04 Maret 2017

Apakah Google Masih Menjadi Tren Sumber Pengunjung Web/Blog Saat ini ?



Beberapa tahun silam, situs search engine seperti google menjadi andalan para blogger untuk mendatangkan pengunjung. Maka, para blogger berlomba-lomba meningkatkan SEO agar blog bisa nangkring di halaman pertama google bahkan kalau bisa dibarisan nomor satu. Menginjak tahun 2017 ini, saya pun masih menganggap google sebagai sumber pengunjung paling efektif. Namun ketika mengikuti workshop blogger day, saya jadi baru sadar akan satu hal. Sekarang ini ternyata ada sumber pengunjung yang lebih efektif daripada google, yaitu medsos khususnya facebook.

Kenapa Medsos lebih efektif dari pada google ?

Setelah dipikir-pikir, menurut (kesotoyan😅) saya, Medsos lebih efektif karena didukung perilaku netizen yang memang lebih dekat pada medsos dibanding google. Coba perhatikan. Ketika seseorang iseng membuka handphonenya, apa yang pasti dibuka ? Apakah google ? nggak kan ? Pasti yang dibuka aplikasi chatting trus abis itu medsos. Seseorang baru akan menggunakan google bila dia memang sedang perlu mencari info tertentu. Kalau lagi nggak mau searching ya nggak buka google. Nah ketika membuka medsos (terutama Facebook) selain status-status teman facebook kita, kita juga disuguhi feed artikel dari suatu web. Feed artikel muncul karena kita menge-like facebook page web tersebut, teman FB komentar, menyukai atau memang menshare postingan artikel tersebut. O iya tentu saja juga ada feed artikel bersponsor (mengiklan di Facebook). Lihat.... Facebook memberi banyak cara agar suatu artikel muncul dihadapan netizen. Munculnya postingan tersebut bisa saja membuat seseorang yang sebelumnya sedang tidak berniat membaca/searching artikel, menjadi mau membaca artikel karena dihadapannya telah disuguhi feed postingan artikel yang menarik perhatiannya. Nah agar menarik perhatian, maka buatlah judul artikel yang bisa bikin orang penasaran.

Bikin Facebook Page

Tuh niat banget.. Promo facebbok pagenya sampe dibikin pop-up begitu
Payah juga saya baru nyadar akan tren ini. Untung saya ikut workshop itu, jadi terbuka pikiran saya. Pembicara pada workshop itu adalah Mbak Ainun seorang blogger senior dan pendiri akademi berbagi. Melihat tren sumber pengunjung itu maka Mbak Ainun menyarankan agar blogger membuat facebook fanpage. Inilah jawaban kenapa belakangan ini saya temukan mulai banyak blog yang membuat facebook page. Ternyata mereka sudah lebih dahulu menyadari tren sumber pengunjung blog saat ini. Mbak Ainun juga menyarankan kalau bisa daftar iklan facebook untuk mempromosikan postingan. Ya walaupun mesti bayar, mengiklankan postingan di facebook memang efektif sebagai awal agar artikel bisa viral. Kalau pengalamannya Mbak Ainun tarifnya bisa 50ribu per minggu atau 100ribu per bulan, tergantung kebutuhan. Saya cek ke facebook.com tarif minimalnya mulai dari $1 per hari

Tentukan Niche (Tema) Blog.

Blognya Kang Rohman khusus membahas tutorial blog

Lebih lanjut mbak Ainun menyarankan agar blog punya tema yang spesifik. Menurutnya, seseorang dikenal paling banyak karena 3 hal. Maka postingan blog jangan terlalu random agar blog tersebut cepat dan mudah dikenal. Misalnya saya beserta blogger 2009an lainnya  jika mencari blog tutorial maka akan ingat dengan blognya kang Rohman. Nah blog yang bertema spesifik itu juga akan berpengaruh pada efektifnya facebook page dan promosi iklan lewat facebook. Misalkan orang yang ngelike blog bertema parenting, tentu harapannya dia akan selalu mendapat feed postingan parenting di timeline facebooknya. Kalau postingannya bercampur-campur dengan tema lain, mungkin bisa bikin orang itu risih dan nggak mau ngelike.

Belajar dari Seword.com



Sebagai contoh,  web yang berhasil booming berkat optimasi medsos adalah seword.com. Siapa yang tidak tahu seword.com ? Ya situs itu sebenarnya pemain baru kan ? Berdasarkan arsip tulisannya, situs ini baru muncul tahun 2015. Tapi kepopulerannya sudah selevel portal berita nasional. Lihat saja ranking alexanya, 12000-an coy ! Memang sih seword ini identik dengan situs yang kontroversial dan diduga suka posting artikel hoax. Namun konteksnya bukan itu. Saya ingin mencermati bagaimana seword bisa mendapat kepopuleran yang cukup instan.

Mari kita lihat, semua orang tahu seword.com dari mana ? Dari google ? Nggak kan. Pasti dari facebook. Coba kalo seword nggak optimasi medsos, mana ada orang yang tau. Selain optimasi medsos, keberhasilan seword juga didukung tema konten yang sering dishare cukup spesifik yaitu opini politik. Postingannya tak jarang juga menimbulkan kontroversi. Tiga faktor itu membuat seword.com menjadi melejit.

Namun, ada satu hal menarik. Ternyata sebenarnya seword.com punya banyak kategori artikel. Padahal sebelumnya saya sebutkan bahwa facebook page/iklan facebook lebih efektif jika blog bertema spesifik. Nah lho gimana tuh ?

Kalau begitu berarti walaupun tema kontennya gado-gado, kita tetap tentukan tema konten unggulan. Misalnya tentang traveling. Jadi postingan travelling saja yang diposting di page facebook dan di iklankan lewat facebook.  Ya seperti seword.com itu. Kita bisa lihat konten unggulannya tentang opini politik, karena yang sering viral adalah tentang opini politik. Nah berarti untuk blog personal atau blog gado-gado bisa juga membuat page facebook.

10 comments:

  1. untuk traffic organic masih sih, tapi optimasi di medsos juga nggak ada salahnya :D karena lumayan gede traffic dari medsos ini~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih.. traffic organik masih tetep dari google. Tapi pengunjung bakal stagnan segitu-gitu aja.

      Hapus
  2. pernah kepikiran nulis di seword karena temen2 k pada ke sana cuma kok ya... hehe
    si empunya seword emang saya akui jempol banget optimasi di fb. meski kontroversinya gak keturunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah nggak kepikiran sama sekali nulis disana hihi. Iya soalnya itu situs ya kayak gitu ya hehe.

      Iya pemiliknya bener-bener jitu optimasinya di fb. Banyak netizen yang kemakan artikelnya haha

      Hapus
  3. Seword memang kece, suka mampir juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... tapi kalau baca artikelnya seword harus di Cek & Ricek lagi hehe

      Hapus
  4. artikelnya seword sudah populer di facebook. pinter banget cara promosinya emang

    BalasHapus
  5. Aku setuju, sosial media itu paling tinggi masuk ke blog. Dari situ akhirnya blog bisa direkomendasikan di page one. Ujung-ujungnya ya entar sumber lalu lintasnya pelan-pelan dari goole juga :D

    Semangat blogging... ^^

    BalasHapus
  6. Eh iya juga ya,,,saya juga sering baca postingan seaword dari Facebook, ternyata itu baru...

    BalasHapus
  7. banyak belajar dr trackrecord nya seword.com lah ....
    Trims Artikelnya, salam kenal

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger