Banner Promo

Menu Pilihan

Tentang Hat-trick

Dalam dunia sepak bola istilah hat-trick pastinya sudah popular. Banyak orang yang sudah tahu kalau istilah itu disematkan ketika tiga gol dimasukkan oleh satu pemain yang sama dalam satu pertandingan.
Sebenarnya hat-trick secara harfiah artinya tipuan topi. Lalu apa hubungannya dengan dunia olahraga khususnya sepak bola ? hubungan itu berasal dari peran pemain kriket HH Stephenson. Dia mencetak tiga wicket dari tiga bola yang didapatnya secara berturut-turut pada tahun 1858. Karena kehebatannya dia diberi topi putih dari klubnya.
Dari sinilah istilah hat-tick mulai dikenal hingga dipakai di cabang-cabang lain dengan deviasi makna. Namun tak diketahui secara pasti kapan istilah hat-trick masuk ke sepak bola.
Pada awalnya istilah ini menunjukkan tiga gol yang dimasukkan berturut-turut oleh seorang pemain, tanpa diselingi gol dari pemain lain. Namun seiring berjalannya waktu istilah itu diperlunak. Seorang pemain cukup mencetak tiga gol dalam satu pertandingan, tidak perlu harus berturut-turut atau dilesakkan dalam satu babak.

Tahukah anda kalau hat-trick ada dua macam yaitu:

  • Flawless atau German Hat-Trick
Hat-trick jenis ini memiliki dua syarat. Pertama, ketiga gol dicetak secara beruntun. Kedua, ketigannya harus diciptakan dalam satu babak. Orang-orang Jerman masih berpegang teguh kalau hat-trick harus seperti itu maka disebut juga German Hat-trick.

  • Perfect Hat-Trick
Ketiga gol harus dicetak dengan cara lengkap. Satu gol dicetak dengan kaki kanan, satu dengan kaki kiri, dan satu lagi lewat sundulan.

Hat-trick tercepat di Liga-liga utama Eropa
  1. Eredivisie
Nama : Jan Seelen
Klub : Ajax Amsterdam
Momen : SHS 2-9 Ajax, 1959
Rentang waktu : 2 menit

  1. Premierleague
Nama : Robbie Fowler
Klub : Liverpool
Momen: Liverpool Vs Arsenal, 1994
Rentang waktu : 4 menit, 32 detik
  1. Liga BBVA
Nama : David Villa
Klub : Valencia
Momen : Bilbao 0-3 Valencia, 23 April 2006
Rentang waktu : 5 menit
  1. Ligue 1
Nama : Matt Moussilou
Klub : OSC Lille
Momen : Lille 8-0 FC Istres, 2 April 2005
Rentang waktu :
  1. Bundesliga 1
Nama : Michael Toennies
Klub : MSV Duisburg
Momen : Duisburg 6-2 Karlsruhe, 17 Agustus 1991
Rentang waktu : 6 menit
  1. Serie A
Nama : Andriy Shevchenko
Klub : AC Milan
Momen : Perugia 0-3 Milan, 30 Januari 2000
Rentang waktu : 7 menit

Serba-Serbi Hat-trick
✅Orang pertama yang melakukan hat-trick di sepak bola adalah Walter Tait di Liga Inggris tanggal 15 september 1888.

✅Orang yang paling cepat melakukan Hat-trick adalah Tommy Ross dengan waktu yang dibutuhkan: 90 detik. Itu terjadi saat dia membela tim asal skotlandia Ross Country melawan Nairn County pada 28 November 1964.

✅Stan Van Den Buys adalah satu-satunya pemain yang mencetak hat-trick bunuh diri. Akibatnya Germinal Ekeren kalah 2-3 dari Anderlecht.

✅Bert Patenaude adalah pencetak hat-trick pertama di Piala Dunia, saat AS menang atas Paraguay 3-0 pada 17 Juli 1930.

✅Jose Luis Chilavert adalah satu-satunya kiper pencipta hat-trick hingga saat ini. Itu terjadi pada pertandingan Velez Sarsfield 6-1 Ferro Carril Oeste pada 1999. Tiga gol ia cetak melalui titik penalti.

Sumber: Tabloid Soccer
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

1 Komentar untuk "Tentang Hat-trick"

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel