Banner Promo

Menu Pilihan

Alat Tempur Ngeblog Brian Prasetyawan's Blog



Banyak orang yang ingin menjadi blogger karena bisa menghasilkan uang. Terlebih lagi bagi yang suka dengan dunia tulis menulis dan internet, menjadi blogger adalah pilihan yang sangat cocok . Blogger merupakan sebutan untuk orang yang suka menulis tulisan di sebuah blog pada website.
Blogger bebas untuk menulis apapun sesuai dengan keinginannya. Tentunya bukan hanya keterampilan menulis yang harus dimiliki blogger profesional. Beberapa alat tempur wajib juga harus dipersiapkan, sebagai modal untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Apa sajakah alat tempur tersebut? Penasaran? Yuk simak info berikut ini.

Laptop
Salah satu alat yang harus dimiliki blogger adalah laptop. Yup, laptop adalah kunci utama untuk ngeblog. Kenapa? Karena ngeblog membutuhkan media untuk menulis. Dengan laptop akan memudahkan dan nyaman dalam menulis. Laptop mudah dibawa kemana-mana. Ukuran layarnya yang cukup besar membuat resiko kesalahan tulis atau typo berkurang.



Ketika awal ngeblog, tahun 2009 hingga 2013, saya meminjam laptop inventaris kantor ayah saya yaitu Toshiba Satellite L310, lalu dilanjutkan meminjam Toshiba Satellite L735. Ketika masih pakai laptop pinjaman, saya hanya bisa ngeblog saat weekend. Kini saya bisa ngeblog kapanpun saya mau karena sudah menggunakan laptop sendiri yaitu hp Pavilion g4. Laptop tersebut saya gunakan sejak akhir 2013.

Smartphone
Selain laptop, smartphone juga menjadi perangkat yang membantu ngeblog. Bahkan ada beberapa blogger yang memporsting bahkan edit HTML lewat smartphone. Namun untuk yang tidak terbiasa akan merasa kesulitan. Kenapa? Bayangkan saja dengan ukuran smartphone tersebut dan digunakan untuk mengetik atau mengedit artikel pasti akan kesulitan.


Saya termasuk yang tidak biasa ngeblog lewat smartphone. Namun smartphone tetap membantu dalam kegiatan ngeblog. Saya memanfaatkan fitur kamera, aplkasi notes, dan aplikasi blogger. Notes saya gunakan untuk mencatat ide postingan yang kerap muncul dimanapun & kapanpun. Smartphone yang praktis dibawa kemana-mana membuat mudah untuk mencatat ide postingan. Aplikasi blogger saya gunakan ketika tidak menyalakan laptop, untuk mengedit postingan jika ada yang typo atau kalimatnya kurang pas. Saat ini saya menggunakan smartphone Xiaomi redmi Note 4a.

Koneksi Internet

Sudah mempunyai laptop dan smartphone, tetapi jika  tidak mempunyai koneksi internet, semuanya akan sia-sia. Tanpa adanya koneksi internet, berarti tidak bisa memposting/mengupload di blog. Untuk itu koneksi internet menjadi kebutuhan utama dalam ngeblog.


Saat masa awal ngeblog, saya menggunakan modem telkomsel flash. Menurut ayah saya, waktu itu tiap bulan membayar 180 ribu untuk kuota sebesar 3 GB ! Wuahhhhh mahalnyaaa. Kalau Jaman sekarang, dibawah 100ribu udah bisa dapet belasan bahkan puluhan GB ya hehehe. Ditambah lagi ketika itu koneksi internet kadang lemot. Sekarang saya sudah tidak khawatir lagi soal koneksi internet, karena di rumah sudah menggunakan Wi-Fi. Saya memakai layanan indihome. Untuk diluar rumah, saya gunakan paket data Telkomsel. Hanya dengan 75ribu sudah dapat 15 GB untuk sebulan.


Kamera Digital
Ngeblog bukan hanya melulu tulisan ya, namun juga membutuhkan gambar. Gambar ini selain menjelaskan mengenai tulisan Anda juga menjadi daya tarik para pembaca. Untuk itu sangat wajib mencantumkan gambar dengan kualitas tinggi dalam ngeblog. Untuk mengambil gambar dengan kualitas tinggi tentu dibutuhkan kamera digital.



Diantara semua alat tempur, kamera digital adalah yang paling baru buat saya. Sebelumnya untuk mengambil gambar, saya hanya mengandalkan kamera smartphone. Namun kini sudah hadir kamera mirrorless Fujifilm X-A3 yang melengkapi alat tempur ngeblog saya.

Buku Catatan
Ketika masa awal ngeblog, saya mengandalkan buku catatan dalam mengumpulkan ide/bahan postingan. Saya juga mencatat hal lain yang masih berkaitan tentang ngeblog. Buku catatan saya berupa binder note. Ketika itu saya belum memakai smartphone. Jika sedang tidak menyalakan laptop dan muncul ide postingan, saya tulis dahulu di binder note.


Bagaimana? kalian para blogger sudah punya alat tempur itu? Alat tempur yang diperlukan juga tidak mesti sama seperti itu dan menyesuaikan dengan kebutuhan.
Memang untuk mendapatkan uang dari blog memerlukan waktu tidak sebentar bahkan perlu modal, namun jangan dijadikan beban. Tetap sabar, terus berusaha dan jadikan setiap momen sebagai pengalaman. Dengan begitu kita akan menjadi seorang blogger profesional dan tahan banting. Semangat! Tunjukkan karya tulismu sebagai blogger berkualitas.


Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

13 Komentar untuk "Alat Tempur Ngeblog Brian Prasetyawan's Blog"

  1. Mas Brian kemarin ada teman-teman dari Atmajaya yang berminat kerja sama dengan saya, tetapi pasang Banner, di blog saya belum menyediakan kerja sama semacam itu lalu saya rekomendasikan blognya mas Brian, apakah sudah dikonfirmasi mas?

    Notes:
    Mohon maaf mas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, salam literasi guru blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo pak Martin

      Hmm.. belum ada yg hubungi saya tentang kerjasama itu. Kerjasama seperti apa pak ?

      Hapus
  2. sama segelas teh hangat dan camilan, asyik nulisnya makin semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalo ngeblog sabtu/minggu pagi biasanya ditemani kopi susu. Tapi yang sering terjadi, kopinya kelamaan nggak diminum sampe jadi adem haha

      Hapus
  3. mantul tips nya. bener kata mbak tira..kalo saya juga harus tambah cemilan, biar kalau ngetik malam2 jd cepet nulisnya eh makannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gagal fokus malah jadi makan. Saya kalo ngeblog malah jadi lupa ngemil hehe

      Hapus
  4. Wahh saya yang belum ada kamera aja nih.. semoga nyusul deh nanti kameranya

    BalasHapus
  5. Udah punya beberapa alat tempur di atas sih mas tapi belum punya kamera, hape pun reolusi kameranya kurang dan kadang nebeng punya temen hehe. Semoga cepet punya juga deh hehe. Semangat ngeblognya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe kamera juga nambah-nambahin aja. Kan ada kamera HP. Yang penting tetep ngeblog teruss

      Hapus
  6. Apalah daya alat tempurku cuma smartphone dan koneksi internet huhuhu
    Btw blognya sudah saya follow,,,follow balik ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa mas. Yang penting tetep ngeblog hehe

      Hapus
  7. masuk nabung buat beli kamera hu!!!! doain cepet terkabul ya... :)

    BalasHapus
  8. kamera aja yang belum ada nih, + masih terus upgrade ilmu tentang ngeblog

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel