Banner Promo

Menu Pilihan

Berbagai Manfaat Penting Dari Website Sekolah




 Di era digital saat ini semua sekolah diwajibkan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang luar biasa cepatnya. Salah satu dari pemanfaatan perkembangan teknologi yang bisa Anda peroleh yaitu dengan mencoba untuk membuat sebuah website sekolah yang nantinya akan dapat dijadikan sebagai media penyebaran informasi secara luas, murah dan efisien. Hal seperti inilah yang menjadi kelebihan dari sebuah website.

Pemanfaatan sebuah website sekolah memang sangat dibutuhkan mengingat dengan membangun sebuah website, maka Anda akan dapat melakukan berbagai customization yang nantinya akan membuat website tersebut akan menjadi terlihat lebih menarik. Dengan adanya desain web yang menarik, maka akan semakin banyak pula pengguna internet yang berminat mengunjungi website tersebut.

Banyak Manfaat Penting dari Website Sekolah


IDwebhost

 Ada banyak sekali hal penting yang membuat suatu instansi/lembaga harus mempunyai sebuah website pribadi. Selain untuk bersaing dengan instansi lainnya, juga untuk masa depannya. Berikut ini 10 hal penting yang perlu Anda ketahui dan pahami terkait dengan keberadaan website sekolah, yang nantinya akan dapat memberikan nilai positif bagi sekolah yang bersangkutan.

1. Sebagai sarana untuk menyebarkan informasi sekolah 

 Saat ini, dengan hadirnya sebuah website sekolah jadi dapat diakses oleh pengguna internet dari berbagai perangkat seperti dengan smartphone ataupun computer. Dengan adanya kemudahan tersebut akan membuat setiap orang bisa untuk mengakses informasi yang terdapat dalam sekolah. Sehingga secara tidak langsung akan lebih memudahkan masyarakat untuk mengetahui tentang apa yang terjadi di sekolah tersebut. Bisa dibilang hal tersebut akan membuat persebaran informasi dari sekolah akan semakin efisien dan efektif.

2. Untuk menunjang promosi sekolah 

 Siapa sangka jika dengan dibuatnya sebuah website sekolah gratis ini ternyata akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan promosi mengenai sekolah tersebut. Tidak mengherankan jika sekarang banyak instansi yang berlomba-lomba untuk mempercantik desain dari website itu demi mendukung perkembangan kualitas dari sekolah tersebut saat dilihat secara sekilas. Bahkan, dengan sebuah website yang menarik akan memberikan kesan bahwa sekolah tersebut menjadi lebih modern dan maju dalam bidang teknologi.

3. Sebagai media untuk menampilkan galeri sekolah website sekolah untuk sekolah modern


IDwebhost

 Dengan keberadaan sebuah website sekolah gratis juga akan mempermudah pihak sekolah dalam membagikan berbagai foto sekolahan yang memiliki cerita berkesan. Dalam hal ini, sering kali sebuah website akan memuat banyak foto seperti foto kemenangan atas suatu pertandingan, foto ekstrakurikuler dan berbagai foto dokumentasi yang sempat diabadikan. Tentu saja dengan cara tersebut, akan menjadikan sekolah Anda semakin dikenal dengan baik serta akan berkesan bagi pengunjungnya.

4. Tampilan profil sekolah yang modern 

 Ketika sebuah informasi sekolah yang dimuat dalam website itu dibuat dengan selengkap dan semenarik mungkin, maka hal ini akan menjadi bagian dari cara untuk mengenalkan sekolah kepada masyarkat luas dengan cara yang lebih modern. Tidak hanya itu saja, bahwa bentuk modern tersebut juga akan menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan telah memiliki kualitas yang sangat baik.

 5. Menampung berbagai data alumni sekolah

 Selain seputar informasi sekolah, website ini juga membantu memberikan informasi terkait dengan data alumninya. Data alumni tersebut pada hakikatnya berisikan kumpulan siswa yang dahulu sempat bersekolah dan lulus dari sekolah tersebut. Dengan adanya media website, maka pihak alumni pun akan dapat mengetahui dengan mudah data dirinya di sekolah tersebut. Dan mungkin bisa akan ada sebuah reuni karena sebab data-data alumni tersebut.

 6. Adanya kebijakan dari pemerintah 

 Akhir-akhir ini ada sebuah kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan setiap sekolah untuk memiliki sebuah website, sekalipun itu sebuah website sekolah gratis. Ketika sudah memiliki sebuah website, maka Anda telah berpartisipasi dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk terwujudnya Indonesia Global dalam hal pendidikan. Untuk itulah, sangatlah jarang di era sekarang ini ada sekolah yang tidak mempunyai sebuah website.

7. Media untuk pembelajaran online pentingnya website sekolah


IDwebhost

 Kemajuan dari dunia teknologi informasi ternyata juga telah memberikan dampak yang signifikan kepada dunia pendidikan yang saat ini dengan adanya website sekolah gratis telah memunculkan suatu sistem pembelajaran yang berbasis e-learning. Pemanfaatan website sekolah dapat dilakukan dengan mendownload materi pembelajaran hingga memberikan kesan atas pembelajaran yang telah diberikan pada kolom kosong yang dijadikan sebagai media menulis review dari siswanya.

Baca Juga : Panduan Web Hosting Bagi Pemula

8. Sebagai identitas sekolah di dunia maya

Jika Anda perhatikan dengan baik, setiap website sekolah akan ada domain yang berakhiran sch.id. Jenis domain ini memang sangat sering dipakai oleh setiap sekolah dan telah melekat sebagai suatu identitas sekolah tersebut. Jika di suatu saat Anda ingin melakukan pencarian terhadap suatu sekolah tertentu, maka saat anda mengetik alamat website sekolah tersebut akan selalu berakhiran alamat (dot)sch.id.

 9. Merupakan termasuk dari sekolah yang berkembang

 Disebutkan bahwa jika sebuah sekolah mempunyai website, maka bisa dikatakan bahwa sekolah tersebut selalu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal ini akan menggambarkan adanya citra sekolah yang selalu menerima dengan terbuka. Istilah terbuka ini diwujudkan dalam bidang pendidikan yang mengindikasikan bahwa adanya suatu apresiasi atas perkembangan dunia teknologi yang semakin berkembang pesat.

10. Memaparkan daftar susunan organisasi sekolah 

 Selain berbagai macam informasi diatas dari website tersebut, Anda juga akan menemukan daftar susunan organisasi sekolahnya. Adanya informasi terkait dengan daftar susunan organisasi tersebut akan mempermudah setiap orang untuk mengetahui siapa saja yang bertugas dan memimpin di sekolah tersebut. Dengan demikian, informasi tentang semua guru serta semua pegawai pun juga bisa didapatkan melalui website tersebut dengan mudah.

Kesimpulan

Itulah 10 hal penting mengapa sekolah anda harus mempunyai sebuah website. Dengan adanya website sekolah akan menjadikan masyarakat mengetahui berbagai informasi dari sekolah seperti prestasi, kegiatan, ekstra kurikuler, data gurunya, data alumninya, dan mungkin ada daftar nilai setiap semesternya yang bisa diakes oleh para wali murid melalui internet. Tentu itu semua akan menjadikan sekolah anda semakin dikenal sebagai sekolah yang modern dan unggul dalam bidang teknologi.

So, buat kamu yang sudah lulus dari sekolah segera saja cek ke sekolahmu, apakah sudah memiliki website atau belum. Siapa tahu ini adalah saatnya kamu mengabdikan diri kepada sekolahmu dengan membantu membuat website yang menarik.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Manfaat Penting Dari Website Sekolah"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel