Banner Promo

Menu Pilihan

Dari Grojogan Sewu sampai Hutan Pinus & Kebun Buah Mangunan yang Hits

Setelah bolak-balik, jalan masuk Curug Setawing tetep nggak ketemu. Yaudah karena yang ditemukan malah Grojogan Sewu, maka dalam sekejap arah tujuan berubah ke Grojogan Sewu saja. Dari jalan raya ternyata masuknya masih jauh. Untungnya penunjuk arah tersedia di beberapa titik. Menurut informasi dari google, jarak dari parkiran ke Grojogan adalah 200 m. Namun saat itu, sekitar 300 m sebelum sampai parkiran, mobil harus berhenti karena jalan sedang di perbaiki. Jadilah saya dan keluarga berjalan kaki 500 m menjuju Grojogan Sewu. Untuk masuk kesana pengunjung dikenakan tiket Rp 3.000 per orang.

Saya sangat semangat sehingga berjalan jauh paling depan. Ketika sampai, saya cukup puas melihat Grojogan Sewu. Rasa capek setelah berjalan kaki pun tak terasa. Tempat ini sepertinya masih jarang diketahui banyak orang. Ketika saya datang, hanya ada satu rombongan keluarga besar.

Grojogan Sewu memiliki bentuk yang agak lebar dengan ketinggian 10-15 meter. Jatuhan airnya cukup deras. Semua itu membuat Grojogan Sewu cukup Eksotik sebagai latar berfoto ria hehe. Di depan air terjunnya terdapat kolam dengan kedalaman kira-kira sampai leher orang dewasa. Sayangnya saya sampai disana memang sudah sore, jadi rasanya baru sebentar dan belum puas. Namun langit mulai mendung dan ibu saya pun mengajak pulang, saat itu pukul 17.00 lewat.

Menurut saya Grojogan Sewu cocok untuk anak muda atau keluarga muda yang punya semangat menjelajah. Namun sebaiknya pertimbangkan kembali kalau bersama anggota keluarga yang fisiknya kurang kuat karena medan yang dilalui cukup melelahkan.

Hari ketiga. Setelah menghadiri acara pernikahan teman kerja bapak, saya menuju Imogiri. Bukan ke makam raja-raja tapi ke destinasi yang saat ini sedang hits. Hutan Pinus Mangunan.. Destinasi  ini memang sudah banyak yang tahu. Maka sampai sana, banyak mobil yang berjejer di parkiran dan di area hutan pinus cukup banyak pengunjung. Selain mata kita dimanjakan dengan indahnya deretan pohon pinus, udara disana juga sejuk sehingga terasa makin nyaman. Destinasi ini bener-bener instagramable.

Disana banyak tempat-tempat duduk dan gardu pandang yang terbuat dari kayu. Ikon tempat ini adalah panggung dengan tribun tempat duduk dari batang kayu yang berjejer membentuk setengah lingkaran. Namun saya tidak menemukan panggung tersebut. Selama 1 jam saya disana. Sebenarnya pengen lebih lama tapi sudah pukul 16.30 dan masih ada destinasi selanjutnya, kebun buah mangunan. Jadi terpaksa harus pergi dari sana.

Selanjutnya Kebun Buah Mangunan. Awalnya saya kurang tahu tentang tempat ini. Namun, ketika saya ngecek google maps, nggak sengaja saya lihat lokasi tempat ini. Setelah saya googling, ternyata bagus juga. Lokasinya nggak jauh dari hutan pinus jadi sekalian saja mampir kesana. Lumayan…sekali dayung, dua destinasi terlampaui hehe. Mendengar namanya, saya mengira tempat ini menawarkan kebun buah dengan udara yang sejuk. Namun ternyata yang disuguhkan adalah tempat di pinggir tebing untuk memandang alam. Untuk mencapai puncak lokasi, normalnya mobil bisa masuk hingga ke atas. Namun beda  cerita dengan yang saya alami. Saya harus jalan kaki 500 meter dari pintu gerbang depan karena katanya parkiran mobil di atas sudah penuh. Padahal kata sopir saya, setelah kami datang, ada mobil lain yang diperbolehkan naik ke atas. Huhhh... berarti lain kali kalau ditahan nggak boleh naik, tetep paksain aja naik.

Walaupun harus berlelah-lelah jalan kaki, capeknya langsung hilang. Mata benar-benar dimanjakan mewahnya hamparan bukit-bukit hijau  dan disertai lengkungan sungai. Disana pengunjung juga lumayan ramai sehingga harus pinta-pintar cari celah untuk foto-foto hehe. Disana saya juga 1 jam. Tentu masih belum puas. Namun langit sudah mulai gelap, terpaksa harus pulang.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

18 Komentar untuk "Dari Grojogan Sewu sampai Hutan Pinus & Kebun Buah Mangunan yang Hits"

1. ah kebun buah mangunan
    kapan bisa ke jogja lagi
    keren mas

Balasan
    1. Makasih bro... Iya saya juga pengen ke Jogja lagi, Terutama Gunung Kidul hehe

Hapus
  2. wah grojogan sewu nya asyik apalagi hutan pinusnya, aku suka dengan hutan pinus kesanya eksotis

Balasan
    1. Iya mba..pemandangannya yg eksotis bikin saya tertarik kesana dan udaranya juga sejuk jadi mata adem, pikiran juga adem hehe

3. grojogan sewunya bikin ngiler pengen ksana

Balasan
    1. Nah... cobain deh mas kesana. Mumpung masih jarang-jarang ada orang yg dateng hehe

Hapus
  4. Makin banyak hutan pinus yg jd destinasi favorit jalan2 yah. Grojogan sewu bagus bangeeet.. :)

Balasan
    1. Iya hutan pinus dimana-mana sekarang jadi trend destinasi. Iya grojogan sewu dari sananya udah bagus, padahal itu fotonya cuma pake hape dan no edit hihihi

5. Balasan
    1. Ahahaha... iyalah gath... kamu kan yang punya wilayah sana pasti udah pernah dari dulu ye wkwk

6. mangunan belum satupun destinasi yang aku kunjungi -_-
    padahal semakin banyak tuh spot-spot yg hits

Balasan
    1. Nah iya bener mas. Selain yang saya kunjungi itu, saya baru tau ternyata masih ada spot2 lain di mangunan

7. Tempatnya asyik-asyik.
    Pemandangannya juga indah :)

Balasan
    1. Iya pemandangannya itu bikin saya tertarik kesana :)

8. kapan ya aku bisa ke jogja menikmati pesona alam disana

BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.