Banner Promo

Menu Pilihan

Jelajah Kepulauan Seribu

"Bri..... mau ikut gak ke kepulauan seribu. Itu masih ada sisa buat 1 orang"

Begitulah kira-kira ucapan bapak saya, yang menjadi awal terwujudnya trip saya ke kepulauan seribu (kepser). Namun entah kenapa saya kurang exited mendengar tawaran tersebut. Mungkin karena pesertanya bapak-ibu guru, dan karyawan komplek sekolah bapak saya. Jadi kurang nyambung gitu sama saya (yang anak muda gitu loh hahaha). Saya pikir nanti cuma jadi anak ilang.wkwk.

Tapi... ibu saya malah ngebet banget nyuruh saya ikut. Yaudahlah itung-itung buat pengalaman deh. Soalnya saya juga belum pernah ke kepser. Bahkan ini pertama kalinya saya keluar dari pulau Jawa hehehe (ketauan deh kalo saya kurang piknik -_-).

Maka jadilah saya ikut perjalanan tersebut pada Sabtu, 17/06/2016. Pertama, kami menuju ke sekolahan bapak saya. Dari sana, bareng-bareng naik mobil ke pelabuhan Muara Angke. Namun cuaca kurang bersahabat. Rintik-rintik hujan tak berhenti sepanjang pagi.

Jalan masuk menuju pelabuhan juga banjir. Kami sempat ragu dan mikir beberapa lama, mau diterobos atau nggak. Akhirnya nekat diterobos. Puji Tuhan nggak mogok mobilnya. Sampai pelabuhan jam 7 dan cuaca juga masih begitu. Aroma ikan cukup menyengat di pelabuhan. Kami dibagikan tiket, saya lihat harganya 55 ribu. Ada dua anak muda pemandu kami, cowok dan cewek. Jam 8 akhirnya kapal berangkat. Tujuannya adalah Pulau Kelapa, tempat kami menginap.

Kondisi cuaca membuat ombak lumayan besar. Tapi saya kira ombak segitu gak akan terlalu mengguncang kapal. Tapi dugaan saya salah besar. Saya tidak menyangka kapal akan terombang-ambing. Sampai saya pun akhirnya mabuk laut. Hadeuh.. lemah banget ya. Kenapa ya saya bisa mabuk. Setelah saya pikir-pikir, penyebabnya sebelum berangkat saya gak kepikiran minum antimo dan gak bawa juga bekal yang cukup mengganjal perut. Selain itu saya duduk di bagian dalam kapal. Harusnya saya pilih dibagian atas yang udaranya lebih enakan. Tapi udah terlanjur, bagian atas udah penuh.  Udahlah saya cuma pengen cepet-cepet sampai, udah ga kuat abang wkwk. Tapi perjalanan 3 jam saudara-saudara, harus sabarr. Saya coba tidur biar ga kerasa lama perjalanannya, tapi ga bisa. Hadeuhhh

Suasana di dalam kapal

Jam 11 Akhirnya sampai juga. Kapal ga langsung merapat di dermaga pulau kelapa. Kami harus pindah ke kapal nelayan dulu untuk diantar ke dermaga. Rumah Homestaynya dekat dari dermaga. Pulau Kelapa sejatinya bukan pulau wisata tapi memang perkampungan penduduk. Katanya sih pulau terpadat penduduknya di Kepser. Saya lihat tidak ada pantainya. Pulau ini bersebelahan dengan Pulau Harapan, bahkan katanya terhubung dengan jembatan. Tapi saya nggak lihat dimana jembatannya.

Sampai di Homestay kami makan siang, lalu dilanjutkan menjuju spot snorekling. Dengan kapal nelayan, kami dibawa cukup jauh ke tengah laut ke arah utara.. Warna lautnya bagus, biru. Kalau menjelang daratan warnanya hijau.

Air lautnya bagus hehehe

Ternyata di tengah laut itu ada yang dasar lautnya dangkal dan itulah spot snoreklingnya. Sayangnya saya nggak pandai soal ginian, berenang & nyelem. Yaudah saya cuma sekedar nyebur aja di laut, mainan air haha.

Spot Snorkeling

Setelah Nyebur ke Laut
 Setelah puas, kami menuju Pulau Perak, Istirahat, jajan Pop Mie dulu. Bagus juga pulaunya. Pantai pasir putih. Air laut cukup bening dan warnanya kehijauan. Tapi ombaknya nggak seru, nggak kayak di pantai selatan. Ya memang sih ombak pantai utara kayak gitu, tenang udah kayak danau aja.
Pemandangannya itu cocok banget buat foto-foto. Sayangnya adek saya nggak ikut, jadi kurang puas saya foto-fotonya hahaha,

Di Pulau Perak
Sebelum meninggalkan Pulau Perak, kami ditawarkan oleh pemandu, mau ke tempat snorkling yang lebih dalam atau berkunjung ke pulau-pulau aja. Kami memilih ke pulau-pulau aja. Sebenernya tujuan selanjutnya adalah ke Pulau Gosong. Tapi uniknya, pulau itu kalo air laut sedang pasang, pulau itu tenggelam !. Dan saat itu pulaunya sedang tenggelam. Pulau itu memang hanya bentangan memanjang pasir putih aja.

Oke Pulau Gosong dicancel. Lanjut ke Pulau Dolphin, tapi gak jadi juga. Soalnya menurut para peserta rombongan, kurang menarik. Oke jadinya ke Pulau Bira Besar. Di Pulau Bira Besar juga gak terlalu lama karena rombongan cuma numpang ke toilet. Jiahhh capedee.

Pulau Bira Besar, Bersama Bapak
Yaudah abis itu selesai deh. Hari menjelang sore. Kami balik ke Pulau Kelapa. Sekitar Jam 5 sore sampai di homestay. Ini badan rasanya pengen mandi, tapi berhubung kamar mandinya cuma satu dan yang ngantri segambreng, jadinya yang bapak-bapak mandi seadanya di kran air di depan homestay hahaha. Yaudah saya ikut mandi disitu juga. Kurang puas sih mandinya, saya jadinya masih garuk-garuk badan. Ya mau gimana lagi, nanti besok pagi harus mandi dengan sebenar-benarnya hahaha.

Setelah makan malam, nggak ada kegiatan. Malam belum terlalu larut sebenarnya, tapi saya nguantukkkk banget. Sebenernya masih mau ada bakar-bakar ikan & jagung. Tapi biarinlah, ini mata udah berat banget. Eh pas udah nggletak, malah susah tidur. Pas udah pules, suka kebangun mulu. O iya, saya dan bapak-bapak yang lain ga tidur di kamar tapi nggelepar aja di ruang tamu, berhubung terlalu banyak peserta hehe.

19 Juni 2016

Setelah sarapan, kami kunjungan ke pulau-pulau lagi. Cuaca cerah, matahari terasa sangat panas. Pulau pertama adalah Pulau Bulat. Pulau ini katanya milik keluarga cendana. Terdapat rumah peristirahatan berbahan kayu. Kondisinya tak terawat. Suasana pulaunya sih sama aja. Pantai pasir putih, warna laut yang sama seperti itu, dan pohon-pohon yang banyak tumbuh di tengah pulau. Bedanya, pulau ini dikelilingi susunan batu pemecah ombak

Di Pulau Bulat

Pulau terakhir, Pulau Genteng Kecil. Ini Pulau wisata yang paling bagus menurut saya. Terdapat beberapa rumah penginapan, sampah daun dibersihkan oleh petugasnya. Cuaca sangat panas jadi cukup menyulitkan untuk berfoto-foto hahaha. Tapi ya untung ga ada bedanya sih, pantai pasir putih dan ombak yang tenang.

Ya pada akhirnya setelah berkunjung ke beberapa pulau, visual yang didapat sama saja. Kalau dikatakan secara ekstrem, membosankan, gitu-gitu aja. Jadi mungkin idealnya berkunjung ke dua pulau saja. Agar tidak sampai kepada titik bosan tersebut.

Kami kembali ke Homestay dan Jam 11 balik lagi ke Muara Angke. Karena udah dapet pengalaman waktu berangkat, saya langsung minum antimo, dan makan siang di kapal sebelum berangkat. Duduknya pun langsung pilih di atas. Eh udah persiapan gitu ternyata perjalanan lancar jaya. Ombak tenang banget. Saya benar-benar menikmati perjalanan pulang dengan tidur hehehe

Epilog:

Kembali ke daratan Jakarta pada Minggu sore adalah timing yang tidak tepat. Menjelang masuk Bekasi, macetnya jalanan sungguh bikin emosi. (Oke, ini epilog yang tidak penting hahaha)

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

2 Komentar untuk "Jelajah Kepulauan Seribu"

1. sepertinya seru juga ya mas menjelajahi kepulauan seribu, saya jadi tertarik untuk jalan-jalan kesana

BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... seru. Apalagi kalau kesananya sama temen-temen. Sayangnya itu saya kesananya sama "rombongan yang tak semestinya" haha

Hapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.