Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

01 Januari 2018

Pertama Kali Ke Bali: Menentukan Penginapan, Transportasi, dan Itinerary



Bali selalu menjadi daerah pilihan banyak orang untuk berwisata. Walaupun sudah dikenal sejak lama, daya tarik Bali tidak pernah luntur. Wisatawan dalam maupun luar negeri selalu ramai mengunjunginya. Mungkin, banyak juga yang sudah bolak-balik ke sana. Di saat orang-orang sudah biasa berwisata ke Bali, masih ada nih yang sama sekali belum pernah ke sana. Yak saya orangnya !

Ada beberapa hal yang menjadi pertama kali buat saya saat Wisata ke Bali ini. Pertama, tentu saja ini pertama kali saya ke Bali. Kedua, penerbangan ke Bali menjadi pengalaman pertama saya naik pesawat terbang. Ketiga, ini menjadi perjalanan wisata pertama saya bersama keluarga yang dilakukan secara mandiri. Biasanya saya dan keluarga baru bisa jalan-jalan kalau ada acara dari sekolah tempat ayah saya bekerja atau dari lingkungan tempat saya tinggal. Jadi pasti selalu dengan suatu rombongan bersama banyak orang. 

Pesawat & Penginapan
Saya lupa apa sebabnya saya menjadi semangat mengajak keluarga ke Bali. Saya hanya ingat bahwa tiket dan hotel saya pesan pada awal Agustus 2017. Saya booking lewat traveloka dan langsung sepaket tiket pesawat PP dan hotel untuk 26-30 Desember 2017. Saya pilih penerbangan dari Halim karena lebih dekat dari rumah saya. Kalau saya hitung-hitung tiket pesawat sekali jalan per orang sekitar 800 ribuan dan kamar isi 4 orang tanpa AC, per malam sekitar 250 ribuan. Kamar saya dapat di Mutiara Hotel Denpasar.

Kamar tempat saya menginap

Saat itu itinerary belum direncanakan karena Hari H masih lama. Semangatnya baru sampai pesan tiket hehehe.  Untuk transportasi selama disana, saya dan adik saya baru kepikiran akan menyewa sepeda motor. 

Transportasi
Perencanaan serius baru saat H-7. Untuk transportasi berubah rencana. Pertama, saya berpikir akan memakai jasa paket wisata untuk satu hari. Namun adik saya menyarankan menyewa mobil saja karena kalau dihitung-hitung justru lebih hemat daripada pakai paket wisata. Oke jadi kami menyewa mobil saja untuk 3 hari (27-29 Desember). Menemukan rental yang pas juga tidak mudah. Perlu menghubungi hingga hampir 10 rental ! Ada yang karena unit mobilnya sudah habis, ada juga yang harganya kurang cocok. 
Akhirnya kami dapat avanza di balisurgawisata.com dengan harga 400 ribu per 10 jam, sudah termasuk supir + BBM. Cukup mengagetkan karena pihak rental tidak meminta DP dahulu. 

Itinerary
Sewaktu mencari rental mobil, saya juga sambil menyusun itinerary. Saya hanya mengandalkan google untuk menentukan tempat wisata yang sejalur atau berdekatan. Setelah browsing kesana kemari dan berkonsultasi ke pihak rental akhirnya diputuskan itinerary-nya seperti ini:

26 Desember 2017
- Tiba di Hotel 
- Makan Malam di Jimbaran

27 Desember 2017
- Pantai Pandawa
- Pura Uluwatu
- Pantai Dreamland
Krisna (pusat oleh-oleh) Agung Bali
- Pantai Kuta

28 Desember 2017
- Pura Ulun Danu Bedugul
- Taman Ayun
- Jatiluwih
- Tanah Lot
  
29 Desember 2017
- Tegalalang
- Desa Nyuh Kuning  Tirta Empul
- Desa Penglipuran
- Pasar Ubud
- Pantai Seminyak

30 Desember 2017
- Kembali ke Bekasi

NB: destinasi yang dicoret artinya tidak jadi terealisasikan 

Saya cukup kesulitan menentukan tempat oleh-oleh. Saya mencantumkan Krisna dan Pasar Ubud karena sepertinya itu yang terkenal. Namun sebenarnya saya masih ragu karena saya maunya ke tempat oleh-oleh yang ada baju/pernak-pernik sekaligus makanan. 

Sebagian besar perjalanan sesuai dengan itinerary. Namun ada beberapa tempat yang diganti. Yang mana ? lihat saja postingan berikutnya

11 komentar:

  1. wah 4 hari lumayan juga ya.. saya juga lagi merencanakan ke Bali, tapi fokus di Ubudnya.. jadwal padet banget dibikinin suami saya itenerarynya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh di ubudnya. Iya itu jadwal saya juga padat hehe

      Hapus
  2. Wah sewa mobilnya sudah termasuk driver ya Praz.. aku belum pernah ke Bali bareng keluarga.. klo tempat nginep tanpa ac, berarti kipas angin ya Praz di sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... kita bisa pilih mau bagaimana. Kalau saya memilih paket seperti itu (Supir + BBM).
      Iya kalau tanpa AC, ada kipas angin.

      Hapus
  3. wah kalaununtuk itenary aku mah suka diberikan ke guide krn gak tahu medan dan jarak tempat di sananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diserahkan guide, takutnya nggak sesuai keinginan hehe. Saat buat itinerary saya juga konsultasi ke pihak rental

      Hapus
  4. kalo saya pengen tetep aja ke lombok
    kalo bali mungkin setelah ke lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pengen ke lombok. Tapi entahlah kepan hehe

      Hapus
  5. boleh ditunggu review hotelnya mas brian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak hehe. Tapi mungkin saya campur dengan cerita tripnya ya. Tidak dibuat posting tersendiri

      Hapus
  6. Lumayan pelajaran buat backpackeran buat bulan madu dari pada pake paket takut jatuhnya mahal

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur 25an kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts