Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

29 Juni 2017

29 Situs/Website yang Menerima Tulisan Pembaca



Blog merupakan salah satu media yang paling cepat dan mudah untuk mempublikasikan tulisan. Saya sudah bertahun-tahun menulis di blog. Hal yang membuat semangat nulis di blog adalah jumlah pengunjung dan komentar. Kadang juga keikutsertaan dalam lomba blog atau giveaway. Akhir-akhir ini ikut event blogger juga membuat semangat ngeblog.

Namun perlu diakui nulis di media yang sama bertahun-tahun ada jenuhnya juga. Perlu pengalaman bahkan tantangan baru untuk menulis di media lain. Maka saya mendaftar di Kompasiana dan menulis ke media cetak. Waktu itu saya belum tahu banyak tentang situs-situs yang menerima tulisan dari pembaca.

Saat ini begitu banyak situs yang menerima tulisan pembacanya. Ini menjadi kesempatan bagi blogger atau siapa saja yang suka nulis untuk mendapat pengalaman baru menulis di berbagai situs. Setiap situs memberikan penawaran keuntungan bermacam-macam. Mulai dari potensi di baca & share oleh banyak orang sampai pemberian honor. Saya pun juga mulai menambah media tempat menulis yaitu di opini,id. Saya pun penasaran website apa saja yang menerima tulisan dari pembaca. Setelah saya bolak-balik googling, inilah situs/website yang menerima tulisan dari pembaca:


Hipwee

Nggak perlu diragukan lagi betapa famousnya situs yang ada sejak April 2014 ini. Konten-kontennya memiliki daya viral yang kuat. Hipwee pun membuka kesempatan pembacanya untuk ikut mengirim tulisan. Caranya dengan terlebih dahulu login ke situs tersebut. Mengenai kriteria dan step-step memposting tulisan bisa dilihat di halaman redaksi. Sayangnya Hipwee tidak memberi honor. Tapi tulisan kita berpotensi dibaca dan dishare banyak orang. Bayangkan saja, pageview hipwee dalam sebulan bisa mencapai 13-19 juta. Menurut alexa.com, situs yang membuat rangking website di dunia, hipwee menempati peringkat 266 di Indonesia.

Males Banget (MBDC)

Situs yang ada sejak 2002 ini juga nggak kalah famous. Pageviewnya 2-3 juta dalam sebulan. Di Indonesia, situs ini berada di peringkat 1407. Kalau mau nulis di situs ini, caranya dengan mengirim email ke redaksi@malesbanget.com. MBDC menyadari kalau mereka cukup selektif dalam mempublikasikan tulisan dari pembaca. Maka mereka memberi petunjuk/tutorial bagaimana menjadi kontributor yang cocok untuk MBDC. Silakan lihat artikelnya di: mlsbgt.de/1anpJKN, dan mlsbgt.de/ZapwCY .

Idntimes

Situs ini bersama popbela.com berada dibawah naungan IDN Media. Menurut www.similarweb.com, Idntimes memiliki pageview sebanyak 3 jutaan per bulan. Situs ini berada di peringkat 31 se-Indonesia. Mulai Februari 2017 Idntimes merilis kanal Community. Maka, untuk menulis di situs ini, silakan login dahulu di halaman community. Ada peluang untuk mendapat honor. Lebih lengkapnya silakan buka: https://life.idntimes.com/inspiration/ernia/menulis-di-idn-times-community-tukarkan-dengan-uang-tunai-c1c2/full

Opini.id

Dari sekian banyak situs yang saya tampilkan di postingan ini, Saya baru bisa nulis di opini.id. Itu juga karena opini.id tidak memberlakukan penyeleksian artikel. Jadi setelah kita posting, saat itu juga langsung muncul. Jika kalian mau nulis di situs ini juga, cukup tinggal login aja.


Trivia.id and Other Zetta Media Portal

Zetta Media memiliki beberapa portal media dan yang paling terkenal adalah Trivia.id. Selain trivia, masih ada banyak lagi yaitu:
1. virala.id,
tentang hal-hal kreatif, inovatif di kalangan generasi muda
2. ributrukun.com,
tentang relationship dan keluarga
3. rockingmama.id/,
untuk kalangan ibu-ibu muda yang baru saja menikah
4 .http://kamantara.id/,
tentang cinta dan hubungan
5. http://moola.id/,
tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan
6. http://bola.media/,
dari namanya udah jelas ya, tentang sepak bola
7. http://rula.co.id/,
untuk kalangan perempuan
8. http://merryriana.co/,
memang sih salah satu kontributornya adalah Merry Riana. Situs ini tentang motivasi hidup gitu lah.
9. bagaya.id,
tentang gaya hidup
10. http://wewerehere.id/.
sharing tentang travelling

Semua situs itu menerima tulisan pembaca loh ! Caranya dengan login terlebih dahulu di situsnya. Tapi kita mesti sesuaikan apa topik/tema masing-masing situs tersebut.

Keepo.me
Situs yang ada sejak 2012 ini memiliki pageview 700-800ribu per bulan. Peringkat alexa di Indonesia di posisi 230.  Untuk menulis disitus ini, harus login terlebih dahulu. Tombol loginnya ada di sebelah kanan-atas.

Pulsk

Situs ini ada sejak 2012. Pageview per bulannya 600-800ribu. Jika ingin menulis di situs ini, klik create post. Namun harus login dahulu.


Mojok.co

Situs yang ada sejak Agustus 2014 ini sempat menggemparkan jagat dunia maya. Saat itu Maret 2017, founder mojok menyatakan bahwa situs tersebut tutup. Banyak netizen yang merasa kehilangan. Namun beberapa bulan kemudian (Mei 2017) ternyata situs ini kembali bangkit. Mojok masih memberi honor untuk tulisan pembaca yang dipublikasikan. Namun memang harus melewati proses seleksi. Untuk lebih jelasnya tentang ketentuan menulis di mojok, silakan lihat https://mojok.co/kontribusi/ 

Qureta
Situs ini lebih cenderung mengenai opini-opini tepatnya bersifat reflektif.  Kalau mau nulis, cukup dengan klik tombol tulis artikel. Tentu saja Kita mesti login dahulu


UC News
Situs ini lebih spesialis diranah apps yang bisa didownload di play store. Berbagai web/blog sudah banyak yang menjelaskan dan mereview tentang menulis di UC News. Jika mau ikutan nulis disitu, daftar dahulu di: https://wm.ucweb.com/index.html. UC News memberi honor untuk tulisan yang dimuat.

Babe
Sama seperti UC News, kita sudah tahu bahwa babe juga spesialis di ranah apps. Kalau mau nulis, daftar dulu di https://nulis.babe.news/. Babe juga memberi honor untuk tulisan yang dipublikasikan.


Basabasi.co
Situs buatan penerbit buku Diva Press ini bertema sastra. Jadi tulisan yang diterima adalah puisi, cerpen, esai, resensi buku, dll. Ya pokoknya tentang sastra lah. Bagusnya, basabasi memberi honor untuk tulisan yang dipublikasikan. Namun tulisan itu mesti lolos seleksi. Ya sepertinya agak berat. Untuk cara mengirim dan ketentuannya bisa kunjungi situsnya dan buka halaman cara mengirim naskah.

Kumparan.com

Founder situs ini merupakan orang-orangnya detik.com. Kumparan.com terhitung masih baru karena baru ada sejak pertengahan 2016. Walau demikian, situs ini menunjukkan tren pageview yang terus meningkat dalam 5 bulan terakhir. Bulan Mei lalu, pageviewnya mencapai 3,6 juta. Peringkat alexa di Indonesia juga bagus yaitu di posisi 49. Jika mau nulis di situs ini, silakan login atau klik create story.

Plimbi
Saya tidak sengaja menemukan situs ini. Sepertinya situs baru. Pageview per bulannya 400-500ribu. Peringkat alexa di Indonesia 1.882. Plimbi ternyata juga menerima tulisan dari pembaca. Plimbi memberi apresiasi berupa poin yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah. Untuk menulis di situs ini, harus login terlebih dahulu.

Jalan Tikus

Kita tahu situs ini spesialis konten teknologi, komputer, dan internet. Jalantikus.com memiliki pageview kurang lebih 18 jutaan per bulan !. Peringkat alexa di Indonesia yaitu di posisi 114. Untuk menulis di situs ini harus login terlebih dahulu. Kemudian buka writer panel.

Situs Sepak Bola
Ada tiga situs sepak bola yang menerima tulisan. Pertama, pandit football. Untuk mengirim tulisan, silakan buka http://panditfootball.com/page/kirim-tulisan. Kedua fandom.id. Kirim tulisan lewat email ke fandom.indonesia@gmail.com. Ketiga, Football Tribe. Kirim tulisan ke indonesia@football-tribe.com

Vebma
Situs ini juga terhitung baru yaitu sejak Agustus 2016. Vebma memiliki pageview 200ribu per bulan, Menempati peringkat 347 di Indonesia menurut alexa.com. Vebma memberi honor untuk artikel yang dimuat. Kalau mau nulis, tinggal klik tombol "buat artikel", tapi harus login dahulu. Mengenai ketentuan dan penjelasan honor silakan lihat https://www.vebma.com/tips/7-8juta-Perbulan-dari-Vebma-com/623

NB: Semua data yang disajikan merupakan data per Juni 2017. 

37 komentar:

  1. aku cuma pernah nulis di IDN Times, tapi akibat bergentayangan di dunia nyata, gak nulis lagi deh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih keren nulis di Idntimes.
      bergentayangan di dunia nyata ? maksudnya ?

      Hapus
  2. Untuk sementara gue nulis di blog gue aja dulu di www.indrathrw.com sebagai tempat untuk belajar menulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya... nulis di blog tetep yang utama.

      Hapus
  3. Makasih ya untuk infonya, saya sih masih fokus nulis blog aja dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak... saya juga masih seringnya di blog hehe

      Hapus
  4. Wuih banyak juga ya mas, aku tahunya cuma beberapa seperti ucnews, jalan tikus, hipwe yang lain nya baru dengar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak... makanya saya bikin postingan ini. Biar nggak lupa hehe. Siapa tau ntar berguna hehe

      Hapus
  5. Blog dulu dah, posting ini bisa jadi referensi kalau udah siap aja lah. Wkwkwkwk thank you btw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha Iya bro... blog dulu yang penting. Iya postingan ini di bookmark dulu aja siapa tau ntar kepake haha

      Hapus
  6. Tambah lagi boleh ya...bisa nulis juga di indoblognet.com. Nggak ada honor sih menulis di sana, tapi akan diprioritaskan untuk sejumlah job content.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak sudah menambah referensinya :)

      Hapus
  7. Sekadar info, Plimbi hadir Mei 2015. Plimbi adalah pivot dari Portal.Paseban.com yang dulunya web portal khusus untuk niche teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh gitu... baru tau saya. Makasih mas infonya

      Hapus
  8. Jangan Lupa Berkunjung ke : https://bittercp17.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  9. Sama, Yan. Gue juga baru pernah nulis di Opini. Itu pas awal-awal Opini keluar tapian. Sekarang mah tulisan gue udah ilang pas Opini memperbarui webnya. Huhu. Jadi, sekarang cukup nulis di blog pribadi aja deh. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh gitu... lah sayang banget ya ilang tulisannya. Iya keep blogging aja yog

      Hapus
  10. Dari beberapa situs di atas, aku cuma pernah nulis di Hipwee sama Idntimes. Pernah ngirim tulisan ke basabasi tapi gak tembus. Huhu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih... udah keren itu pernah di Hipwee sama Idntimes.
      Iya basabasi memang selektif dan berat keliatannya

      Hapus
  11. Oh ya saya tambahin juga dengan Viva juga menerima tulisan kita dan bisa meningkatkan traffic blog kita 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya... saya baru ingat. Vivalog sama citizen6-nya liputan 6 juga bisa

      Hapus
  12. Banyak banget ya. Semoga bisa nitip tulisan

    BalasHapus
  13. Makasih infonya...sangat bermanfaat :) bisa mulai di coba-coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak. Iya silakan bisa dicoba. Banyak pilihan hehe

      Hapus
  14. Mas Brian, makasih informasinya. Banyak yg belum kutahu. Beberapa udah login tapi login aja, nggak nulis hehehe. Mojok ma basabasi gagal mulu wkwkw. Semangat nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2 mbak... haha nggak papa login dulu.
      Hmm.. iya mojok sama basabasi kayaknya susah

      Hapus
  15. Terima kasih mas, informasinya sangat bermanfaat untuk melatih keterampilan menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp... terima kasih juga mas sudah main ke blog ini

      Hapus
  16. Wah dari daftar itu saya hanya tau 5 saja hehe (Hipwee, Males Banget, Kumparan.com, Plimbi, dan Jalan Tikus). Hipwee dan Jalan Tikus lebih sering baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh plimbi udah tau mas ? Saya malah baru tau. Itu aja karena nggak sengaja terdampar kesitu hehe

      Hapus
  17. Situs-situs ini keren banget kok. Redaksinya juga makin selektif, jadi tulisan yang terpublish oke semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ada beberapa yang tanpa seleksi. Misalnya opini.id sama kumparan

      Hapus
  18. Thanks infonya. Kalau di babenews kategorinya terbatas dan reviewnya lama bgt, ditungguin tau2nya gak nembus. Sekarang sih yg nyaman nulis di idntimes.
    Tambahan mas, shopback.co.id juga bisa krim artikel dpt honor juga.

    BalasHapus
  19. Waw ternyata banyak juga yah, mau nambahin nih gan bozzme.com tapi masih tahap beta sih beberapa bulan lagi release nya
    honornya sama kaya idn times berupa point yang bisa di konversi

    nice artikel gan

    BalasHapus
  20. Pernah saya pengen coba-coba nulis di panditfootball. Tapi susah banget. Buntu mau nulis kayak gimana. Tetep lebih enak nulis di blog sendiri bisa bebas dan suka suka kita. Hehe

    BalasHapus
  21. Artikelnya keren mas bro dan dangat bermanfaat bagi saya. Thanks

    HarisMeon

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur 25an kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts