14 Januari 2017

Dari Grojogan Sewu sampai Hutan Pinus & Kebun Buah Mangunan yang Hits


Setelah bolak-balik, jalan masuk Curug Setawing tetep nggak ketemu. Yaudah karena yang ditemukan malah Grojogan Sewu, maka dalam sekejap arah tujuan berubah ke Grojogan Sewu saja. Dari jalan raya ternyata masuknya masih jauh. Untungnya penunjuk arah tersedia di beberapa titik. Menurut informasi dari google, jarak dari parkiran ke Grojogan adalah 200 m. Namun saat itu, sekitar 300 m sebelum sampai parkiran, mobil harus berhenti karena jalan sedang di perbaiki. Jadilah saya dan keluarga berjalan kaki 500 m menjuju Grojogan Sewu. Untuk masuk kesana pengunjung dikenakan tiket Rp 3.000 per orang.

Saya sangat semangat sehingga berjalan jauh paling depan. Ketika sampai, saya cukup puas melihat Grojogan Sewu. Rasa capek setelah berjalan kaki pun tak terasa. Tempat ini sepertinya masih jarang diketahui banyak orang. Ketika saya datang, hanya ada satu rombongan keluarga besar.

Grojogan Sewu memiliki bentuk yang agak lebar dengan ketinggian 10-15 meter. Jatuhan airnya cukup deras. Semua itu membuat Grojogan Sewu cukup Eksotik sebagai latar berfoto ria hehe. Di depan air terjunnya terdapat kolam dengan kedalaman kira-kira sampai leher orang dewasa. Sayangnya saya sampai disana memang sudah sore, jadi rasanya baru sebentar dan belum puas. Namun langit mulai mendung dan ibu saya pun mengajak pulang, saat itu pukul 17.00 lewat.



Menurut saya Grojogan Sewu cocok untuk anak muda atau keluarga muda yang punya semangat menjelajah. Namun sebaiknya pertimbangkan kembali kalau bersama anggota keluarga yang fisiknya kurang kuat karena medan yang dilalui cukup melelahkan.

Hari ketiga. Setelah menghadiri acara pernikahan teman kerja bapak, saya menuju Imogiri. Bukan ke makam raja-raja tapi ke destinasi yang saat ini sedang hits. Hutan Pinus Mangunan.. Destinasi  ini memang sudah banyak yang tahu. Maka sampai sana, banyak mobil yang berjejer di parkiran dan di area hutan pinus cukup banyak pengunjung. Selain mata kita dimanjakan dengan indahnya deretan pohon pinus, udara disana juga sejuk sehingga terasa makin nyaman. Destinasi ini bener-bener instagramable.



Disana banyak tempat-tempat duduk dan gardu pandang yang terbuat dari kayu. Ikon tempat ini adalah panggung dengan tribun tempat duduk dari batang kayu yang berjejer membentuk setengah lingkaran. Namun saya tidak menemukan panggung tersebut. Selama 1 jam saya disana. Sebenarnya pengen lebih lama tapi sudah pukul 16.30 dan masih ada destinasi selanjutnya, kebun buah mangunan. Jadi terpaksa harus pergi dari sana.

Selanjutnya Kebun Buah Mangunan. Awalnya saya kurang tahu tentang tempat ini. Namun, ketika saya ngecek google maps, nggak sengaja saya lihat lokasi tempat ini. Setelah saya googling, ternyata bagus juga. Lokasinya nggak jauh dari hutan pinus jadi sekalian saja mampir kesana. Lumayan…sekali dayung, dua destinasi terlampaui hehe. Mendengar namanya, saya mengira tempat ini menawarkan kebun buah dengan udara yang sejuk. Namun ternyata yang disuguhkan adalah tempat di pinggir tebing untuk memandang alam. Untuk mencapai puncak lokasi, normalnya mobil bisa masuk hingga ke atas. Namun beda  cerita dengan yang saya alami. Saya harus jalan kaki 500 meter dari pintu gerbang depan karena katanya parkiran mobil di atas sudah penuh. Padahal kata sopir saya, setelah kami datang, ada mobil lain yang diperbolehkan naik ke atas. Huhhh... berarti lain kali kalau ditahan nggak boleh naik, tetep paksain aja naik.




Walaupun harus berlelah-lelah jalan kaki, capeknya langsung hilang. Mata benar-benar dimanjakan mewahnya hamparan bukit-bukit hijau  dan disertai lengkungan sungai. Disana pengunjung juga lumayan ramai sehingga harus pinta-pintar cari celah untuk foto-foto hehe. Disana saya juga 1 jam. Tentu masih belum puas. Namun langit sudah mulai gelap, terpaksa harus pulang.

18 comments:

  1. ah kebun buah mangunan
    kapan bisa ke jogja lagi
    keren mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bro... Iya saya juga pengen ke Jogja lagi, Terutama Gunung Kidul hehe

      Hapus
  2. wah grojogan sewu nya asyik apalagi hutan pinusnya, aku suka dengan hutan pinus kesanya eksotis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba..pemandangannya yg eksotis bikin saya tertarik kesana dan udaranya juga sejuk jadi mata adem, pikiran juga adem hehe

      Hapus
  3. grojogan sewunya bikin ngiler pengen ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... cobain deh mas kesana. Mumpung masih jarang-jarang ada orang yg dateng hehe

      Hapus
  4. Makin banyak hutan pinus yg jd destinasi favorit jalan2 yah. Grojogan sewu bagus bangeeet.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hutan pinus dimana-mana sekarang jadi trend destinasi. Iya grojogan sewu dari sananya udah bagus, padahal itu fotonya cuma pake hape dan no edit hihihi

      Hapus
  5. Udah pernah semua... Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... iyalah gath... kamu kan yang punya wilayah sana pasti udah pernah dari dulu ye wkwk

      Hapus
  6. mangunan belum satupun destinasi yang aku kunjungi -_-
    padahal semakin banyak tuh spot-spot yg hits

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener mas. Selain yang saya kunjungi itu, saya baru tau ternyata masih ada spot2 lain di mangunan

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iya mba disana emang adem. Bikin betah hehe

      Hapus
  8. Tempatnya asyik-asyik.
    Pemandangannya juga indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pemandangannya itu bikin saya tertarik kesana :)

      Hapus
  9. suasana yang nyaman dan adem

    BalasHapus
  10. kapan ya aku bisa ke jogja menikmati pesona alam disana

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger