05 Desember 2015

Akhirnya Blog Saya Ganti Domain .com


Setelah 6 tahun muncul di dunia maya, akhirnya blog saya berubah domain dari blogspot.com menjadi .com. Bagi blogger, mengubah domain blog menjadi .com memang bagian dari meningkatkan kualitas blog miliknya. Blog akan terlihat lebih profesional jika menggunakan .com. Namun kenapa blog saya baru sekarang ganti domain ? Sebenarnya sudah lama saya berpikir untuk mengganti domain. Tapi itu hanya menjadi pemikiran sekilas, belum ada keinginan serius. Pertimbangan utamanya adalah karena beberapa postingan blog saya sudah lumayan mapan di google, jadi sayang kalau harus turun posisi di halaman google jika ganti domain.

Momen mengganti domain akhirnya datang ketika domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id. Kondsi itu membuat saya menjadi kurang nyaman. Saya khawatir hal itu mempengaruhi statistik dan SEO blog saya. Ditambah lagi rank alexa saya juga mengalami penurunan drastis. Kondisi yang nggak karuan ini akhirnya membuat saya memutuskan untuk serius ganti domain pada akhir November lalu. Saya sudah siap jika beberapa postingan andalan di google harus turun halaman dan siap sabar juga untuk menunggu postingan itu kembali ke posisi semula di google. Saya berharap setelah ganti domain, statistik dan SEO blog saya stabil.

Pengalaman mengganti domain ini merupakan kali yang kedua. Pengalaman pertama saya mengganti domain adalah saat mengganti domain blog sekolah, ketika saya masih bekerja disana. Walaupun begitu, saya masih merasa mengganti domain merupakan sesuatu yang baru. Saya menyewa domain di idwebhost karena sebelumnya saya juga sewa domain disitu, jadi biar sekalian saja. Karena menggunakan penyedia domain yang sama, proses penggantian domain kali ini lebih simpel (gak perlu melalui proses registrasi). Saya tetap masih belum hafal proses konfigurasi domain ke blogspotnya jadi saya masih membaca panduan yang disediakan idwebhost.

Esok harinya giliran ngurusin optimasi blog. Saya searching tentang optimasi blog setelah ganti domain. Saya temukan yaitu pada blog berikut: http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/08/tips-mengembalikan-trafik-setelah-custom-domain.html. Saya ikuti semua tipsnya dan itu berhasil mengembalikan posisi beberapa postingan andalan blog saya di google dalam waktu tidak terlalu lama. Saya cukup puas dengan hasilnya. Tapi masih ada satu lagi yang kurang, yaitu terdaftar di rank alexa. Karena praszetyawan.com di rank alexa masih 'No data'. Mungkin perlu sabar yang lebih aja untuk nunggu sampai nongol rank alexanya

2 comments:

  1. wah ane baru tau kalo domain sempet keganti jadi .blogspot.co.id
    parah juga ya...
    secara umum tuh semua blogspot di indonesia keganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan... otomatis semua blogspot di indonesia berubah jadi blogspot.co.id. Gw kira lu udah tau hehe

      Hapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger