Buku Perdana

Menu Pilihan

Mengenal Pengaturan Kolom Komentar Blog


Selama tahun 2020 saya bergabung di sejumlah grup WA yang berisi para guru blogger. Sebagian besar merupakan grup-grup WA yang dibuat oleh Om Jay.  Banyak guru-guru yang baru pertama kali menggunakan blog sehingga tidak jarang menemui kendala. Dari beragam kendala tersebut, salah satu yang sering saya temukan adalah terkait berkomentar di blog. 

Melihat hal itu, maka saya mengangkat tema "fitur komentar blog" pada kegiatan Sabtu Blogging  (9/1) di Grup WA Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal).  

Pemilik blog harus memahami apa saja pengaturan pada kolom komentar blog dan konsekuensinya. Dengan begitu, pemilik blog dapat menjelaskan ketika pengunjung mengalami hambatan ketika ingin berkomentar. Bukan justru malah ikutan bingung hehe. 

Untuk lebih jelasnya, silakan simak dua video ini

Mengenal Setingan Komentar di Blog Blogspot

Tidak bisa kirim komentar ke blog ? Ini Solusinya

Di video pertama dijelaskan bahwa nama pengunjung yang berkomentar tidak muncul dan tertulis Tidak Diketahui/Unknown. Unknown bisa muncul karena pengunjung berkomentar menggunakan akun google yang belum terdaftar di blogger.com.

Sebenarnya tidak ada ketentuan, mana yang paling benar untuk settingan komentar blog. Karena pemilik blog punya alasan tersendiri dalam mensetting komentar.

Misalkan jika komentar tidak langsung muncul (membutuhkan persetujuan pemilik blog) ya tidak apa-apa. Kita hargai keputusan sang pemilik blog tersebut

Namun pemilik blog juga harus sering mengecek komentar yang masuk dan segera memberi persetujuan.

Ketika kita membuat blog baru, biasanya secara otomatis setingan komentarnya sebagai berikut:

- komentar langsung muncul 

- untuk berkomentar, harus pakai akun google

- Captcha aktif

Captcha baiknya di nonaktifkan saja karena agak mempersulit pengunjung untuk berkomentar.



Captcha fungsinya untuk memfilter komentar-komentar yang tidak diinginkan. Terkadang ada komentar spam. Misalnya menawarkan judi online atau iklan obat kuat.

Dengan pengaturan komentar langsung muncul dan captcha dinonaktifkan, pemilik blog harus sering mengecek komentar yang masuk ke blog. Jika menemukan komentar spam, silakan langsung hapus. 

Jadi setiap setingan komentar ada konsekuensi yang harus dipahami pemilik blog.

 Bagaimana jika blog tidak ada kolom komentarnya ? Nah pemilik blog harus segera menindaklanjuti dengan mengganti template blog. Karena memang ada template bawaan dari blogger.com yang tidak ada kolom komentar. Maka kita sebaiknya pilih template yang ada kolom komentarnya.

Nah itulah pembahasan mengenai pengaturan kolom komentar blog dan konsekuensinya. Bisa disimpulkan bahwa pengaturan kolom komentar banyak ragamnya sehingga beragam juga konsekuensi yang harus dipahami pemilik blog.


7 Komentar untuk "Mengenal Pengaturan Kolom Komentar Blog"

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel