Banner Promo

Menu Pilihan

Banyak Ide Minim Eksekusi


Mungkin salah satu problem seorang blogger adalah kehabisan ide postingan untuk menulis di blog.  Namun problem yang saya alami justru sebaliknya. Saya kebanyakan ide tapi minim eksekusi untuk menjadikannya sebuah postingan. Mari kita tengok draft blog saya. 
Ada 81 draft ! Dan draft terlama yang tersimpan adalah tahun 2013. Itu artinya sudah mengendap 4 tahun ! Tapi itu sebenarnya sudah berkurang karena sebelumnya pernah mencapai rekor 93 draft. Berkurang bukan karena sudah jadi postingan, tapi ya karena cuma udah di hapus-hapus saja.  
Cara lain agar berkurang adalah, saya menggabung beberapa draft menjadi satu karena saya melihat draft-draft itu saling berhubungan.



Draft yang dihapus biasanya karena sudah "basi" sehingga tidak cocok lagi kalau diposting sekarang ini. Kalau sudah begitu, kadang jadi nyesel. Padahal draft itu sebenernya bahan yang bagus untuk diposting. Jadi untuk tetap mempertahankan draft yang sudah lama, saya ganti gaya menulisnya atau sudut pandangnya. Misalnya dibuat jadi seperti nostalgia.

Draft terbaru yang saya sesali karena tak kunjung selesai adalah opini saya tentang timnas U-19 di piala AFF 2017 dan timnas U-22 di ajang SEA Games 2017. Di dalamnya saya juga ingin membahas  fenomena kosakata-kosakata komentator bung Valentino "Jebret" Simanjuntak. Waktu itu muncul frasa umpan membelah lautan, dan lain-lain.  Tentu sudah basi jika diposting sekarang. Memang sih belum saya hapus, tapi saya belum menemukan sudut pandang yang pas agar relevan jika diposting sekarang ini. Kalau tega, saya sudah hapus draft itu. Tapi takut ntar nyesel haha.

Nah yaudah saya cuma sekedar utak-atik draft blog seperti itu saja, menghapus dan menggabungkan. Eksekusi mempostingnya masih kurang sering. Apalagi sekarang ini, saya rasakan lebih parah.  Saya tidak tahu apakah saya mengalami titik jenuh atau apa. Di satu sisi saya sudah mencoba mendorong diri selalu untuk menulis saat weekend. Namun setelah menulis beberapa baris langsung berhenti. Itu terjadi berulang-ulang. Hasilnya beberapa draft sudah ada tulisannya tapi belum selesai. Itulah penyakit sesungguhnya. Mulai menulis dan tidak langsung saya selesaikan. 

Setelah dipikir-pikir, kesulitan yang saya temui adalah bagaimana merangkai poin-poin gagasan pokok menjadi paragraf-paragraf yang padu. Tak jarang saya mentok karena kesulitan menemukan kata yang ingin saya ungkapkan. "Saya mau ngomong begini, tapi gimana nulisnya ya" kira-kira seperti itu gambarannya. Kalaupun saya lanjutkan menulis, takutnya tulisannya tidak dimengerti pembaca.

Mungkin kedepannya saya harus lebih percaya diri dalam menulis agar tidak terjadi lagi menulis berhenti di tengah jalan

Bagi kalian para blogger, apakah pernah mengalami hal yang sama ? Kalau mau, silakan share lewat kolom komentar 😃

NB: Eh... lah ini akhirnya saya bisa langsung menyelesaikan satu tulisan tanpa berhenti dahulu hehe

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

20 Komentar untuk "Banyak Ide Minim Eksekusi"

  1. Saya ngga sampai segitu parah nya,
    Inti nya pembiasaan menulis sj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya harus membiasakan menulis langsung selesai. Trimakasih komentarnya :)

      Hapus
  2. haha, saya juga gitu mas
    aku juga punya draft dari tahun 2014
    akhirnya aku biarin saja, ga aku hapus ya ga aku terbirkan

    BalasHapus
  3. Sya juga sering begitu mas, sdh buat tulisan tp ragu apakah ini pas untuk d posting atau tidak. Akhirya teebegkalai jd draft zombie.
    Salam kenal mas pras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga ya hehe. Tapi jangan sampai keterusan. Jadi bener kata postinganmu. Menerapkan disiplin menulis. hehe

      O iya.. salam kenal juga adi

      Hapus
  4. wah banyak banget mas
    aku ngedraft paling lama seminggu hehe

    BalasHapus
  5. Terkadang terkendala waktu kak ..apa lagi seperti saya ibu rumahtangga yang udah punya baby ...ngeblog itu kudu bisa nyuri waktu hejehe

    BalasHapus
  6. Yg penting istiqomah kang ..hahaha enak di jadwalkan untuk posting blog

    BalasHapus
  7. Yg penting istiqomah kang ..hahaha enak di jadwalkan untuk posting blog

    BalasHapus
  8. PROBLEM KLASIK BRO HEHE. dibikin asyik aja, dan soal tulisan dirasa gak bagus sambil jalan bisa dikoreksi lah

    BalasHapus
  9. hahaha, ampun.. itu draft banyak banget. ya, aku juga sering mengalami sii.. banyak banget ide ini dan itu, tapi eksekusinya jarang, hikks hikss :(

    BalasHapus
  10. Naaaah ini problem aku bangettt. Banyak ide sliweran, banyak alasan juga utk ga langsung dieksekusi akhirnya lupa idenya apaan hahahaa.

    BalasHapus
  11. Hahaaa, problematika seorang blogger ya bgini emg.. Udh bkin postingan... ujung2nya jd draft n ga diterusin lg. Soalnya klo nulisnya nyicil2 feelnya suka ilang gtu sih :') mendingan sekali ngetik lgsg posting dehh..

    Ku juga seering bgt pgn nulis yg lg happening, tp ga slsai. Akhirnya klo udh jd drft.. Udah. Wassalam deh. Udh basi, mau nerusin lg suka males, akhirnya diapus aja tnpa ada pnysalan. Hahaha

    BalasHapus
  12. Intinya adalah lawan rasa malas, karena rasaa malas yang kadang menghambat seseorang untuk berkembang lebih jauh lagi.

    BalasHapus
  13. Kalau aku pribadi memang gak pernah nulis langsung di blog, biasanya di notepad dulu, dan aku selalu biasakan langsung publish, dan udah di saring sebelum masuk notepad.

    Semoga kedepannya, bisa langsung publish ya, Mas. Semangat, semoga istiqomah terus berbagi dan menginspirasi dari blog..

    Btw, salam kenal ya, Mas..

    BalasHapus
  14. Kalo sedang jenuh menulis, biasanya aku jalan jalan dulu atau ganti sementara dengan aktifitas lain biar refresh mood nulis :)

    Salam kenal,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  15. wkwkw sama nih kek gue banyak draft mengendap, ujung2nya isi draft itu udah basi karena tergerus zaman dan akhirnya di delete :( klo gw paling jalan2 dlu. refreshing. abis itu balik lg open laptop, buka blog. lalu.. delete draft selanjutnya XD

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel