimasi dari nol. Itu sudah terbukti pada blog teman saya.

 Namun akhirnya saya bisa mencoba mengganti domain blog. Hal itu saya lakukan pada blog sekolah tempat saya bekerja. Saya mengusulkan blog sekolah diganti domainnya menjadi .com dan itu disetujui. Akhirnya setelah ngajar ekskul pada sabtu siang tanggal 28 Ferbuari 2015 saya mulai mencoba-coba mengganti domain.

Blog sekolah

Pertama saya memilih web penyedia domain. Setelah searching di google, saya memutuskan memilih idwebhost. Saya memilihnya karena harganya murah dan dilihat dari desain dan isi webnya cukup meyakinkan. Ya memang penilaian yang sangat subjektif. Saya cukup "deg-degan" juga melakukan penggantian domain ini karena ini merupakan pengalaman pertama, nggak ada yang ngarahin, dan ini buat sekolah. Ditambah lagi proses ini juga memerlukan transfer uang untuk sewa domainnya. Kalo misalnya ada masalah dan membuat gagal, jadi nggak enak saya sama kepsek.  

Untuk langkah awal, saya registrasi di web idwehost lalu dilanjutkan dengan memilih domain dan jangka waktu penyewaan domain. Saya memilih domain .com untuk jangka waktu sewa selama 5 tahun. Ya jadi 5 tahun lagi domain itu baru akan diperpanjang lagi. Di idwebhost harga sewa .com pertahunnya adalah Rp 95.000. Setelah itu muncul faktur pembayaran domain. Untuk mengaktifkan domain, saya harus mentransfer dahulu biaya sewanya.

Nah ini yang membuat "deg-degan". Saya bertanya-tanya apakah setelah saya mentransfer, konfirmasi pembayaran dari mereka akan makan waktu lama ? apakah pengaktifannya butuh waktu lama juga ? apakah porses pengaktifannya rumit ? Apakah jika sudah aktif, blognya bisa terindeks google ? Walau begitu saya tetap lanjutkan untuk mentransfer biaya sewa domain. Setelah itu saya harap-harap cemas menunggu email konfirmasi dari idwebhost. Namun ternyata kekhawatiran saya itu sepertinya berlebihan hehe. Justru diluar dugaan semua proses itu berlangsung dalam waktu cepat.

Langsung pada malam harinya, saya mendapat email konfirmasi itu. Yesssss!!!! Bahkan ternyata email itu sudah masuk dari jam 3 sore (hadeuh telat banget buka emailnya). Tahap selanjutnya pengaktifan domain. Domain harus dikonfigurasi dari blogger ke idwebhost. Sebenarnya prosesnya nggak terlalu rumit, cuma memang butuh ketenangan, kesabaran, dan ketelitian. Setelah pengkonfigurasian selesai, katanya ditunggu dahulu 6-8 jam. Setelah itu domain telah aktif.

Dan ternyata benar keesokan hari setelah bangun tidur, domain .com nya udah bisa membuka blog sekolah saya. Selanjutnya adalah melakukan optimasi. Saya melakukan optimasi standar yaitu mendaftarkan url blog ke webmaster google dan mensubmit ke google. Ternyata hasil terindeksnya blog cepat juga. Kalau nggak salah dalam waktu 2-3 hari blog sekolah saya sudah bertengger di halaman 1 atau 2 google, tergantung keyword yang diketik.

.     Terindeks di halaman 1 google dengan keyword "sd santo mikael jakarta"

Ya... akhirnya saya berhasil mengganti domain blog dengan proses dan hasil yang memuaskan. Walaupun bukan blog sendiri, tapi setidaknya saya dapat menambah pengalaman baru dalam aktivitas ngeblog saya.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

7 Komentar untuk "Pengalaman Pertama Mengganti Domain Blog"

  1. Wahh.. jadi kepingin juga punya domain blog sendiri. Tapi berhubung blognya masih baru, perlu kepastian juga bakal konsisten ngeblog apa enggak.

    meldaonrain.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Itu 95rb buat 5 tahun atau per tahun 95rb mas?

    Ini provider domainnya terpercaya kah? Kmrn googling pada pasang 100rb buat .com Kl ada yg murah, jd ragu takut namanya nggak segera bisa dipakai (hasil googling juga).

    BalasHapus
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  4. @Musim Hujan: justru mumpung masih baru, langsung ganti domain aja. Coba 1 tahun aja dulu. Tapi ya butuh modal hehe.

    @Nindy: 95ribu per tahun kalau 5 tahun jadi 475ribu. Iya sepertinya terpercaya. Ya memang saya juga googling ada beberapa yg kurang puas sama provider itu. Tapi kalo saya sih sampe skrg masih puas. Saya sudah ceritakan, domainnya bisa dipakai bahkan terindeks google.

    @Fikri: terimakasih :)

    BalasHapus
  5. mengganti domain itu memang nggak mudah.
    dulu saya juga agak kerepotan waktu ngurusin domain ini...
    dan ketika sudah diutak-atik, harus nunggur beberapa jam untuk bisa diproses.

    salam kenal ya :)
    btw, followback blog dong mas...
    hehehe

    BalasHapus
  6. Hehe iya bener mas. saya juga kerepotan dan emang mesti sabar hehe

    BalasHapus
  7. gan, ane baru ganti alamat domain dari yayan-vampire.blogspot.com menjadi www.yayanabusofyan.tk, konformasi lewat google webmaster sudah tapi properti belum juga berubah masih yayan-vampire.blogspot.com kira kira belapa lama ya gan alamat site bakal berubah digoogle webmaster?? mohon bantuan dan kalo iseng atau senggang mampir ke blog ane ya, didalemnya ada tutorial menggambar langsung dikomputer dengan teknik cepat n cara buat animasi ada juga karya karya ane yang diposting.

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel