Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

15 September 2019

Lagu Generasi 90an yang Nostalgia Banget

Lagu diyakini mampu membawa kita seperti melewati lorong waktu. Berbagai kenangan di masa silam, langsung muncul ketika mendengar sebuah lagu. Itu yang saya rasakan ketika mendengar lagu-lagu pop yang hits di masa tahun 90 akhir sampai 2000 awal. Generasi 90an pasti punya kenangan tersendiri terhadap lagu-lagu di masa itu.

gambar: freepik


Tahun 90-an memang menjadi tahun di mana banyak sekali musisi hebat dari Tanah Air maupun mancanegara menciptakan lagu yang populer. Tak sedikit lagu 90-an yang membuat para pendengar setianya tak henti memutar lagu tersebut hingga sekarang. Membicarakan lagu 90-an yang bikin nostalgia tak akan pernah ada habisnya. Setiap orang memiliki lagu versinya tersendiri. Kalau untuk saya, lagu 90an yang nostalgia banget adalah lagu yang sekarang ini sudah hampir nggak pernah terdengar. Ketika sekali mendengarnya, langsung ingatan melayang ke masa sewaktu SD/SMP.

 Inilah beberapa lagu 90an yang nostalgia banget versi saya

1. Shaden: “Pacarku” & “Dunia Belum Berakhir”
Dunia belum berakhir merupakan lagu hits yang jadi andalan teman-teman saya waktu SD ketika tampil menari. Lagu ini berulang-ulang terdengar setelah pulang sekolah karena dipakai untuk latihan menari. Kalau lagu Pacarku, saya nggak sengaja nemu di youtube. Saking lamanya nggak denger lagu ini, saya sampai lupa kalau lagu ini pernah ada. Ketika saya dengerin lagi, langsung aktif mesin waktunya



 Shaden adalah grup band asal Indonesia yang beranggotakan Abrar pada drum, Rijal pada gitar dan Nuri sebagai vokalis. Dari lima album yang mereka rilis dalam kurun waktu sembilan tahun, ada dua lagu yang menjadi hits dan paling mengena di hati para penggemar mereka yakni lagu “Pacarku” dan “Dunia Belum Berakhir”.
Lagu “Dunia Belum Berakhir” menjadi andalan pada album kedua Shaden di tahun 2000 dengan judul yang sama. Sementara lagu “Pacarku” masuk dalam album ketiga Shaden dua tahun kemudian, yang juga memiliki judul sama. Sayangnya setelah merilis album kelima pada 2007, grup band ini menghilang dari peredaran.


 2. Wayang: “Dongeng”
Siapa generasi 90-an yang tak mengenal grup band Wayang? Apalagi jika mendengar lagu populer mereka yang berjudul “Dongeng”. Sampai dengan awal medio 2000-an, lagu yang dirilis pada tahun 1999 dalam album berjudul “Dongeng” itu masih terus diputar dan menjadi soundtrack salah satu serial televisi. Lirik lagunya sangat ringan dan mudah dinikmati, termasuk oleh anak-anak. Meskipun Wayang telah merilis enam album, namun lagu Dongeng bisa dibilang yang paling dikenang dan ikonic bagi mereka.

3. Sheila on 7: “Temani Aku”, “Jangan Takut Akan Gelap” & “Sephia” 
          Kalau bicara soal grup band Sheila on 7, rasa-rasanya terlalu sedikit kalau harus memilih satu. Generasi 90-an pasti sangat akrab dengan tiga lagu grup band asal Yogyakarta tersebut yang berjudul “Temani Aku”, “Jangan Takut Akan Gelap” dan “Sephia”. Mari kita bahas satu persatu. Lagu “Temani Aku” dirilis pada tahun 2000 dalam album bertajuk “Kisah Klasik Untuk Masa Depan”. Liriknya sangat puitis, namun tidak berbelit sehingga mudah diterima oleh pendengarnya. Lagu ini sering dinyanyikan teman-teman saya sewaktu SD kalau lagi ngumpul & gitar-gitaran.


        Berikutnya adalah lagu “Jangan Takut Akan Gelap” yang dinyanyikan Sheila on 7 bersama dengan penyanyi cilik pada masa itu, Tasya Kamila. Bagi anak-anak di zaman itu, lagu ini sangat cocok menjadi pengantar tidur. Bukan sekadar mengajak agar tidak takut gelap, tetapi juga menekankan hal-hal positif untuk anak.
         Nah, kalau lagu “Sephia” tentunya menjadi salah satu lagu 90-an yang bikin nostalgia dan sulit dilupakan. Apalagi konon lagu ini diciptakan oleh Eross untuk seorang fans Sheila on 7 yang meninggal saat hendak menonton konser band kesayangannya itu. Tak heran kalau makna di balik lirik lagu “Sephia” ini begitu mendalam jika diresapi. ”Hey, Sephia, jangan pernah panggil namaku bila kita bertemu lagi di lain hari. Hadapilah ini, kisah kita takkan abadi.”
Lagu sephia saya pilih karena lagu ini menjadi satu-satunya lagu pop yang masih saya ingat pernah nonton video klipnya di TV sewaktu SD. Kenapa bisa begitu ? Karena dulu saya lebih sering nonton acara TV musik anak.

 4. Aqua: “Dr Jones”
Bergeser ke luar negeri, terdapat sebuah grup musik dance bernama Aqua yang berasal dari Denmark dan Norwegia. Salah satu lagu terpopuler mereka berjudul Dr Jones dirilis pada tahun 1997 silam dan sempat menjadi hits juga di Indonesia. Lagu ini mungkin pernah kamu dengar di film Disney “I’ll be Home for Christmas”. Dengan liriknya yang unik, pada tahun 1997 Dr Jones berhasil merajai tangga lagu di beberapa negara seperti Australia, Jepang dan negara-negara Eropa.



Sama seperti lagu dunia belum berakhir, Lagu Dr. Jones juga menjadi andalan saya dan teman-teman SD ketka mendapat tugas menari. Maka lagu ini mampu membawa saya bernostalgia ke masa-masa SD.

5. Air: “Bintang”
“Bintang di langit, kerlip engkau di sana memberi cahayanya di setiap insan.” Kalau kamu membaca lirik barusan sambil bernyanyi, berarti kamu masih ingat lagu “Bintang dari grup band Air. Lagu ini bisa dibilang sebagai pendobrak popularitas grup band Air pada akhir 90-an hingga awal 2000-an. Sayangnya, hanya lagu Bintang ini yang berhasil dikenal publik musik Indonesia. Setelah itu popularitas grup band Air mulai meredup, namun lagu Bintang tetap dikenang hingga kini.



Sepertinya nggak ada yang meragukan betapa hitsnya lagu ini. Sampai-sampai ada plesetannya. Ada yang masih ingat ? hehhee

6. EdanE: “Kau Pikir Kau Segalanya”
 Di tahun 2002 sempat ada grup band bernama EdanE yang muncul dengan lagu “Kau Pikir Kau Segalanya” yang sempat menghentak industri musik Tanah Air. Ini adalah lagu rock yang memiliki lirik nyeleneh serta ritmik gitar yang galak. Namun, justru hal itulah yang membuat lagu “Kau Pikir Kau Segalanya” begitu iconic dan menjadi identitas grup EdanE.

7. La Luna: “Selepas Kau Pergi” 
Grup Band La Luna didirikan di Bandung pada awal tahun 2000, yang beranggotakan Manik, Boyan, Uti, dan Erwin. Lagu “Selepas Kau Pergi” sendiri adalah hits andalan mereka yang dirilis dalam album “Menanti Pagi” pada 2003. Album tersebut kemudian di-repackage setahun setelahnya dengan judul yang sama. Liriknya menceritakan tentang patah hati, topik yang berhasil menjadi hits di kalangan muda-mudi saat itu.

8. The Fly: “Terbang”
Lagu ini, cukup musik intronya saja udah bikin nostalgia. Alunan pianonya khas banget. Lagu ini saya pilih karena kalau nggak salah pernah jadi soundtrack sinema mini seri (SMS) yang tayang di RCTI. Bener nggak ?. Kalau sekarang bisa diblang seperti FTV. Saya pernah salah sangka kalau lagu terbang ini milik band Gigi haha.



Sejak awal kemunculannya The Fly telah mengalami beberapa pergantian personal. Hingga akhirnya mereka membuat gebrakan dengan album berjudul “The Fly” pada 2000 yang diproduksi oleh BMG Music Indonesia. Dari album itulah muncul hits single berjudul “Terbang” yang begitu melekat sebagai identitas grup musik satu ini. Bagaimana tidak, bertahun-tahun setelah dirilis, lagu Terbang masih banyak dinikmati oleh para penggemar band The Fly, apalagi karena bagian reff-nya yang enak banget!



Nah, itu tadi sederet lagu 90-an yang bikin nostalgia dan pastinya masih enak didengarkan sampai sekarang.  Kira-kira lagu mana yang paling bikin kamu baper bahkan sampai sekarang? Adakah kenangan di baliknya?

3 komentar:

  1. Lagu-lagu tahun 90an emang easy listening kayak Sheila on 7 dan La Luna. Sampe sekarang masih sering didengerin.

    BalasHapus
  2. Aku suka anugrah yg terindah yg pernah kumiliki min

    BalasHapus
  3. jadi nostalgia balik nih, kalau saya yang paling diingat itu lagu dari peterpan dan kangen band, eh itu tahun 2000-an ya... kwkwk

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id