Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

16 Juni 2018

Kilas Balik Piala Dunia 2006: Dari Teamgeist sampai Tandukan Zidane

wikipedia



Kembali pada postingan kilas balik piala dunia (PD). Sebelumnya sudah saya posting kilas balik edisi 2002 maka sekarang edisi 2006. PD 2006 berlangsung pada 9 Juni - 9 Juli 2006. Jerman bertindak sebagai tuan rumah. Sebanyak 12 stadion digunakan untuk perhelatan akbar ini. Waktu itu siaran di Indonesia dipegang oleh SCTV.
Namun, tidak banyak hal berkesan/yang saya ingat dari PD 2006. Beberapa yang teringat, saya kira di PD 2006, ternyata di PD 2010. Berikut ini beberapa hal yang membekas bagi saya dari PD 2006:

Teamgeist
wikipedia

Bagi saya, ini pertama kalinya nama bola begitu populer  Dahulu saya kira itu pertama kalinya bola piala dunia diberi nama. Ternyata sejak dahulu bola piala dunia ada namanya. Teamgeist menunjukkan adanya banyak perubahan pada sebuah bola sepak. Terlihat bahwa kemajuan teknologi sudah masuk pada teamgeist. Hal yang sangat terlihat adalah jumlah panelnya. Bola tradisional menggunakan 32 panel. Teamgeist hanya 14 panel dengan bentuk balling-baling.
wiki

Lagu Tema
Lagu tema piala dunia 2006, Celebrate The Day, memang masih kalah populer dari waka-waka. Namun setidaknya saya masih ingat lagu yang dibawakan oleh Herbert Grönemeyer itu. Musiknya enak didengar. Ketika lagu itu diputar, langsung memori saya menuju PD 2006. Buat saya lagu itu berhasil menjadi lagu tema PD 2006

Banyak Debutan
PD 2006 juga menghadirkan cukup banyak negara yang baru pertama kali ikut (debutan) piala dunia. Ada delapan negara yaitu Serbia-Montenegro, Ukraina, Ghana, Republik Ceko, Trinidad-Tobago, Pantai Gading, Angola, dan Togo

Italia Juara
indosport.com

Walaupun selalu diperhitungkan, Italia tidak dipandang sebagai kandidat kuat juara piala dunia 2006. Pasalnya, persepakbolaaan negara tersebut baru saja dilanda kasus caliopoli. Diperkirakan hal itu akan mempengaruhi performa mereka. Namun ternyata Gli Azzurri mampu menepis anggapan tersebut dengan tak diduga berhasil juara.
indosport

Tandukan Zidane
detik.com

Ini salah satu momen yang tak terlupakan, bahkan bisa jadi sepanjang sejarah piala dunia. Seluruh publik sepakbola dunia tahu momen tersebut. Tandukan Zidane kepada Materazzi. Ya aksi Zidane tersebut berbuah kartu merah untuknya.



4 komentar:

  1. Tandukan yang benar-benar maut dari seorang Zidane
    waktu itu saya masih baru masuk SD, masih kecil dan baru suka sepakbola, sejak momen itu saya mulai suka sepakbola.

    salah satu momen lain yang membuat saya jatuh cinta kepada sepakbola adalah gol tunggal Ronaldo saat MU melawan FC Porto. sepakan maut dari tengah lapangan.. sadezzz bener :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya waktu itu udah SMP hehe.

      Itu MU lawan Porto saat ajang apa ? Liga champions ? tahun berapa ? hehe

      Hapus
  2. piala dunia 2006 ini edisi paling bikin aku mangkel
    karena aku die hard dukung Prancis dan sebenarnya pas itu bisa jadi juara setelah hancur lebur di Piala Dunia 2002
    ah sayang banget,,,hiks
    tahun ini harus juara pokoknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyesek juga ya Prancis udah sampai final. Tinggal dikit lagi, eh kalah sama Italia hehe.

      Tunggu dulu. Kalo Soal juara, harus Jerman haha

      Hapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts