Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

11 Januari 2019

Review Ngeblog 2018 Brian Prasetyawan's Blog



Setelah 2 bulan tidak update, akhirnya saya membuat postingan lagi di blog ini. Mengawali tahun baru 2019 ini, saya mau membahas hal-hal tentang ngeblog yang telah dilakukan selama tahun 2018.


  • Dua bulan nggak update, ngapain aja ?

Setelah saya cek widget arsip, ternyata saya absen posting bulan November & Desember. Hmm.... kenapa ya. Setelah diingat-ingat, selama dua bulan itu saya sedang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kegiatan itu berlangsung dari Senin-Sabtu. Libur hanya Minggu. Dengan tugas-tugas PPG yang selalu mengantri, membuat saya tidak sempat posting di blog ini. 


  • Membuat Blog Baru (lagi)

Selain karena PPG, saya juga lebih asyik mengurus blog yang baru dibuat yaitu www.bahastematiksd.blogspot.com. Entahlah sudah berapa banyak blog yang saya buat.

Baca: Ketika Memiliki Blog Lebih Dari Satu

Blog baru tersebut membuat saya mengabaikan blog ini. Memang itu konsekwensi yang harus dialami jika memiliki blog lebih dari satu. Blog baru ini berisi materi pembahasan & soal online kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.


  • Memasang Adsense

Di awal tahun 2018, akhirnya blog ini mengaktifkan penggunaan adsense. Tren blogger saat ini yang memasang adsense di blog nya, membuat saya tertarik untuk ikut-ikutan.

Baca: Baru Pasang Google Adsense Setelah Ngeblog 8,5 Tahun !

Sampai sekarang komisi yang dihasilkan adalah rata-rata Rp 1000 per hari hahahaha. Waduhhhh butuh berapa tahun nih biar bisa mencapai minimum payout 😆.


  • Berapa Postingan selama 2018 ?

Selama tahun 2018 saya hanya membuat 21 postingan. Jika dirata-rata, per bulan berarti hanya 1.75. Tidak sampai 2 postingan per bulan. Padahal saya ingin bisa 4 postingan per bulan. Saya juga ingin setidaknya setiap bulan ada postingan. Namun target tersebut gagal tercapai karena November & Desember tidak ada postingan. Semoga tahun 2019 ini bisa selalu ada postingan setiap bulan


  • Postingan Terpopuler

Dari 21 postingan yang terbit tahun 2018, tulisan berjudul Pertama Kali Ke Bali (2): Pantai Pandawa, Dreamland, Kuta, dan Pura Uluwatu menjadi postingan terpopuler dengan 759 views. Namun postingan tersebut masih sangat jauh dari postingan terpopuler sepanjang masa blog ini yang jumlah viewnya 317.028


***

Hmm... apalagi ya. Sepertinya sudah begitu saja review ngeblog saya selama 2018. Semoga di tahun 2019 ini saya bisa lebih sering posting lagi di blog ini dan bisa membagi waktu untuk blog yang lainnya.

6 komentar:

  1. Semoga tetap konsisten diupdate ya blognya, minimal seminggu sekali 😊

    BalasHapus
  2. sama saya juga pas masih kerja begitu karena kesibukan nah setelah jadi ibu rumah tangga meski masak, nyuci baju, nyuci piring tetap bisa menulis bahkan idenya malah numpuk sampai harus di save dulu sebelum hilang hahaha

    BalasHapus
  3. wah keren. udah lama jg ya ngeblognya.

    BalasHapus
  4. Ngeblog udah 8,5tahun? Keren juga mas udah setia ngeblog selama itu. Semoga tetep konsisten nulis dan update ya mas. Ijin jadi pembaca baru blog ini ^^

    BalasHapus
  5. Kok nasib kita sama mas.
    Rp1rb/hari dari GA.

    Sediiih

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id