07 Juni 2017

Ayo Kita Betulkan Penanda Titik Lokasi di Google Maps !



Prelude
Semalam saya sedang blogwalking dan menemukan tulisan yang membahas tentang local guide. Ya ternyata si pemilik blog juga suka mengutak-atik google maps. Nah melihat itu, saya jadi terinspirasi untuk membuat postingan dengan tema serupa. Namun tentu isinya berbeda karena berdasarkan sudut pandang saya. Apa yang mau saya bahas dari google maps ? Let's check this out

Bagi saya, dari sekian banyak aplikasi smartphone, google maps menjadi aplikasi yang benar-benar sangat menolong. Soalnya, kalau mau pergi kemana-mana saya masih mengandalkan sepeda motor. Kenapa nggak naik angkutan umum ? Itu karena tempat tinggal saya jauh dari stasiun, terminal, bahkan halte busway sekalipun. Nah tak jarang saya mesti ke suatu tempat yang jauh dan belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Disitulah gunanya google maps. Tentu kalian juga merasakan lah ya pentingnya google maps. Untuk mencari jalan ke suatu tempat, aplikasi itu menjadi satu-satunya andalan.

Namun saya pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Waktu itu di tahun 2015, saya ingin menuju ke sekolah tempat saya bekerja sekarang ini. Saya belum tahu dimana letak sekolah itu. Tentu saya mengandalkan google maps untuk sampai kesana. Sambil mengendarai motor saya melihat google maps. Saya berusaha mengikuti jalan menuju titik lokasi sekolah yang ditunjukkan. Namun ada yang nggak beres. Saya memasuki komplek rumah-rumah warga, Tidak ada tanda-tanda keberadaan sekolah disitu. Dan akhirnya saya sudah berada dititik yang ditunjukkan tapi tetap saja yang saya temukan hanya rumah-rumah. Saya muter-muter disekitar titik tersebut tapi tetap saja nggak menemukan sekolahnya.

Lah ini gue udah bener ngikutin petanya tapi mana sekolahnya ? Kalau bukan disini terus gue mesti nyari kemana ?. Begitulah gumam saya dalam hati. Dalam kondisi tersebut saya mesti pakai cara konvensional, bertanya ke orang-orang.

Tanya ke orang pertama, dia nggak tau.
Tanya orang kedua, dia nggak tau.
Tanya orang ketiga, dia asal nunjuk sekolah.

Lah ini orang-orang kok nggak ada yang tau sih ?!

Apakah karena letaknya masih jauh dari situ ya. Akhirnya saya nekat hanya mengandalkan insting saja.  Dari situ saya ke arah Pasar Sumur Batu dan menelusuri jalan sumur batu raya. Dan Puji Tuhan.... nggak sengaja saya menemukan plang yang menunjukkan lokasi SDN Sumur Batu 01, sekolah yang saya cari-cari. Ternyata lokasinya masuk gang kecil, tapi nggak jauh dari jalan raya.

Saya kini pun menyadari kalau saat itu titik lokasi yang di peta adalah di daerah Cempaka Baru, padahal sekolah saya di Sumur Batu. Beda Kelurahan Cuy ! Nah setelah kejadian itu saya jadi gregetan. Pengen ngubah titik lokasi sekolah saya yang ada di google maps biar bener. Jadi nggak ada lagi orang yang nyasar kalau mau ke sekolah saya. Tapi saya berpikir, apakah bisa mengubah titik lokasi di google maps ? Setelah saya iseng klik-klik sana sini di google maps, ternyata bisa.

Bagaimana Caranya ?

Pertama, ketik nama tempatnya di google maps. Sebagai contoh saya mengetik SD Strada Bhakti Utama.O iya, pastikan kalian udah login ke akun google ya (gmail).  Kemudian pasti muncul kan penanda titiknya di peta. Lalu ubah dulu tampilan petanya menjadi tampilan satelit.



Nah lihat... titik google maps ternyata nggak bener menunjukkan tempatnya. Kenapa saya bisa bilang begitu ? karena saya menemukan bentuk atap bangunan SD strada bhakti utama yang tepat (lingkaran kuning kanan atas). Dari nama jalannya, Jalan Bromo, juga ada di lingkaran kanan atas itu. Kalau mau lebih yakin, silakan klik street view (udah tahu lah ya google street view).

Kedua. Setelah tahu lokasi yang tepat, klik kanan titik lokasi yang salah lalu klik laporkan masalah data.



 Ketiga, geser titik penandanya ke lokasi yang benar. Kalau alamat yang tertulis salah, bisa juga diedit dengan mengklik alamat yang tertera. Kalau udah beres, klik kirim.

Bagaimana bisa tahu kalau kita udah berhasil memindahkan titik lokasinya ? Silakan cek email, akan ada pemberitahuan dari google kalau pemindahan titiknya berhasil.



Nah sekarang udah tahu kan membetulkan penanda titik lokasi di google maps ? Kalau begitu silakan dicoba sehingga orang lain akan terbantu menemukan lokasi yang benar di google maps.


Update:
Tadi siang saya mau ke PUSDATIKOMDIK Rawa Bunga, Jatinegara. Dan lagi-lagi titik lokasinya salah. Titiknya melenceng 400 meter dari lokasi yang benar. Oke saatnya betulin lagi titik lokasi google maps



2 comments:

  1. terima kasih ilmunya. kalo klik kanan pakai hp bagaimana caranya

    BalasHapus
  2. Wah... maap saya juga nggak tau 😅. Selama ini saya ngedit google maps selalu di PC.

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger