Banner Promo

Menu Pilihan

Koleksiku: Koran

Banyak orang yang memiliki hobi mengkoleksi suatu barang. Biasanya barang yang terkenal untuk dikoleksi adalah barang kuno, replika mobil, buku, perangko dan lainnya. Gw juga punya hobi mengkoleksi barang. Namun koleksi gw ini mungkin agak nggak biasa karena koleksi gw adalah koran.

Buat orang lain sih koran yang sudah dibaca atau yang edisi lama, langsung disingkirkan. Mungkin buat bungkus atau alas sesuatu. Tapi buat gw nggak. Setiap gw nemu judul koran yang belum pernah gw liat, gw bakal beli dan nggak gw buang kemudian. Tapi gw simpan.

Tapi selain gw juga ada beberapa orang yang suka koleksi koran, bahkan ada yang diliput stasiun TV. Ada yang sudah memiliki ratusan hingga ribuan koleksi dari jaman dulu sampe sekarang, dari dalam negeri maupun luar negeri. Luar biasa. Gw pengen menjadi kolektor koran yang sukses seperti mereka hahaha

Kegiatan gw untuk mengkoleksi koran juga belum seekstrim seperti kolektor lain yang rela jauh-jauh ke luar kota atau merogoh kantong dalam-dalam  buat mendapatkan koleksi barunya. Gw juga belum sampe memesan langsung ke redaksi suatu koran untuk dikirimkan ke gw. Tapi mungkin itu gw bakal lakukan di masa depan hehe

Untuk sekarang ya gw cuma melihat-lihat kios koran, gw perhatiin apakah ada koran yang belum gw punya. kalo ada ya gw mampir ke kios itu dan membelinya.

beberapa koleksi koran gw

Mengkoleksi koran juga tidak membutuhkan biaya mahal. Ya taulah, koran harganya di bawah 5000 semua kan, kecuali koran berbahasa inggris kayak The Jakarta Post. Hal itu juga sesuai buat kantong mahasiswa kayak gw hehe

Gw udah lupa gimana awalnya gw bisa tertarik dan mulai mengkoleksi koran. Tapi yang gw inget gw mulai koleksi sejak SMP, itu tahun 2005an. Koran pertama gw sudah pasti Kompas. Karena bapak gw suka bawa koran itu ke rumah dari sekolahannya.

Sekarang, koran yang udah gw koleksi cuma ada sekitar 30 judul, ya belum sampe ratusan apalagi ribuan. Itu juga koran yang beredar di Jakarta dan sekitarnya. Bagusnya sih ada beberapa koran Jawa Tengah, itu juga karena mumpung gw pulang kampung. 

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Koleksiku: Koran"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel