Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

01 Mei 2018

Menelusuri Jejak Kota Bekasi di Kompetisi Sepak Bola Nasional

Hampir setiap kota/kabupaten di Indonesia memiliki klub sepakbola yang berlaga di liga. Tak terkecuali Kota Bekasi. Dahulu, Persatuan Sepakbola Indonesia Patriot Bekasi (Persipasi) adalah satu-satunya klub Kota Bekasi yang bermain di kompetisi nasional. Namun memang kiprah klub kota Patriot ini kurang terdengar karena lebih sering berkecimpung di divisi bawah. Kompetisi tertinggi yang pernah dijalani adalah Divisi Utama, satu level di bawah divisi tertinggi yaitu Liga Super.

gambar: wikipedia

Berikut ini partisipasi Persipasi di setiap musim:

2009-2010 8 Besar Divisi Utama (Kasta ke 2)
2010-2011 Peringkat 5 grup 1 Divisi Utama (Kasta Ke 2)
2011-2012 Peringkat 6 grup 2 Divisi Utama versi LPIS (Kasta Ke 2)
2013: tidak ikut (diskualifikasi)
2014: Peringkat 4 grup 3 Divisi Utama (Kasta Ke 2)

Eksistensi Persipasi hampir selalu ada ditiap musim kompetisi. Namun itu berubah saat keputusan merger "menyerang". Pada 2015, Persipasi merger dengan Pelita Bandung Raya yang saat itu bermain di Liga Super. Maka terbentuklah Persipasi Bandung Raya. Saya pernah dengar bahwa alasan manajemen Persipasi untuk merger dengan PBR adalah agar Persipasi bisa muncul di kompetisi tertinggi. Namun cara instan itu membuahkan akhir yang instan pula. Hanya bertahan setahun, Persipasi Bandung Raya dijual dan di ambil alih Madura United pada 2016. Sejak saat itu keberadaan Persipasi menjadi tidak jelas. 

Saat itu saya tidak tahu bagaimana nasib Persipasi. Apakah bubar atau di bentuk ulang lagi. Hingga pada awal tahun ini saya membaca berita ada klub Kota Bekasi bernama Patriot Chandrabaga FC (Patriot CB)yang berlaga di Liga 3 2017. Weh... klub apalagi itu ? Ternyata itu klub baru yang dibentuk pada April 2017 oleh walikota Bekasi. Bagaimana dengan Persipasi ? Persipasi tetap masih ada dan juga berlaga di Liga 3 2017.

foto: www.gobekasi.pojoksatu.id 

Seperti yang dikutip dari viva.co.id, Pak Walikota menyampaikan alasan dibentuknya klub baru. "Dalam kesempatan ini kita ingin memperkenalkan Patriot CB (Chandrabhaga) FC juga. Sebelumnya kan sudah ada Persipasi, tapi kan ya kita semua tahu kondisinya. Sekarang kita membentuk tim baru, agar ada lagi klub kebanggaan selain Persipasi untuk menghuni stadion yang megah ini, dengan harapan bisa berprestasi". Sedikit opini, saya merasa kurang gimana gitu mendengar nama klub baru itu. Patriot Chandrabaga kan juga nama stadion di bekasi. Masa nama klub dan stadionnya sama 😆. Tapi ya sudah lah, nggak papa.

Maka menjadi jelas klub kota Bekasi yang bermain di kompetisi liga. Kini ada Persipasi dan Patriot CB di Liga 3. Lalu bagaimana kiprahnya di musim 2017 ?

Di tingkat provinsi, Persipasi dan Patriot CB sama-sama lolos dari Fase grup. Namun persipasi terhenti di 16 besar. Patriot CB berhasil menjadi juara 3 di zona Jawa Barat. Hasil itu membuat Patriot CB bermain di babak play off untuk mendapat tiket ke zona Nasional. Namun Sayang, Patriot CB gagal lolos ke tingkat Nasional.

Kini di musim 2018 Persipasi dan Patriot CB kembali bermain di Liga 3. Bahkan mereka berada di satu grup yang sama. Tentu saja harapannya semoga dua klub Kota Bekasi ini bisa promosi ke Liga 2.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts